15 February 2018 00:00

Gadai AJB Rumah di Bank,Yuk Pahami Dulu AJB Beserta Jenisnya

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/354 Gadai AJB Rumah di Bank Yuk Pahami Dulu AJB Beserta Jenisnya.jpg

Secara umum bank milik pemerintah seperti BNI, BRI, dan Mandiri tidak menyediakan produk pinjaman dengan menggadaikan AJB. Hal ini karena banyak pihak nasabah yang memalsukan AJB. Selain itu, AJB bukanlah sertifikat hak milik (SHM) yang memiliki kekuatan kepemilikan tanah dan bangunan secara penuh. Jadi pihak bank tentu ragu jika nasabah menggadaikan AJB untuk mengajukan pinjaman. Apakah anda tetap ingin melakukan gadai AJB rumah di bank? Jangan khawatir, ada beberapa bank yang tetap menerima pinjaman dengan menggadaikan AJB.

Berbagai Jenis Akta Jual Beli (AJB)

Ada beberapa jenis AJB perlu anda tahu berdasarkan fungsinya. Setiap jenis AJB memiliki kekuatan atas kepemilikan atau hak atas tanah dan bangunan yang berbeda. Sebaiknya anda mengetahui jenis-jenis AJB tersebut, sebelum menggadaikan AJB rumah di bank.

1. AJB Atas SHM Yang Belum Dipecah

Akta Jual Beli (AJB) ini terjadi ketika membeli tanah dan pemilik kavling tidak ingin terbebani oleh biaya pemecahan sertifikat. Alhasil anda yang harus mengurus biaya tersebut. Akta Jual Beli (AJB) ini yang paling aman dan dapat anda gadaikan di bank.

2. AJB Diatas HGB

Jenis Akta Jual Beli (AJB) tipe ini sama dengan AJB diatas SHM yang belum dipecah. Perbedaanya pembeli tidak mempunyai hak milik tetapi hanya memiliki hak guna bangunan (HGB).

3. AJB Di Atas Tanah Elgendom, Girik, Atau Petok

Jenis AJB ini memiliki kekuasaan paling rendah atas kepemilikan tanah dan bangunan. Seharusnya petok diubah menjadi SHM bukan melakukan AJB di atas tanah yang belum diubah menjadi SHM.

Bank Yang Menerima Pinjaman Gadai AJB

Pada umumnya bank menolak pinjaman dengan gadai AJB. Tetapi ada beberapa bank yang tetap menerima pinjaman tersebut. Syaratnya AJB tersebut merupakan AJB atas SHM bukan AJB atas tanah dan bangunan yang belum memiliki SHM. Hal ini berarti AJB tersebut adalah AJB resmi. Ada dua bank yang menerima AJB rumah yakni Bank Danamon dan Bank CIMB Niaga.

1. Pinjaman Bank Danamon Multiguna Jaminan AJB

Bank Danamon adalah salah satu bank yang menerima jaminan AJB rumah. Selain AJB, Bank Danamon juga menerima jaminan BPKB mobil, SHM/SGHB. Proses pencairan memerlukan waktu dua sampai tiga hari setelah pengajuan dokumen diterima lengkap. Bank Danamon memberikan plafon kredit hingga Rp 500 juta dengan tenor sampai lima tahun

2. Pinjaman Bank CIMB Niaga Jaminan AJB

Bank CIMB Niaga juga menerima pinjaman jaminan AJB. Pinjaman ini dapat anda ajukan lewat salah satu produk Bank CIMB Niaga yang bernama Kredit Mikro Utama. Plafon kredit yang diberikan CIMB Niaga mulai dari Rp 20 juta – Rp 100 juta dengan jangka waktu sampai 36 bulan. CIMB Niaga menerima AJB walau dalam bentuk girik.

Cara mengajukan pinjaman cukup mudah. Anda hanya perlu datang ke bank CIMB Niaga yang terdekat dengan rumah anda untuk mengisi formulir permohonan pinjaman. Persyaratan yang dibutuhkan yaitu KTP, KK, slip gaji, dan dokumen jaminan dalam bentuk asli dan salinan.

Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pinjaman di CIMB dengan AJB adalah akta fidusia. Akta yang harus dibuat dihadapan notaris kemudian harus didaftarkan ke kantor pendaftaran fidusia. Akta ini memberikan kekebalan hukum terhadap AJB tersebut. Dengan demikian, apabila suatu saat anda tidak mampu melunasi pinjaman maka aset yang dijaminkan melalui AJB akan disita. Penyitaan tersebut tentu tidak mendadak namun akan ada sosialisasi dan negosiasi terlebih dahulu.

Silahkan pilih bank yang paling memberi kemudahan bagi anda dengan mempertimbangkan biaya-biaya dan bunga pinjaman. Ajukan dana sesuai dengan kebutuhan anda. Demikian informasi mengenai gadai AJB rumah di bank. Semoga dapat dijadikan referensi dan bermanfaat bagi anda.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu