DISITU
15 Feb 2018

Gadai Akta Jual Beli Tanah, Ketahui Lebih Dalam Yuk Simak

https://disituapi.azureedge.net/artikel/355 Gadai Akta Jual Beli Tanah Ketahui Lebih Dalam.jpg

Dalam kehidupan sehari-hari tentunya terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi. Baik kebutuhan primer seperti makan, minum, tempat tinggal. Kebutuhan sekunder seperti kendaraan, hiburan, pendidikan serta kebutuhan tersier atau barang mewah setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Untuk memenuhi ketiga kebutuhan tersebut tentunya harus didukung dari pemasukan yang Anda miliki. Terkadang Anda melakukan wirausaha demi menunjang terpenuhinya ketiga kebutuhan tersebut. Dengan berwirausaha Anda dapat menentukan sendiri keuntungan yang ingin Anda dapatkan tanpa terikat aturan instansi jika Anda sebagai karyawan. Memulai menjadi seorang wiraswasta tentunya diperlukan modal yang tidak sedikit alias banyak, sehingga hal demikian akan menjadi kendala Anda. Maka tidak heran jika ada seseorang yang rela gadai akta jual beli tanah sebagai jaminan untuk mendapatkan modal usaha. Berikut ini akan dijelaskan beberapa informasi terkait dengan gadai akta tanah.

Apakah Bisa Melakukan Pinjaman Bank dengan Gadai Akta Jual Beli Tanah?

Terkadang ada seseorang yang ingin melakukan peminjaman melalui bank dengan menggadaikan sertifikat tanahnya sebagai jaminan untuk mendapatkan modal. Apakah hal demikian diperbolehkan? Pada umumnya bank-bank yang berada di bawah lembaga pemerintahan tidak menyediakan peminjaman dengan jaminan akta jual beli (AJB). Hal ini bukan tanpa alasan. Alasan kuat pihak bank tidak menyediakan peminjaman lewat AJB karena banyak nasabah melakukan pemalsuan dari sertifikat yang digunakan sebagai jaminan. Selain itu jika jaminan yang digunakan bukanlah sertifikat hak milik atau SHM tentunya kekuatan kepemilikan sertifikat tanah tidak kuat. Sehingga penyedia pinjaman tentunya ragu akan memberikan pinjaman jika jaminannya tidak terlalu kuat atas kepemilikan tanah dan bangunan.

Bagaimana Peraturan Pemerintah Mengenai Akta Jual Beli?

Berdasarkan PP Nomor. 24 tahun 1997 pasal 37 mengenai pendaftaran kepemilikan tanah dan akta jual beli. Akta jual beli merupakan bukti secara sah kepemilikan tanah dan bangunan sudah beralih kepada pihak lain. Sehingga dapat dikatakan bahwa akta jual beli merupakan
dokumen yang dijadikan sebagai bukti kepemilikan baru dari penjual kepada pembeli. Sifat dari akta jual beli itu terang dan tunai yang harus dilakukan di
hadapan pejabat pembuat akta tanah (PPAT). Jadi jika tidak dilakukan di depan PPAT dan belum lunas maka akta jual beli tidak sah.

Bank yang Menerima Pinjaman dengan Gadai Akta Jual Beli

Meskipun beberapa jenis bank yang berada di bawah naungan pemerintah menolak jaminan akta jual beli. Namun terdapat beberapa bank yang juga menerima gadai akta jual beli dengan syarat AJB tersebut milik pribadi atau SHM. Sehingga jika akta yang digunakan bukan milik pribadi atau masih kepemilikan bersama maka tidak bisa melakukan peminjaman. Terdapat dua bank di Indonesia yang menerima jaminan akta jual beli tanah seperti berikut

1. Bank Danamon

Pada Bank Danamon Anda dapat melakukan peminjaman uang tunai dengan proses pengajuan cepat dan langsung cair jika dokumen telah diterima. Jaminan tersebut bisa berupa BPKB mobil, SHM/AJB/SHGB karena Bank Danamon telah menyediakan fasilitas dalam menggunakan jaminan tersebut.

2. CIMB Niaga

Bank CIMB Niaga juga menerima jaminan sertifikat jual beli melalui produknya yang bernama kredit mikro utama. Plafon kredit bank CIMB niaga mulai dari 20 sampai 100 juta dengan jangka waktu maksimal 36 bulan atau tiga tahun. Beberapa persyaratan yang perlu Anda lengkapi untuk melakukan peminjaman adalah KTP, KK, Slip Gaji serta dokumen AJB asli maupun salinan.

3. Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

BPR juga dapat memberikan fasilitas peminjaman Anda dengan agunan akta jual beli tanah. Untuk besarnya pinjaman tergantung dari nilai pokok agunan sertifikat rumah yang Anda miliki.

4. Panin Bank

Bank Panin juga menerima agunan berupa akta jual beli tanah untuk melakukan peminjaman.

5. Bank BRI

Dalam memberikan pelayanan peminjaman nasabah bank BRI juga menyediakan fasilitas peminjaman menggunakan agunan sertifikat tanah.

Demikian beberapa informasi mengenai penggadaian tanah lewat akta jual beli yang perlu Anda ketahui semoga bisa bermanfaat.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu