avatardisplay_general
DISITU
04 May 2018

Gadai Indonesia ini 6 Produk yang Wajib Kamu Tau!

https://disituapi.azureedge.net/artikel/768 Gadai Indonesia ini 6 Produk yang Penting Wajib Kamu Tau.jpg

Dalam penyaluran dana, kini telah banyak lembaga-lembaga keuangan yang bermunculan dengan berbagai sajian produk yang dimilikinya. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir saat membutuhkan dana bisa mengajukan dana ke lembaga tersebut. Salah satu lembaga yang kini mulai berkembang pesat adalah lembaga gadai Indonesia, didalamnya begitu banyak lembaga-lembaga dibawah naungannya, baik pegadaian konvensional maupun syariah. Seperti halnya lembaga keuangan pada umumnya, pegadaian juga menyediakan berbagai produk dalam bentuk usaha, sistem peminjaman lengkap dengan berbagai produk-produknya. Bahkan diluar itu, Anda juga bisa menjumpai jenis produk investasi yang merupakan layanan terbaru bagi pegadaian.

 Wirausaha-Sukses

Mengenal Lebih Dekat Produk Gadai Indonesia

Sebelum memilih jenis produk yang bakal Anda jadikan pilihan, baik dalam bentuk pinjaman maupun investasi, terlebih dahulu mengenal produk-produk yang disajikan. Berikut uraiannya :

1. Jenis Produk Gadai Konvensional

 Merupakan jenis produk pegadaian yang telah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Sistematika pengajuan gadai disini dengan cara menjaminkan suatu barang yang telah ditetapkan untuk mendapatkan dana cair. Tidak perlu khawatir dengan adanya kemungkinan terburuk, karena produk merujuk dalam aturan KUHPdt (Kitab Undang-undang Perdata) dalam pasal 1150-1160. Sedangkan besarnya bunga yang ditetapkan tidaklah tinggi, yakni sekitar 0,75 sampai 1,15% dalam setiap 15 hari.

2. Rahn

Rahn merupakan  Jenis gadai syariah, tidak jauh berbeda dengan gadai konvensional tersebut diatas, sebab dalam mekanisme penyaluran dana juga dilakukan penahanan barang dalam jangka waktu tertentu. Sedangkan perbedaannya terletak pada pengambilan keuntungan lembaga pegadaian, jika produk konvensional menggunakan ketetapan bunga, maka produk syariah tentu berprinsip dengan ketetapan syariah. Sehingga disini tidak ada penetapan bunga, namun sebagai gantinya produk gadai syariah menetapkan ujrah yang dijadikan sebagai sewa tempat kepada tiap-tiap peminjam.

3. Jenis Produk Fidusia

Salah satu produk pegadaian Indonesia yang saat ini seringkali dijadikan sorotan lembaga pegadaian adalah pengelola usaha dalam sektor ekonomi skala UKM atau usaha kecil menengah. Sangat mungkin UKM tersebut membutuhkan aliran dana yang dijadikan sebagai modal tambahan untuk mengembangkan usahanya. Adanya hal tersebut sehingga muncullah istilah produk fidusia. Produk ini disajikan untuk menyalurkan dana bagi para pengusaha produktif dalam semua sektor, baik benda bergerak maupun benda tidak bergerak yang dapat dibebani hak tanggungan.

4. Sistem Angsuran

Produk satu ini sangatlah menarik dan bisa dikatakan bersahabat dengan peminjam. Sebenarnya tidak dengan gadai konvensional tidaklah berbeda jauh. Anda bisa mendapatkan aliran dana sesuai dengan jumlah barang yang telah Anda jamin kan. Namun yang menjadi perbedaan adalah, dalam produk sistem angsuran ini , Anda bisa melakukan cicilan dalam pembayarannya.

5. Investasi Emas

Produk lain yang disediakan oleh lembaga pegadaian  satu ini merupakan produk yang mengarah dalam orientasi investasi. Investasi disini menggunakan emas dalam bentuk lempengan ataupun logam mulia dengan berat dari 1 gr hingga 1.000 gr. Sistem pembayarannya cukup mudah, bisa dilakukan tunai atau pun secara cicilan (mengangsur). Untuk menunjang kebutuhan masyarakat serta memenuhi gaya hidup yang sedikit mewah, kini lembaga pegadaian bahkan menawarkan arisan dengan objek emas. Juga bertujuan agar setiap individu bisa melakukan pembelian terhadap produk ini.

6. Jasa Taksiran

Jasa taksiran ini juga merupakan salah satu produk pegadaian guna membantu masyarakat dalam melakukan penjualan terhadap barang-barang berharga yang dimilikinya. Disini yang dijadikan sebagai objeknya adalah barang bergerak. Hal ini bertujuan agar tidak di perdaya bahkan ditipu oleh pihak-pihak yang akan membeli barang tersebut.

Dengan demikian dalam melakukan pengajuan pinjaman di lembaga gadai Indonesia Anda bisa memilih salah satu produk yang sekiranya cocok dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Alangkah baiknya dilakukan pemahaman terlebih dahulu agar tidak ada ketimpangan hal-hal negatif di kemudian hari. Karena secara umum beberapa produk tersebut adalah sama, hanya saja letak perbedaannya terletak pada objek dan kebutuhan masing-masing orang.

Wirausaha-Sukses