Dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 2018, semua data pengajuan yang masuk melalui DISITU.COM akan diproses kembali pada tanggal 19 Juni 2018. DISITU.COM mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H

18 February 2018 00:00

"Gadai BPKB kendaraan Motor Anda", Apakah itu RIBA ya??

DISITU

82.gadai bpkb motor apakah itu riba

Zaman maju seperti ini tentunya seseorang banyak memiliki kebutuhan yang harus terpenuhi.  Hal itu disebabkan banyaknya kebutuhan serta majunya teknologi yang terjadi pada saat ini.  Namun, terkadang dalam melengkapi kebutuhan tersebut seseorang sangat kesulitan untuk mendapatkannya. Salah satu solusi untuk bisa mencukupi kebutuhan  adalah dengan menggadaikan sesuatu. Nah yang jadi masalah apakah melakukan gadai bpkb motor itu riba atau bukan. Untuk mengetahui hal tersebut maka anda juga harus tahu apa saja yang harus dilakukan agar penggadaian itu di bolehkan dalam agama islam.

Pahami Ketentuan Dalam Gadai Bpkb Motor Agar Tidak Dihukumi Riba

 Berikut ketentuan dalam melakukan sebuah penggadaian agar hukumnya halal:

1. Barang Gadai Yang Akan Digadaikan Tidak Harus Ada Dalam Sebuah Hutang

Barang gadai sebenarnya bukanlah sesuatu yang harus ada dalam islam. Hal ini hanya saja tergantung pada kesepakatan antara dua pihak yang terlibat hutang. Semisal jika pemilik uang yang meminjamkan uang tersebut khawatir jika uang yang ia pinjamkan akan tidak dikembalikan atau susah dalam pengembaliannya.  Jadi sapat di simpulkan jika barang yang digadaikan tersebut hanyalah sebagai sebuah penegas serta sebuah jaminan bahwasanya bagi peminjam uang tersebut akan mengembalikan uang yang dia pinjam.  Sehingga setelah peminjam mengembalikan uangnya maka barang gadaian tadi harus kembali ke pemiliknya.

2. Meski Sudah Digadaikan, Barang Gadai Tersebut Pemiliknya Tidak Berubah

Seperti yang sudah diterangkan di atas, barang gadai bukanlah barang yang dihutangkan.  Sehingga meski barang yang di gadaikan tersebut ada di tangan yang meminjamkan, namun barang itu tetap dimiliki oleh peminjam uang.

3. Pemilik Uang Tidak Boleh Menggunakan Barang Gadai

Meski barang gadai ada di tangan pemilik uang, namun pemilik uang tersebut tidak boleh menggunakannya. Hal ini karena bukan milik pemilik uang.  Dan jika digunakan maka hal itu termasuk ke dalam perilaku riba.

4. Pembiayaan Barang Gadai Ada Syarat Tertentu.

Jika barang gadai  dibiayai  pemilik dari barang gadai, maka pemilik uang tidak boleh untuk menggunakannya.  Jika pembiayaan dilakukan oleh pemilik uang, maka pemilik uang bisa menggunakan dengan ketentuan seperti biaya yang dikeluarkan tadi.

5. Tidak Ada Batasan Barang Yang Digadaikan

Sebenarnya barang apa saja boleh digadaikan dengan ketentuan barang tersebut harus bernilai.  Biasanya barang yang di gadaikan harganya lebih mahal dari jumlah yang dihutangkan.  Hal ini biasa dilakukan dalam penggadaian bpkb motor.

6. Barang Yang Digadaiakan Tidak Langsung Menjadi Pemilik Uang

Barang yang digadaikan tentunya tidak langsung menjadi barang yang dimiliki pemilik uang meski jatuh tempo uang tidak dibayarkan. Hal ini dikarenakan ketika langsung menjadi pemilik utang maka termasuk ke dalam perbuatan yang dzalim. Hal yang harus dilakukan adalah menambah tempo pembayaran bagi pemilik hutang serta menjual barang gadai tersebut kemudian mengembalikan sisa dari hasil penjualan tersebut kepada pemiliknya.  Jika masih kurang berarti pemilik hutang harus melunasinya.

7. Bisa Meminta Biaya Perawatan Dan Penitipan

Jika barang yang digadaikan tersebut di simpan oleh pemilik uang di rumahnya, maka pemilik uang bisa meminta biaya penitipan serta perawatan kepada pemilik utang. Besaran dari biaya tersebut harus sesuai dengan kesepakatan antara kedua pihak yang bersangkutan tersebut. Hal ini boleh saja dilakukan.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu