avatardisplay_general
DISITU
05 Sep 2018

Gadai Motor di Adira, Ini Syarat dan Prosedurnya!

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1809/180905/Gadai Motor di Adira Ini Syarat dan Prosedurnya!.jpg

Banyak cara untuk menggadaikan motor. Banyak juga tempatnya. Salah satu perusahaan yang menerima gadai motor adalah Adira Finance. Perusahaan ini sudah terkenal dalam penyediaan jasa pembiayaan berbagai barang keperluan rumah tangga secara kredit, termasuk fasilitas gadai motor.

Menggadaikan motor di Adira, Anda hanya perlu menyerahkan BPKB sebagai jaminannya. Dengan kata lain, bukan motor Anda yang dititipkan di kantor Adira. Ini berbeda dengan gadai motor yang dilakukan lembaga lain yang bergerak di bidang gadai unit barang, yang dapat dilakukan oleh perseorangan.

Berikut ini prosedur dan syarat-syarat gadai motor di Adira yang perlu Anda ketahui. Dengan demikian, ketika hendak menuju kantor Adira untuk menggadaikan motor, Anda tidak kebingungan.

  1. Datangi kantor Adira terdekat

Hal pertama tentu saja adalah mendatangi kantor Adira. Anda bisa langsung menemui customer service-nya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut berkaitan dengan prosedur menggadaikan motor.

  1. Lengkapi syarat-syaratnya

Saat mendatangi kantor Adira, Anda diminta melengkapi syarat-syarat pengajuan kredit melalui gadai motor. Syarat-syarat ini tidak bisa dilepaskan dari beberapa dokumen yang perlu Anda siapkan. Berikut ini beberapa dokumennya:

  • Fotokopi KTP suami istri jika Anda sudah menikah. Jika belum menikah, lengkapi dengan fotokopi KTP orang tua.

  • Fotokopi kartu keluarga (KK).

  • Slip rekening listrik atau PBB rumah Anda.

  • Slip gaji atau keterangan penghasilan.

  • Fotokopi STNK.

  • Fotokopi BPKB.

Anda bisa menanyakan syarat lainnya jika masih ada yang dibutuhkan oleh pihak Adira. Tapi, syarat-syarat utama di atas harus Anda persiapkan terlebih dahulu.

  1. Tunggu proses persetujuan kreditnya

Setelah Anda menyerahkan dokumen secara lengkap, sabarlah untuk beberapa waktu menunggu proses gadai motornya. Prosesnya tidak akan lama sehingga Anda tidak perlu khawatir kebutuhan mendesak Anda terbengkalai. Hal penting yang perlu Anda lakukan, perhatikan waktu proses pengajuan kredit ini dengan batas waktu Anda harus membayar kebutuhan mendesak. Dengan demikian, Anda bisa lebih tenang menunggu proses kredit melalui gadai motor di Adira.

  1. Setelah proses disetujui

Jika proses pengajuan gadai motor Anda disetujui, Anda akan mendapatkan pemberitahuan dari Adira, biasanya melalui telepon. Anda tinggal datang kembali ke kantor Adira dan mengambil uang gadai motor dengan jaminan BPKB.

  1. Lengkapi prosedur dan syaratnya dengan hal ini

Prosedur dan syarat tersebut akan semakin lengkap jika Anda melengkapinya dengan tindakan berikut ini:

  • Segera gunakan uang Anda untuk keperluan mendesak tersebut.

  • Jangan mudah terpancing untuk menggunakan uang hasil gadai motor tersebut untuk hal-hal yang tidak perlu.

  • Jika masih ada sisa penggunaan karena Anda mendapatkan uang hasil gadai motor lebih besar dari kebutuhan mendesak Anda, tabunglah. Atau setidaknya simpan untuk sementara waktu sehingga tidak terpakai untuk berbelanja kebutuhan yang tidak penting.

  • Ingatlah bahwa uang hasil gadai motor dengan jaminan BPKB tersebut harus dikembalikan tepat waktu. Susun rencana untuk proses pengembaliannya sehingga Anda tidak kewalahan dan terkena denda keterlambatan. Bahkan, Anda bisa kesulitan saat harus mengembalikan pinjaman dan pada akhirnya menunggak, hanya karena Anda tidak cerdas dalam mengelola keuangan.

  • Jika ada rezeki lebih, segera lunasi kredit Anda, tidak perlu menunggu jangka waktu pelunasan yang sudah ditetapkan atau sudah Anda pilih. Melunasi utang lebih cepat jauh lebih baik daripada menunda-nunda yang bisa lebih besar risikonya karena kebutuhan yang mendesak bisa saja datang lagi tanpa Anda undang.