avatardisplay_general
DISITU
03 Sep 2018

Gadai Motor dan STNK Jogja, Ini Syaratnya

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1809/180903/Gadai Motor dan STNK Jogja Ini Syaratnya.jpg

Mendapatkan uang dalam waktu cepat untuk memenuhi berbagai keperluan mendadak, saat ini banyak caranya. Salah satunya adalah dengan menggadaikan motor dan STNK. Cara ini bisa dilakukan dan mudah ditempuh jika Anda sedang tidak memiliki uang cukup untuk memenuhi kebutuhan mendesak tersebut.

Syarat Gadai Motor dan STNK Jogja

Tempat untuk menggadaikan motor dan STNK pun sudah banyak dan bisa Anda jumpai di daerah sekitar Anda. Anda yang berdomisili di Kota Yogyakarta pun tidak perlu repot untuk mencari tempat gadainya. Sebelum Anda ke tempat gadai, perhatikan dulu syarat-syaratnya. Berikut ini syarat yang dibutuhkan untuk gadai motor dan STNK Jogja.

Baca Juga : Gadai Motor Atas Nama Orang Lain Hingga Persyaratannya

1. Berdomisili di Yogyakarta

Gadai Motor Jogja

Untuk bisa menggadaikan motor dan STNK di Kota Gudeg, Anda tentu harus berdomisili di Jogja. Bukti domisili ini tentu saja adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP). Pastikan KTP Anda masih berlaku alias tidak mati, jika Anda belum memiliki e-KTP. Jangan melangkah ke tempat gadai jika bukti domisili Anda belum beres. Ini adalah syarat utama proses gadai Anda disetujui. Tanpa KTP, Anda tidak akan bisa berbuat apa-apa.

2. Motor dalam kondisi bagus

Gadai Motor Jogja

Supaya proses gadainya lancar, pastikan motor Anda dalam kondisi bagus, layak jalan. Jika ada kerusakan kecil, sebaiknya segera bereskan dulu ke bengkel. Tempat gadai pasti akan menolak jika Anda membawa motor dalam keadaan rusak. Jika pun motor bisa jalan, perhatikan kelengkapan aksesori motor Anda. Semakin lengkap dan aksesori masih dalam kondisi layak pakai, nilai gadai pun tinggi. Sebaliknya, jika tampilan motor Anda dalam keadaan tidak lengkap atau sudah rusak sana-sini, Anda bisa mendapatkan uang hasil gadai dalam jumlah sedikit. Pastikan saja motor Anda masih oke sebelum berangkat ke rumah gadai.

Baca Juga : Perbedaan Gadai Motor Fisik dan Gadai BPKB Motor

3. STNK masih berlaku

Gadai Motor Jogja

Lebih aman dan nyamannya lagi, pastikan STNK masih berlaku dan pajaknya pun sudah dibayar. Ini akan lebih mudah memuluskan proses gadai yang Anda lakukan. Sebaliknya, jika STNK sudah mati dan perlu diperpanjang, tempat gadai akan mempertimbangkan kembali pengajuan gadai motor dan STNK yang Anda lakukan. Jika pun Anda mujur bisa mendapatkan uang dari gadai motor dan STNK ini, uang yang Anda terima bisa jauh lebih sedikit.

4. Bukti kepemilikan jelas

Motor yang akan Anda gadaikan sebaiknya dilengkapi bukti kepemilikan yang jelas, misalnya adanya BPKB. Peganglah bukti bahwa motor tersebut milik Anda supaya tidak ada masalah di kemudian hari di tempat gadai motor dan STNK Jogja. Bukti kepemilikan yang jelas juga memperlancar proses gadai karena Anda akan ditanya apakah motor tersebut milik Anda atau bukan. Jika Anda bisa menunjukkan bukti bahwa motor yang akan digadai adalah milik Anda maka prosesnya semakin lancar. Dengan adanya bukti kepemilikan yang jelas, Anda menunjukkan bahwa motor tersebut bukan hasil curian. Pihak gadai pun bisa tenang menerima dan menyimpan motor Anda, hingga Anda mengambil kembali motor tersebut sesuai dengan kesepakatan waktu pinjaman yang sudah disetujui bersama.

Baca Juga : Pinjaman Dana Tunai Gadai Motor,Tips Menjaminkannya

Jangan Ragu, Manfaatkan Sesuai Kebutuhan

Apakah keempat hal di atas sudah Anda penuhi? Jika sudah, jangan ragu datang ke tempat gadai. Bawa pulang uangnya dan manfaatkan pinjaman uang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai, uang hasil meminjam secara gadai tersebut Anda hambur-hamburkan untuk kebutuhan yang tidak perlu. Salurkan kepada kebutuhan mendesak, seperti untuk tambahan biaya pendidikan, memperbaiki kerusakan rumah, atau untuk tambahan modal usaha. Dengan cara ini, Anda tidak mengalami kerugian besar yang diakibatkan bunga pinjaman atau bunga gadai yang tidak kecil.