avatardisplay_general
DISITU
04 Dec 2018

Hal Yang Dipertimbangkan Sebelum Gadai Mobil Anda

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201812/181204/Banner/Hal Yang Dipertimbangkan Sebelum Gadai Mobil Anda.jpg

Keuangan menjadi sebuah topik yang selalu menarik untuk dibahas. Terkadang juga menjadi sebuah masalah yang krusial. Uang merupakan alat pembayaran untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan hidup. Ketika pendapatan seseorang tak mampu menutupi segala kebutuhannya, maka disitulah keuangan menjadi masalah. Terlebih jika seseorang tersebut tidak memiliki pekerjaan tetap.

Tak heran jika kemudian mereka memilih untuk menggunakan jalan lain sebagai alternatifnya. Salah satunya menggadaikan barang yang dimiliki. Mobil, misalnya. Seperti yang diketahui mobil merupakan kebutuhan tersier sebab tidak semua orang memerlukannya. Mobil yang dibanderol dengan harga puluhan hingga miliaran rupiah ini lebih banyak dimiliki oleh kalangan menengah ke atas.

Suzuki Ignis merupakan salah satu merek mobil dengan desain yang stylish dan sporty. Ignis memiliki tampilan kekinian, lapang dan dilengkapi dengan fitur-fitur berkelas. Harga jualnya sekitar 140 jutaan.

Bila kebutuhan begitu mendesak, Anda bisa saja menggadaikan mobil Anda, contohnya Ignis yang dimiliki. Namun, pertimbangkan dulu hal-hal berikut ini.

Tujuan Menggadaikan Mobil

pertimbangan

Pertimbangkan dengan matang mengenai tujuan Anda hingga menggadaikan mobil. Uang hasil gadai mobil Suzuki Ignis ini terbilang cukup besar, dan untuk apa uang tersebut Anda gunakan?

Jika terkait dengan kebutuhan yang mendesak, maka silakan saja gadaikan mobil Anda. Namun, jika tujuannya tidak jelas dan cenderung untuk hal-hal yang sifatnya tersier, maka sebaiknya batalkan saja niat Anda untuk menggadaikan mobil.

Tempat Gadai Mobil

pertimbangan

Saat ini memang banyak tempat gadai dengan berbagai tawaran menarik. Tapi, pilihlah tempat gadai yang resmi, aman dan tepercaya. Pastikan namanya sudah terdaftar dalam OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Mobil bila digadaikan bisa menghasilkan dana yang besar sehingga membutuhkan waktu lama untuk pencairannya. Hanya tempat gadai berkredibilitas yang mampu memberikan tawaran tinggi dan menjaga keamanan aset hingga batas waktu yang telah disepakati.

Lokasi Tempat Penggadaian

pertimbangan

Pilihlah tempat gadai yang berlokasi di sekitar domisili Anda. Selain nantinya akses dan proses menggadaikan lebih mudah serta efisien, Anda juga bisa sering-sering mengecek kondisi mobil yang digadaikan.

Anda juga punya kesempatan untuk mengecek langsung ke dalam internal perusahaan gadai tersebut, menggali informasi dari orang-orang sekitar dan melaporkan hal-hal tertentu yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Jumlah Cicilan Pinjaman

pertimbangan

Saat Anda menerima uang hasil gadai, ingatlah pula bahwa Anda memiliki kewajiban untuk melunasi cicilan pinjaman tersebut sesuai dengan kesepakatan. Biasanya pihak gadai menerapkan bunga yang besarnya bervariasi.

Pilihlah bunga dengan kisaran di bawah 30% dari gaji bulanan Anda. Jangan lebih besar dari itu karena jika Anda tidak mampu melunasinya, maka masalah baru akan muncul dan mobil kesayangan Anda pun hilang.

Sanksi Atau Denda

pertimbangan

Gadai tak ubahnya seperti hutang. Jika terlambat melunasinya, maka akan dikenai sanksi atau denda sesuai ketentuan. Sanksi tersebut bisa berupa bertambahnya bunga, berkurangnya masa pinjaman dan sebagainya.

Cermati terlebih dahulu semua ketentuan dan persyaratan yang diberlakukan oleh perusahaan gadai tersebut. Jangan main tanda tangan bila masih ada satu poin saja yang belum Anda pahami dengan tepat!

Belajar dan berusahalah menjadi orang yang bijak dalam menghadapi segala permasalahan. Jangan mudah panik dan terbebani karena semua masalah ada solusinya. Tetaplah tenang dan fokus untuk mencari solusi tanpa masalah!

Sekian pembahasan mengenai hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menggadaikan mobil Suzuki Ignis atau lainnya. Semoga ulasan kami bermanfaat.