16 May 2018 00:00

Gadai Emas Syariah di Pegadaian,Prosedur Wajib Banget Tau!

DISITU

Artikel%20Mei/Artikel%20180516/820 Gadai Emas Syariah di Pegadaian Prosedur Wajib Banget Tau.jpg

Emas merupakan suatu komoditas yang sangat berharga serta sangat likuid. Apabila Anda memiliki emas, maka Anda mempunyai harta atau aset yang sewaktu-waktu dapat Anda cairkan atau tukarkan dengan dana dalam waktu yang cepat. Emas memiliki sifat yang universal dan sangat mudah untuk diperjual-belikan sehingga dihargai dimanapun. Hal tersebut berbeda dengan aset lain seperti kendaraan, mah dan barang lain yang lazimnya tidak mudah cepat terjual. Oleh karena ini, emas sering digadaikan oleh sebagian banyak orang. Kini, terdapat gadai emas syari’ah yang dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka tanpa menjual emas yang dimilikinya. Adapun prosedur gadai emas syari’ah  berikut ini.

1. Datang Ke Pegadaian Syari’ah

Wirausaha-Sukses

Prosedur yang pertama untuk gadai emas syari’ah adalah Ada tinggal datang ke pegadaian syari’ah dengan membawa emas yang ingin Anda gadaikan. Emas yang ingin Anda gadaikan bisa berupa emas warna putih atau warna emas. Bisa juga berupa emas batangan maupun berbagai emas perhiasan.

2. Siapkan Berkas Anda

Wirausaha-Sukses

Jangan lupa untuk menyiapkan kartu tanda penduduk (KTP) atau identitas resmi lainnya. Jika sebelumnya Anda bukan nasabah maka Anda bisa menulis formulir pengajuan pembiayaan. Namun jika Anda sebelumnya sudah menjadi nasabah, maka Anda hanya perlu menyerahkan KTP Anda atau menyebutkan nama Anda.

3. Penaksiran Emas

Wirausaha-Sukses

Prosedur selanjutnya adalah penaksiran emas yang ingin Anda gadaikan. Emas Anda akan ditaksir nilainya oleh penaksir dari pihak pegadaian syari’ah. Hal tersebut menjadi sangat penting karena akan mengetahui jumlah biaya yang akan dikeluarkan untuk melakukan pemeliharaan. Selain untuk melakukan pemeliharaan, penafsiran emas juga bertujuan tentang penjagaan atas emas yang Anda gadaikan tersebut. Nilai taksiran emas Anda juga akan berpengaruh pada jumlah pinjaman yang akan Anda terima.

4. Menerima Pinjaman

Wirausaha-Sukses

Setelah penafsiran emas, maka Anda akan memperoleh pinjaman sesuai degan perhitungan dari pihak pegadaian. Anda dapat mengambil jumlah pinjaman yang telah ditentukan oleh pihak pegadaian dengan jumlah yang boleh dikurangi namun tidak boleh lebih. Jumlah pinjaman (marhun bih) bisa mulai dari 50 ribu rupiah sampai 200 juta rupiah atau bisa lebih dari itu. Anda dapat memperkirakan jumlah pinjaman sesuai dengan likuiditas keuangan Anda dan emas yang Anda gadaikan. Prosesnya akan berlangsung dengan cepat, hanya dalam waktu 15 menit maka dana yang Anda butuhkan akan cair. Pencairan dana tersebut akan dilakukan secara tuai dan non tunai.

5. Jangka Waktu Pinjaman

Wirausaha-Sukses

Jangka waktu pinjaman yang akan ditentukan oleh pihak pegadaian maksimal adalah 4 bulan atau 120 hari. Batas waktu tersebut dapat diperpanjang dengan cara membayar mu’nah (biaya pemeliharaan dan penjagaan barang agunan) atau mengangsur sebagian uang pinjaman. Hal tersebut tentunya akan memudahkan Anda dalam mengelola likuiditas dan pengaturan keuangan Anda.

6. Pengembalian Pinjaman

Wirausaha-Sukses

Setelah Anda memperoleh pinjaman, Anda bisa mengembalikan pinjaman serta pembayaran harga jual beli manfaat jasa pemeliharaan serta penjagaan emas Anda. Anda bisa melakukan pembayaran dengan melakukan angsuran yang bisa Anda lakukan ada tanggal jatuh tempo berakhirnya pembiayaan. Untuk mengurangi bebas Anda, disarankan untuk melakukan angsuran per 30 hari terhitung tanggal akad. Pelunasan dan pengambilan agunan emas Anda bisa dilakukan sewaktu-waktu dengan memperhatikan perhitungan yang telah disepakati di awal. Jika Anda tidak mampu untuk melakukan pelunasan atas pinjaman Anda, maka Anda akan diberikan surat pemberitahuan untuk melakukan tanda tangan akad baru.

Demikian uraian mengenai prosedur gadai emas dengan sistem syari'ah di Pegadaian dari awal Anda hadir pada outlet pegadaian sampai pengembalian pinjaman Anda. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Wirausaha-Sukses