14 May 2018 00:00

Gadai di Agro Bank, Ini 5 Tips Penting yang Wajib Kamu Tau!

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/Artikel%20Mei/Artikel%20180514/807 Gadai di Agro Bank.jpg

Pajak gadai merupakan istilah yang masih sedikit asing di telinga kita. Jadi, pajak gadai adalah sebuah sistem penggadaian emas dengan umpan balik berupa pinjaman kepada nasabah. Sehingga sistemnya mirip dengan gadai barang-barang pada umumnya. Dalam pajak gadai di agro bank, telah ada ketentuan tentang jumlah pinjaman dan jangka waktunya. Tak hanya itu, juga ada persyaratan mengenai barang yang akan kita gadaikan. Seperti barang harus emas, mempunyai resit pembelian, berat tidak melebihi 300 gram, mutu antara 22 sampai 24 karat dan sebagainya. Tentu beberapa ketentuan ini harus kita pahami terlebih dahulu sebelum melakukan pajak gadai. Setelah persyaratan terpenuhi, kita juga harus mengerti teknik dari pajak gadai. Tujuannya, agar kita bisa segera mendapatkan pinjaman dana dengan cepat, singkat dan tepat.

Pajak gadai adalah solusi yang yang tepat bagi kita yang membutuhkan dana cepat dengan menggunakan emas. Namun, perlu kita ketahui bahwa ada teknik teknik tertentu dalam pajak gadai emas ini. Berikut beberapa tips pajak gadai di agro bank :

Wirausaha-Sukses

1. Selidiki Agro Bank Terbaik

Sebelum melakukan pajak gadai emas, alangkah baiknya kita memilih agro bank dengan sistem pajak gadai terbaik. Hal ini untuk menghindari kerugian yang akan kita terima di kemudian hari. Adapun ciri-ciri agro bank yang baik adalah upah simpan yang murah, margin pinjaman dan jangka waktu peminjaman yang panjang.

2. Tebus Emas Dalam Waktu Singkat

Tips kedua dalam pajak gadai di agro bank adalah dengan cara menebus emas secepat mungkin. Karena lamanya emas di agro bank, akan mempengaruhi upah simpan yang harus kita bayar. Maka solusinya, adalah kita harus menebusnya dalam waktu singkat. Atau jika tidak, lebih baik jual saja emas kita ketika harga emas naik. Dan beli kembali ketika harga emas menurun.

3. Simpan Surat Pajak Sebaik Mungkin

Surat pajak emas sama berharganya dengan emas yang kita gadaikan di agro bank. Jika kita kehilangan surat tersebut, sama saja kita kehilangan emas milik kita. Karena surat tersebut yang nantinya kita gunakan untuk menebus pajak gadai emas di agro bank. Simpan surat pajak emas sebaik mungkin. Jika sampai terjadi kehilangan, maka segera konfirmasi kepada pihak agro bank. Sebelum akhirnya diakui oleh penemu surat pajak yang tidak bertanggung jawab.

4. Catat Jatuh Tempo Surat Pajak

Jatuh tempo pajak gadai di sebuah agro bank adalah 6 bulan. Catat baik-baik jangan sampai terlewat tanggal. Apalagi sampai mendapat surat peringatan terlebih dahulu dari pihak agro bank bahwa emas kita telah dilelang. Alangkah baiknya, bayar upah simpan setelah jatuh tempo 6 bulan.

5. Hindari Pajak Emas Seal

Saat kita menebus emas dari pihak agro bank dan memutuskan untuk menjualnya, maka ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Bahwa setiap emas harus  ditakar berat dan keasliannya. Sehingga predikat "USED GOLD" tidak akan hilang karena Sealnya terbuka. Pastikan kita tidak memajak emas yang mempunyai Seal. Hal ini bisa menyebabkan kita mengalami kerugian  hingga 25% lebih.

6. Pastikan Untuk Mengambil Foto Sebelum Pajak Gadai

Jika kita tak mampu menebus emas kita di agro bank, maka sebelum di lelang alangkah baiknya kita mencari pembeli terlebih dahulu. Dimana pembeli tersebut bersedia membeli emas milik kita. Hal ini untuk menjaga agar nama kita tidak dihapuskan. Maka untuk itu, pastikan kita memotret emas terlebih dahulu. Yakni untuk untuk mempromosikan kepada pembeli tersebut. Setidaknya pembeli mengetahui gambaran emas milik kita terlebih dahulu.

Wirausaha-Sukses