avatardisplay_general
DISITU
29 Aug 2018

Gunakan E-Money Untuk Mempermudah Transaksi

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201808/Jenis emoney.jpg

Perkembangan zaman mendorong manusia untuk terus ikut berkembang dalam mewujudkan kemudahan didalam kehidupan sehari-hari. Kehadiran internet turut mempermudah masyarakat dalam mendapatkan berbagai informasi-informasi, serta manfaat didalam dunia perbankan dan keuangan.

Salah satu produk perbankan yang didukung oleh kemajuan teknologi ini adalah E-Money (elektronik money/uang elektronik). E-Money yang biasaya dikenal juga sebagai Electronic Cash, Digital Money, atau Digital Cash adalah adalah uang yang digunakan dalam transaksi internet atau transaksi secara online.

E-money ini memungkinkan masyarakat untuk bertransaksi tanpa perlu menggunakan uang fisik. Nilai e-money berbentuk saldo yang terdapat dalam kartu-kartu elektronik yang aman dan tidak mudah diretas. E-money memberikan kemudahan, kecepatan dan praktis dalam melaksanakan transaksi pembayaran.

E-money Yang Diterbitkan Oleh Bank

Salah satu bank dengan produk e-money terdepan adalah bank BCA. Bank BCA memiliki produk BCA Flazz Card dan aplikasi Sakuku yang merupakan layanan e-money dalam bentuk aplikasi. BCA Flazz Card ini sangat populer dan dapat digunakan di puluhan ribu gerai yang bekerja sama dengan Bank BCA di seluruh Indonesia.

Beberapa bank di Indonesia juga menerbitkan berbagai produk e-money. Bank Mandiri telah mempunyai Mandiri Indomaret Card, GazCard, E-Toll, dan E-Cash yang memiliki kelebihannya masing-masing seperti untuk berbelanja, membeli bensin, membayar tol, serta untuk pembayaran lainnya.

Tidak tertinggal, Bank BNI memiliki produk BNI TapCash. BNI Tap Cash ini bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di minimarket, tiket Trans Jakarta, hingga membayar e-parking.

Beberapa perbankan lainnya juga turut menerbitkan e-money, misalnya Bank Permata dengan produk BBM Money, CIMB dengan Rekening Ponsel, Bank National Nobu dengan Nobu E-Money, Brizzi BRI dari BRI, serta Megacash dari Bank Mega.

E-Money Yang Diterbitkan Operator Seluler

Selain diterbitkan oleh bank, e-money juga diterbitkan oleh perusahaan Operator Seluler, seperti Telkomsel, Indosat dan XL. Telkomsel yang merupakan operator seluler terbesar di Indonesia menerbitkan e-money yang diberi nama T-Cash Tap.

T-Cash Tap ini menggunakan teknologi NFC (Near Field Communication). Dalam pemanfaatannya, smartphone pengguna Telkomsel harus dilengkapi dengan teknologi NFC. Telkomsel juga menyediakan stiker NFC untuk ditempel ke smartphone, bila smartphone pengguna belum mendukung NFC.

Terdapat juga e-money Dompetku yang diterbitkan oleh operator seluler Indosat Ooredoo. Dompetku dapat digunakan untuk setor dan tarik tunai, pembelian, pembayaran, hingga transfer.

Porvider XL memiliki produk e-money dengan nama XL-Tunaiku yang dapat digunakan untuk membayar tagihan, mencairkan uang, mengirim dan menerima uang ke sesama pengguna XL, serta belanja online dan offline.