avatardisplay_general
DISITU
28 Dec 2017

Gadai BPKB kupas tuntas,baca selengkapnya Disini

109.Kupas Tuntas Gadai BPKB.jpg

Mungkin dari kita pasti pernah dipersoalkan oleh berbagai keperluan mendesak dan mendadak yang membutuhkan dana yang sangat banyak.

Dan mungkin pernah terbesit dalam pikiran anda bahwa menggadaikan barang menjadi salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut tanpa perlu meminjam dana ke teman ataupun keluarga. Menggadaikan barang juga merupakan cara terbaik daripada Anda harus menjualnya. Sehingga, ketika pinjaman yang Anda ajukan sudah dilunasi, Anda pun bisa mendapatkan barang kembali.

Kita tahu bahwa ada banyak barang yang bisa digadaikan, salah satunya BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) kendaraan, baik motor maupun mobil. Gadai BPKB motor dan mobil menjadi salah satu alternatif yang banyak dipilih orang karena dinilai lebih praktis dan mudah. Selain itu, alasan lain banyak orang yang menggadaikan BPKB motor dan mobil karena saat ini hampir semua orang memiliki kendaraan pribadi.

Saat ini pun sudah banyak lembaga yang memberikan layanan pembiayaan entah itu konvensional ataupun situs-situs pinjaman dana online yang saat ini menjamur dengan menjadikan BPKB kendaraan bermotor  ataupun mobil sebagai jaminannya.

Apa Itu Gadai menurut  Ahli?

Adapun Gadai menurut menurut Susilo (1999), adalah suatu hak yang diperoleh seseorang yang mempunyai piutang atas suatu barang bergerak. Barang bergerak tersebut diserahkan kepada orang yang berpiutang oleh seorang yang mempunyai utang atau oleh orang lain atas nama orang yang mempunyai utang. Seseorang yang berutang tersebut memberikan kekuasaan kepada orang yang berpiutang untuk menggunakan barang bergerak yang telah diserahkan untuk melunasi utang apabila pihak yang berutang tidak dapat melunasi kewajibannya pada saat jatuh tempo.

 

Apa itu BPKB ?

Pengertian BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)  itu sendiri seperti dikutip  dari laman www.polri.go.id  penerbitan BPKB dilaksanakan oleh Satuan Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia serta spesifikasi teknis dan pengadaan BPKB ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia bersamaan pendaftaran BPKB diberikan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK)  berisi identitas dan kepemilikan kendaraan bermotor berlaku selama tidak dipindah tangankan..

 Selain memiliki nilai yuridis  BPKB juga sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor yang sah juga mempunyai nilai ekonomis artinya dapat dijadikan agunan / jaminan dalam transaksi keuangan seperti gadai BPKB mobil di lembaga keuangan resmi maupun perseorangan.

Dimana Kita Bisa Gadai BPKB Mobil untuk Mendapatkan Pinjaman Dana?

Secara konvensional anda bisa memilih lembaga milik BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yaitu PT Pegadaian yang melayani jasa penyaluran kredit kepada masyarakat atas dasar hukum gadai. PT Pegadaian memiliki banyak kantor cabang/outlet yang tersebar di seluruh  Indonesia ataupun Bank.

Namun seiring perkembangan zaman banyak berbagai situs online yang terpecaya menawarkan berbagai kemudahaan dalam hal gadai BPKB mobil untuk keperluan pinjaman dana cepat dan anda tidak perlu repot-repot lagi

Bagaimana Proses Penggadai Barang?

/proses-penggadaian-bpkb|Disitu

Untuk mendapatkan pinjaman dana tunai ada beberapa proses yang harus dilalui. Yang arti nya tidak langsung kita berikan bpkb asli kita terus kemudian terima dana yang kita ajukan. Namun ada beberapa tahapan yang harus dilewati calon peminjam (debitur) sehingga dana yang dipijamkan cair. Berikut adalah tahapan-tahapan nya :

1.Persetujuan angsuran dan pencairan serta kelengkapan data

Kelengkapan data calon peminjam turut diperhitungkan oleh perusahaan pembiayaan yang kita akan pinjam. Ketika kita mengajukan melalui situs online atau internet, bisa dilakukan dengan  melalui telepon ataupun melengkapi data diri anda dengan menguplodnya ke dalam situsnya dan misalkan anda memilih secara konvensional, anda bisa datang sendiri ketempat atau lembaga pegadaian tersebut. pihak finance biasa akan memastikan merk/type kendaraan dan tahun pembuatan mobil atau motor yang anda akan gadaikan. Setelah itu akan dihitung berapa nilai maximal pencairan dan angsuran. Jika pihak debitur setuju, kemudian akan ditanyakan kelengkapan data sebagai persyaratan. Data-data itu adalah foto copy ktp,kk,pbb rumah, npwp, buku tabungan, slip gaji/ktrangan usaha, stnk, bpkb.

 

2. Survey

Hal Ini dilakukan oleh pihak pembiayaan setelah proses diatas selesai, pihak leasing gadai bpkb atau finance akan melakukan survey kerumah calon debitur sekaligus pengambilan data persyaratan yang dibutuhkan. Survey disini surveyor akan menanyakan beberapa hal terkait pekerjaan atau usaha dan lain-lain. Biasa nya juga dilakukan cek fisik kendaraan. Ataupun bila anda meminjamnya di situs pinjaman online , mereka memastikan kelengkapan data yang telah anda upload.

Dan ada juga beberapa finance yang sekaligus tanda tangan kontrak tapi ada juga finance yang melakukan tanda tangan kontrak di kantor.

 

3. Penyerahan bpkb asli atau barang jaminan

Bpkb asli atau barang jaminan diserahkan setelah proses approvel. Aprovel biasa nya dilakukan setelah data-data yang diajukan di masukkan melalui system dari kantor cabang ke pusat sebagai bentuk pengajuan. Dan calon debitu sudah di verifikasi oleh pihak pusat.

 

4. Pencairan

Setelah bpkb diterima pihak finance akan melakukan cek keabsahan dan keaslian  bpkb tersebut ke pihak terkait. Kemudian pencairan bisa dilakukan melalui transfer bank ke rekening peminjam.

 

Apakah Aman Melakukan Gadai BPKB?
Dalam segi keamanan ketika anda akan menggadaikan barang yang cukup berharga, pastikan tempat tersebut mempunyai kredibelitas dan reputasi yang baik serta anda merasa aman bila menggadaikan BPKB di tempat tersebut. Baik itu kerahasiaan data pribadi anda ataupun BPKB yang anda jaminkan, yang artinya tidak boleh disebarkan kepada pihak lain, serta terjaminnya keamanan barang anda yang digadaikan. Tentu anda tidak ingin kehilangan barang yang anda gadaikan.

 Agar Anda berhasil mendapatkan pinjaman secara maksimal dari gadai BPKB motor, Anda harus memahami dan memilih jenis pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan, memahami aturan biaya bunga kisaran. Gadai BPKB memang cara yang mudah untuk mendapatkan dana dengan cepat, adapun sebaiknya cara ini Anda gunakan dengan bijak. Pinjamlah dana sesuai kebutuhan yang cicilannya sesuai kemampuan, agar tidak terjerat utang yang hanya merugikan keuangan Anda.

 

Cari-kredit-disitu-pilihanmu