avatardisplay_general
DISITU
19 Apr 2018

Pegadain,Cara Pintar Cepat Menggadaikan Barang Anda

https://disituapi.azureedge.net/artikel/701 Gadai di Pegadain Cara Pintar Cepat Menggadaikan Barang Anda.jpg

Sampai saat ini, sejumlah perusahaan multifinance dan perusahaan pemberi pinjaman dana segar sangat marak dan bertebaran. Mereka berlomba-lomba mempromosikan diri dengans ejumlah tawaran menggiurkan agar masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan mereka dalam memeroleh pinjaman dana segar. Namun di antara yang bertebaran, Pegadaian merupakan satu perusahaan yang paling dipercaya dan terjaga kredibilitasnya dalam melakukan praktik gadai dan peminjaman uang.

Sejenak Berkenalan dengan Pegadaian

Meski eksistensinya sudah sangat diakui dan dipercaya, ada saja orang-orang yang belum begitu memahami apa itu pegadaian. Dengan slogannya “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah”, pegadaian memang paling banyak menjadi tempat masyarakat meminta pertolongan, terutama mereka yang sedang terdesak dan membutuhkan dana dadakan.

Pegadaian merupakan salah satu Badan usaha Milik Negara (BUMN) yang setidaknya memiliki tiga misi ketika menjalankan bisnis gadai. Tiga misi tersebut di antaranya:

Wirausaha-Sukses

1. Menyediakan layanan praktik gadai yang legal, aman, sehat dan cepat sehingga membantu program pemerintah dalam agenda meningkatkan kesejahteraan rakyat, terutama di lini menengah ke bawah. Pegadaian juga mampu memberi solusi keuangan terbaik skala mikro, menengah dan atas.

2. Pegadaian dengan ragam transaksi gadainya memberikan manfaat kepada pemangku kepentingan dalam melaksanakan tata kelola perusahaan yang baik secara konsisten.

3. Dengan dana-dana yang dicairkan melalui transaksi gadai, Pegadaian ikut melancarkan usaha dan permodalan masyarakat dalam rangka optimalisasi sumber daya.

Setidaknya, terdapat tiga alasan, mengapa orang-orang masih cenderung memilih Pegadaian untuk menggadaikan barang dan dokumen berharga mereka untuk selanjutnya mendapatkan pinjaman dana segar, ketimbang bertransaksi gadai di tempat lain.

Alasan pertama, yakni bunga pinjaman di pegadaian lebih rendah ketimbang rentenir. Jika melihat kepraktisan, mungkin meminjam ke rentenir lebih mudah dan syaratnya tidak muluk-muluk. Sedangkan di pegadaian, ada persyaratan yang harus dilengkapi, serta survey untuk memastikan kebenaran data.

Tapi sebaiknya Anda memilih pegadaian karena prosedur yang telah ditetapkan tersebut bertujuan untuk melindungi hak-hak Anda sebagai konsumen, keadilan dalam menetapkan jumlah pinjaman dan besaran bunganya, pun mengantisipasi praktik penipuan dan pemalsuan data.

Alasan kedua yakni proses transaksi gadai di pegadaian relatif cepat untuk sekadar menjaga likuiditas. Barang apa saja hampir bisa digadaikan, termasuk pakaian dan barang-barang rumah tangga seperti setrika dan blender.

Alasan selanjutnya yakni persyaratan gadai yang relatif mudah, bergantung dengan jenis barang yang ingin digadaikan. Untuk transaksi gadai yang paling sederhana, Anda hanya perlu menyiapkan barang gadai dan kartu identitas seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP). Selanjutnya, Anda hanya perlu mengisi formulir pengajuan gadai. Ketika Anda telah selesai mengisi formulir dengan benar dan lengkap, bisa dipastikan pencairan dana akan segera dilaksanakan.

Barang yang Anda gadaikan di pegadaian untuk selanjutnya akan ditaksir nilainya serta ditetapkan nilai pinjamannya. Nilai taksiran merupakan perkiraan harga barang yang digadai, sedangkan nilai pinjaman merupakan besaran kredit maksimal yang bisa dipinjamkan oleh Pegadaian.

Biasanya besaran nilai pinjaman akan lebih rendah dari pada nilai taksiran. Misalnya, jika barang gadai Anda ditetapkan nilai taksirannya Rp 5 juta, kemungkinan besaran pinjaman yang akan Anda terima dari pegadaian ialah di kisaran Rp 2-4 juta. Hal tersebut sebab telah mengalami beragam potongan misalnya potongan administrasi serta jasa penitipan barang gadai.

Demikianlah informasi seputar Gadai Sehat di Pegadaian. Semoga artikel ini bermanfaat, terutama bagi Anda yang ingin menggadaikan barang di Pegadaian.    

cari-kredit-DISITU-pilihanmu