avatardisplay_general
DISITU
04 Sep 2018

Gadai Sertifikat Rumah Di Jogja Untuk Pinjaman Bank

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1809/180904/Gadai Sertifikat Rumah Di Jogja Untuk Pinjaman Bank.jpg

Gadai sertifikat rumah merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan orang terutama untuk mendapatkan pinjaman uang. Cara ini banyak dilakukan oleh orang di beberapa kota termasuk Jogja. Dalam mengajukan pinjaman, terdapat beberapa langkah yang harus Anda lalui. Dan berikut langkah gadai sertifikat rumah di Jogja agar mendapat pinjaman dari bank untuk Anda ketahui.

1. Datang Ke Bank Yang Dimaksud

Langkah gadai sertifikat rumah di Jogja yang pertama adalah jelas mengunjungi bank yang dimaksud. Dalam hal ini Anda patut memilih bank yang tepat dalam mengajukan pinjaman. Jangan sampai cicilan biaya yang harus dibayar justru memberatkan Anda dalam proses pelunasan. Maka dari itu memilih bank yang tepat merupakan cara yang harus Anda cermati betul. Setelah Anda memilih bank yang tepat, ajukan beberapa pertanyaan seputar besar cicilan, bunga, dan lain sebagainya. Selain itu tanyakan pula tentang kebijakan, syarat, dan besar biaya administrasi yang harus Anda bayar.

2. Tanyakan Kebijakan Yang Berlaku Ke Customer Service

Setelah mengunjungi bank, langkah selanjutnya sebelum Anda menggadaikan sertifikat rumah adalah dengan menanyakan perihal kebijakan yang berlaku ke pihak customer service. Hal ini perlu Anda lakukan agar Anda bisa menemukan biaya cicilan yang pas dengan kemampuan Anda. Selain itu tanyakan pula tentang fasilitas yang disediakan ketika Anda ingin melakukan transaksi gadai. Tidak hanya itu, tanyakan pula perihal reputasi serta kredibilitas dari bank tersebut karena hal itu cukup penting untuk diketahui. Setelah semua info Anda dapatkan, Anda bisa memutuskan apakah akan menggunakan jasa bank tersebut atau tidak. jika iya, maka kita masuk ke langkah selanjutnya. 

3. Isi Formulir

Sesudah menemukan bank yang tepat, Anda tinggal mengunjungi bank tersebut dan memberitahukan bahwa Anda ingin menggadaikan sertifikat rumah untuk mendapat pinjaman. Jika pihak bank menerima, Anda tinggal mengisi formulir aplikasi pinjaman yang sudah tersedia. Isilah formulir dengan lengkap karena hal itu akan berpengaruh pada proses peminjaman. Sebelum diserahkan, cek ulang data yang Anda isi jangan sampai ada kesalahan. Setelah Anda benar-benar yakin, serahkan formulir beserta syarat lain yang dibutuhkan kepada pihak bank.

4. Menunggu Proses Verifikasi Bank

Setelah mengisi formulir dan menyerahkan persyaratan yang dibutuhkan, langkah selanjutnya adalah menunggu proses verifikasi dari pihak bank. Proses ini membutuhkan cukup waktu karena bank akan mengecek secara detail semua kelengkapan dokumen yang Anda serahkan. Selain itu besar jaminan juga akan dihitung apakah seusia dengan besarnya pinjaman atau tidak. Setelah pihak bank menyatakan dokumen Anda lengkap, maka kita masuk ke langkah yang selanjutnya.

5. Survey Dari Pihak Bank

Setelah dokumen Anda dinyatakan lengkap, pihak bank akan melakukan survei pada rumah yang akan Anda gadaikan sertifikatnya. Dalam proses ini, biasanya Anda selaku pemilik rumah akan diajukan beberapa pertanyaan seputar tujuan Anda meminjam uang. Selain itu Anda juga akan ditanya perihal pekerjaan, besarnya penghasilan, dan lain sebagainya. Saat menjawab, tidak usah panik dan jawab dengan apa adanya saja. Namun, jika Anda baru mengajukan pinjaman pertama kali, besarnya pinjaman umumnya akan diberikan sebesar 80% saja dari jumlah keseluruhan pinjaman yang  diajukan.  Nah, setelah dana pinjaman diterima, Anda tinggal melakukan pembayaran cicilan secara rutin ke bank dengan jumlah yang sudah ditetapkan sebelumnya. Kurang lebih seperti itu langkah yang harus Anda lalui ketika ingin gadai sertifikat rumah di Jogja untuk mendapatkan pinjaman bank.