avatardisplay_general
DISITU
11 Sep 2018

Gadai Barang Selain Sertifikat Rumah Ke Pegadaian

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1809/180911/Gadai Barang Selain Sertifikat Rumah Ke Pegadaian.jpg

Menggadaikan sertifikat rumah tentunya bisa dilakukan di lembaga keuangan, Anda pastinya juga tahu bahwa bank bisa dijadikan alternatif menggadaikan sertifikat rumah. Namun apakah bisa mengajukan gadai sertifikat rumah ke pegadaian? Pegadaian sendiri merupakan lembaga keuangan non-bank yang bergerak dalam bidang gadai barang. Untuk saat ini pegadaian tidak melayani gadai sertifikat rumah, pegadaian melayani gadai barang bergerak. Namun  saat ini Anda bisa menggadaikan beberapa barang alternatif seperti kendaraan, elektronik, dan perhiasan. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa alternatif yang sangat laku untuk digadaikan di pegadaian. Di antaranya :

1. Emas

Barang nomor satu yang paling laku dan tidak pernah ditolak di pegadaian adalah emas. Perhiasan jenis logam mulia ini sangat cocok dan menjadi barang yang paling banyak digadaikan. Emas yang digadaikan bisa berupa emas batangan atau perhiasan, semuanya laku digadaikan. Bahkan istimewanya emas ini bisa dijual belikan dipegadaian. Pegadaian sendiri juga menjual emas batangan khusus dari hasil kerja sama bersama Antam. Untuk menggadaikan emas Anda hanya perlu membawa perhiasan tersebut, alu bisa bersama surat-suratnya.

2. Kendaraan

Salah satu benda yang tidak kalah laku dengan emas adalah kendaraan. Ini disebabkan karena kendaraan merupakan komponen penting dan pendukung dalam kehidupan. Jarang sekali dijumpai orang yang tidak memiliki kendaraan. Untuk proses mengajukan gadai kendaraan di pegadaian juga bukan merupakan hal yang sulit, prosesnya tergolong mudah. Bagaimana tidak mudah, calon nasabah pegadaian hanya diwajibkan menyerahkan fotokopi identitas diri beserta surat kendaraan Anda. Namun perlu diingat bahwa kendaraan bermotor yang bisa digadaikan memiliki batas usia minimal. Misalkan saja untuk motor diwajibkan merupakan produksi atau keluaran 5 tahun terakhir. Namun berbeda dengan mobil, mobil disyaratkan memiliki batas waktu maksimal lebih lama yaitu produksi 10 tahun terakhir.

3. BPKB Kendaraan

Selain kendaraan yang bisa digadaikan, ternyata pegadaian juga menerima gadai BPKBnya saja. Ini dilakukan pegadaian karena tidak sedikit calon nasabah yang menggunakan kendaraannya sebagai aset menjalankan usaha. Tidak sedikit nasabah yang menggunakan motor tersebut untuk membeli bahan baku, mengantar barang, dan sebagainya. Namun perlu diingat untuk mengajukan gadai BPKB nasabah harus memiliki usaha atau pekerjaannya sangat  membutuhkan motor, misalkan saja tukang ojek.

4. Barang-Barang Elektronik

Ternyata tidak hanya barang berupa perhiasan dan kendaraan bermotor, pegadaian juga menerima gadai barang elektronik. Jadi bagi Anda yang tidak bisa mengajukan gadai sertifikat rumah ke pegadaian, bisa menggadaikan barang elektronik di rumah. Berbagai barang elektronik yang bisa digadaikan juga beragam, mulai dari  LCD TV, Magic Com, mesin cuci, DVD dan sebagainya. Namun untuk barang tertentu ada batas maksimal umur produksi 1 tahun terakhir.

5. Gadget Dan Kamera

Di jaman yang serba digital ini tentunya hampir semua orang memiliki dan menggunakan teknologi seperti gadget. ternyata barang gadget seperti smartphone, netbook, ataupun laptop bisa digadaikan di pegadaian. Harga gadai gadget juga bisa tergolong tinggi tergantung dari spesifikasi yang dimiliki. Namun jangan disamakan dengan emas karena harga taksiran gadget tidak seperti emas. Apabila emas harga gadainya bisa setara harga jual, namun untuk gadget taksiran gadainya tidak setara dengan harga jualnya. Selain gadget, kamera juga sangat laku digadaikan. Bahkan taksiran gadai kamera lebih tinggi dibanding dengan gadget.

Dengan membaca artikel ini Anda tentunya tahu kenapa tidak bisa mengajukan gadai sertifikat rumah ke pegadaian. Namun Anda bisa menggadaikan berapa barang alternatif seperti yang telah disebutkan di atas.