17 May 2018 00:00

Gadai AJB Rumah, Ini Cara Melakukannya Gampang Banget!Simak

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/Artikel%20Mei/Artikel%20180517/827 Gadai AJB Rumah Ini Cara Melakukannya Gampang Banget Simak.jpg

Sekarang ini segala kebutuhan dari kebutuhan pokok sampai kebutuhan tersier mengalami peningkatan. Bahkan sampai mengalami peningkatan yang signifikan pada beberapa kebutuhan tersebut. Oleh karena itu, sebagian orang akan memilih cara cepat dan mudah agar bisa memenuhi kebutuhan mereka. Apalagi bagi seseorang yang harus memenuhi kebutuhan keluarganya dan hanya berpenghasilan pas-pasan. Lalu pada akhirnya Ia akan melakukan peminjaman dana supaya bisa menutupi segala kebutuhannya tersebut. Salah satu cara untuk menutupi kebutuhan tersebut adalah dengan cara menggadaikan AJB rumah atau akta jual beli rumah. Berikut ini adalah ulasan mengenai gadai AJB rumah.

Pinjaman Dengan Gadai AJB Rumah

Sekarang ini memang hampir semua bank di Indonesia telah menyediakan produk kredit untuk membantu para nasabahnya. Sebagai contoh adalah masyarakat yang ingin mengembangkan usaha namun memiliki dana yang sedikit. Sehingga masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas kredit yang disediakan oleh lembaga keuangan seperti bank atau lembaga keuangan lainnya.

Produk fasilitas kredit yang disediakan oleh lembaga keuangan pun cukup beragam, mulai yang menggunakan agunan maupun tanpa agunan. Hanya saja ada pinjaman tanpa agunan akan memiliki persyaratan khusus dan cukup banyak serta pencairan dananya juga cukup lama. Oleh karena itu banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan agunan seperti misalnya sertifikat rumah, AJB maupun SK PNS.

Terdapat beberapa akta jual beli (AJB) di Indonesia ini, dan biasanya hanya da satu jenis AJB yang biasanya dapat diajukan ke lembaga keuangan. Salah satu jenis AJB yang dapat diterima oleh lembaga keuangan adalah AJB atas SHM. Dikarenakan AJB tersebut merupakan AJB yang keluar ketika Anda membeli tanah atau rumah dan pemiliknya tak mau terbebani atas pembuatan sertifikat tanah. Adapun syarat dan ketentuan dalam pengajuan pinjaman dengan menggadaikan AJB rumah, berikut ulasannya.  

Cara Gadai AJB Rumah

Berikut langkah-langkah untuk mengajukan pinjaman dengan menggunakan AJB rumah sebagai jaminan :

1. Cari Tahu Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Wirausaha-Sukses

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari tahu berbagai macam persyaratan tentang berbagai macam persyaratan yang harus Anda penuhi. Secara umum persyaratan yang harus diberikan kepada lembaga keuangan hampir sama, seperti KTP, jaminan yang akan diberikan, sampai slip gaji. Anda harus mengumpulkan atau menyerahkan foto copy KTP (Kartu Tanda Penduduk). Tentunya KTP yang diserahkan adalah KTP yang masih berlaku. Namun untuk menghindari ketidakcocokan mengenai persyaratan tersebut, lebih baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu.

2. Lengkapi Persyaratan

Selanjutnya untuk pengajuan peminjaman dana, Anda tentunya diwajibkan untuk melengkapi persyaratan yang telah ditentukan. Cek semua berkas yang telah Anda lengkapi dengan cermat agar tidak terjadi kekeliruan pada berkas-berkas Anda.

3. Membawa AJB Rumah Anda

Hal yang paling penting tentunya adalah membawa barang yang ingin Anda jadikan sebagai jaminan yaitu AJB Rumah. AJB yang harus Anda serahkan adalah AJB yang tentunya asli. Jika AJB tersebut adalah nama sendiri maka pencairan dana hanya akan ditandatangani oleh Anda. 

4. Datang ke Outlet Lembaga Keuangan

Setelah mengetahui segala macam berkas yang harus Anda penuhi, maka langkah berikutnya adalah datang ke outlet lembaga keuangan yang Anda tuju. Bawalah semua berkas-berkas Anda beserta AJB rumah yang ingin Anda jadikan jaminan yang kemudian Nada serahkan kepada pihak lembaga keuangan.

5. Pahami Ketentuan Peminjam

Ketentuan peminjam antara lembaga keuangan mungkin memang berbeda-beda, oleh karena itu Anda harus memahami dulu ketentuan peminjam lembaga keuangan yang akan Anda tuju. Jika terdapat hal-hal yang memang belum dipahami sebaiknya ditanyakan secara langsung kepada pihak lembaga keuangan. Hal itu akan menghindari dari masalah yang akan timbul.

Demikian adalah uraian mengenai cara menggadaikan AJB Rumah. Setelah Anda mengetahui semua hal terkait degan hal di atas, kini Anda bisa memutuskan apakah Anda akan melakukan pinjaman dana dengan menggunakan AJB rumah.

 

Wirausaha-Sukses