avatardisplay_general
DISITU
24 Sep 2018

Gadai Motor Pajak Mati Pegadaian Dan Nilai Taksirnya

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180924/Gadai%20Motor%20Pajak%20Mati%20Pegadaian%20Dan%20Nilai%20Taksirnya.jpg

Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi sejuta umat dimana sekarang ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Namun untuk suatu kebutuhan yang mungkin saja mendesak, banyak juga masyarakat yang memilih untuk menggadaikan sepeda motornya tersebut. Namun sebelum menggadaikan motor, Anda perlu memastikan jika surat – surat kendaraan Anda tersebut lengkap. Baik itu STNK ataupun BPKB. BPKB sendiri biasanya merupakan sebuah hal yang sangat penting karena merupakan sebuah kelengkapan motor yang mana menjadi barang bukti kepemilikan motor tersebut. Dan biasanya jika Anda ingin menggadaikan sepeda motor, tentu saja BPKB ikut disertakan. Namun bagaimana ceritanya jika pajak motor tersebut sudah mati? Apakah bisa digadaikan? Pada dasarnya memang ada beberapa lembaga pembiayaan yang menolak untuk menggadai sepeda motor pajak mati. Namun banyak juga lembaga pembiayaan yang menerima gadai motor pajak mati di pegadaian. Karena semua itu tergantung kebijakan dari masing – masing lembaga pembiayaan tersebut. Mungkin saja jika pajak motor tersebut mati pinjaman dana Anda akan dipotong untuk membayar pajak motor Anda, dengan demikian jika Anda sudah melunasi pinjaman tersebut, maka nantinya pajak motor yang Anda gadaikan akan aktif kembali.

Gadai Motor

Batas Minimal Dari Pinjaman Gadai Motor Pajak Mati Di Pegadaian

Di dalam sebuah rancangan surat edaran mengenai penyelenggaraan sebuah usaha perusahaan pegadaian, OJK memberikan perintah dimana regulator wajib untuk mengatur batas minimal dari uang pinjaman yang bisa didapatkan oleh nasabah dari pegadaian tersebut. Sedangkan jika jaminan merupakan sepeda motor, maka uang pinjaman yang dapat diberikan paling rendah sebesar 70%. Dengan demikian nilai gadai dari sepeda motor tersebut terbilang cukup tinggi.

Gadai Motor

Sumber Taksiran Dari Nilai Gadai

Setelah Anda mengetahui patokan dasar dari harga gadai sepeda motor, kemudian Anda bisa mencoba untuk mentaksir harga dari motor yang akan Anda gadaikan. Di dalam menentukan harga pinjaman dengan menggunakan jaminan sepeda motor juga terdapat suatu ketentuan. Adapun ketentuan tersebut adalah mengenai sumber harga sebagai sebuah nilai taksirannya. Terdapat dua metode untuk bisa menentukan sumber dari harga motor itu sendiri, yaitu harga On The Road dan juga Off The Road. Harga motor OTR sendiri merupakan sebuah harga motor yang mana ditentukan dari harga motor itu sendiri, kemudian ditambahkan dengan biaya untuk mengurus kelengkapan surat motor tersebut seperti BPKB dan juga STNK. Sedangkan untuk Off The Road sendiri merupakan harga dari unit sepeda motor itu sendiri tanpa terdapat tambahan beberapa biaya untuk megurus kelengkapan surat motor itu sendiri. Dan secara umum, harga yang digunakan untuk menentukan nilai taksiran gadai motor di sebuah pegadaian adalah harga On The Road. Namun nilai gadai motor tersebut juga tergantung dengan kondisi sepeda motor baik usia terbit, kondisi fisik, pembayaran pajak motor dan yang lainnya.

Gadai Motor

Nilai dari taksiran tersebut bersumber pada batas minimal yang menjadi ketentuan dari OJK dan juga harga motor On The Road tersebut. Batas minimal dari kendaraan bermotor sendiri adalah 70% dari taksiran serta harga OTR yang juga menyesuaikan jenis sepeda motor tersebut dan kondisinya. Selain itu juga dilihat dari status kepemilikan. Biasaya untuk kepemilikan sepeda motor sendiri adalah 70%, sedangkan jika sepeda motor tersebut atas nama orang lain sebesar 60%. Dan jika memang Anda memiliki rencana untuk gadai motor pajak mati di pegadaian, maka Anda bisa mengunjungi Disitu.com, dimana merupakan lembaga pembiayaan dan peminjaman dana yang terpercaya.