15 May 2018 00:00

Gadai Tanah di Agro Bank,5 Syarat Pengajuan Wajib Kamu Tau!

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/Artikel%20Mei/Artikel%20180515/813 Gadai Tanah di Agro Bank 5 Syarat Pengajuan Wajib Kamu Tau.jpg

Gadai tanah di agro bank menjadi solusi yang paling jitu bagi masyarakat yang membutuhkan dana cepat dan besar. Apalagi semenjak adanya sertifikasi lahan yang menjadi program pemerintah saat ini, tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat. Tak hanya memberi kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan dana dalam waktu singkat. Tapi, juga banyak keuntungan lain yang bisa didapatkan dari gadai tanah ini. Antara lain prosesnya sangat mudah, bunganya juga tidak terlalu besar. Sehingga tidak memberatkan nasabah selama proses pengangsuran.

Masalah jangka waktu angsuran, akan ditetapkan sesuai dengan kesepakatan antara kita dengan pihak agro bank. Selain itu, tak perlu khawatir sertifikat tanah kita akan bermasalah, karena sudah terjamin aman sampai pelunasan. Namun, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum menggadaikan tanah sertifikat tanah di agro bank. Yaitu kita harus melengkapi berbagai persyaratannya terlebih dahulu. Memang terbilang lebih sulit dibandingkan dengan gadai pada umumnya. Karena nominal jumlahnya jauh lebih besar. 

Wirausaha-Sukses

Syarat Pengajuan Gadai Tanah Di Agro Bank

Ketika kita ingin melakukan transaksi kredit, pasti akan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Apalagi jika nominalnya dalam jumlah besar. Tentu akan semakin banyak pula berkas yang dibutuhkan. Hal ini bertujuan untuk menghindari para nasabah yang tidak bertanggung jawab saat proses pengangsuran. Selain itu, juga untuk mengetahui profil lengkap dari nasabah. Sehingga pihak agro bank bisa mengetahui kemampuan nasabah dalam melakukan angsuran hingga pelunasan. Berikut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dalam gadai tanah di agro bank :

1. Kartu Tanda Penduduk

Persyaratan utama adalah seorang nasabah haruslah warga negara Indonesia. Dan hal ini dibuktikan dengan adanya kartu tanda penduduk (KTP) sebagai identitas resmi nasabah. Selain itu, ada kisaran usia yang telah ditetapkan oleh pihak agro bank. Yaitu nasabah harus berusia minimal 22 tahun dan maksimal 55 tahun. Dihitung hingga angsuran dapat dilunasi dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan.

2. Slip Gaji

Selain kartu identitas, nasabah harus menyerahkan slip gaji sebagai bukti bahwa nasabah memiliki penghasilan bulanan. Penghasilan minimal adalah sesuai dengan UMR daerah tempat instansi kita berada. Karena dengan slip gaji ini, pihak agro bank bisa mengukur kemampuan kita dalam mengangsur apakah bisa seimbang dengan jumlah dana yang kita pinjam. Selain itu, untuk memastikan bahwa kita benar-benar bisa melunasi pinjaman dana kita dengan adanya penghasilan bulanan tersebut.

3. Surat Keterangan Kerja

Selain slip gaji, kita juga harus melengkapi dengan surat bukti keterangan kerja dari instansi tempat kita bekerja. Hal ini untuk menghindari pemalsuan pekerjaan dengan mengatasnamakan sebuah perusahaan tertentu. Jika terjadi sebuah masalah, tentu akan sangat merepotkan berbagai pihak. Melalui surat keterangan ini, pihak agro bank juga ingin memastikan bahwa kita benar-benar menjadi karyawan di perusahaan yang bersangkutan.

4. Foto copy Akta Tanah Dan Sertifikat SHM

Selain sertifikat tanah asli, maka kita juga harus menyerahkan foto copy akta tanah dan SHM. Hal ini untuk mendukung bahwa tanah kita telah berada di bawah naungan hukum dan telah ditandatangani oleh pejabat negara. Dan untuk SHM, yakni untuk menunjukkan bahwa pada pihak agro bank, bahwa kita benar-benar memiliki hak milik dan kuasa atas tanah tersebut. Apalagi SHM adalah sertifikat milik paling kuat karena tidak ada campur tangan pihak lain.

5. Beberapa Persyaratan Lain

Persyaratan lain menggadai tanah di agro bank bisa meliputi Pas foto ukuran 3x4 dan 4x6. Dan wajib juga menyerahkan foto berpasangan jika sudah menikah. Selain pas foto, persyaratan lain adalah foto copy surat pajak yakni SPT dan NPWP. Serta foto copy buku tabungan dari bank selama 3 bulan terakhir. Buku Tabungan ini untuk memastikan bahwa kita memiliki cadangan dana yang cukup di bank untuk proses pengangsuran hingga pelunasan.

 

Wirausaha-Sukses