avatardisplay_general
DISITU
16 Dec 2018

Hal yang Harus Anda Tahu Sebelum Jual Mobil Bekas

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201812/181216/Banner/Hal yang Harus Anda Tahu Sebelum Jual Mobil Bekas.jpg

Jual mobil bekas merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang dalam waktu cepat. Uang yang didapat tersebut bisa untuk berbagai keperluan, misalnya untuk modal awal usaha atau bahkan untuk tambahan dana membeli mobil baru. Namun, Anda harus tahu beberapa hal sebelum mobil bekas Anda pindah ke tangan orang lain. Setidaknya, pahami empat hal ini.

  1. Pasar mobil bekas

mobil-bekas

Sebelum Anda menjual mobil bekas, pahami dulu pasar mobil bekas. Dengan demikian, Anda tidak kebingungan menentukan langkah awal untuk menawarkan mobil bekas Anda kepada calon pembeli. Kunjungi pasar mobil bekas terdekat di kota Anda, misalnya, untuk mengetahui kondisi pasar termasuk segmen calon pembelinya. Anda juga bisa mengetahui pasar mobil bekas via online. Pelajari seluk-beluknya supaya Anda lebih mudah dan cepat mendapatkan pembeli.

  1. Harga pasaran mobil bekas

mobil-bekas

Menjual mobil bekas Anda berarti Anda pun sudah siap dengan tawaran harganya. Sebelum menyampaikan informasi berkaitan dengan harga yang Anda patok, sebaiknya ketahui dulu harga pasaran mobil bekas. Dengan demikian, Anda tidak mematok harga terlalu rendah, tidak juga terlalu tinggi. Sediakan ruang untuk calon pembeli menawar harga. Untuk hal ini, Anda perlu menentukan harga awal dengan tepat agar Anda mendapatkan uang dari jual mobil bekas secara maksimal.

  1. Kondisi mobil bekas Anda

mobil-bekas

Sebelum menjual ke pihak lain, Anda perlu mengecek dengan cermat kondisi mobil Anda. Dandani bodinya jika sudah mulai banyak cacat atau kerusakan. Termasuk lakukan pengecetan ulang jika warna catnya sudah sangat buram. Tidak kalah penting, periksa dan servis mesinnya agar performa mobil lebih baik dari sebelumnya. Poin pentingnya, jangan menjual mobil bekas Anda dalam keadaan rusak, apalagi rusak parah, dan percantik bodinya agar tidak terlihat sangat buruk, dan mengesankan bahwa mobil Anda memang mobil bekas. Lebih baik dandani dengan baik agar kesan mobil bekasnya berkurang karena calon pembeli melihat mobil Anda terkesan baru, meski termasuk mobil bekas. Harganya pun bisa jauh lebih tinggi jika Anda menjual mobil bekas dalam kondisi yang memuaskan calon pembeli.

  1. Lengkapi dokumennya

Selain mempersiapkan penampilan bodi dan mesinnya, persiapkan juga dokumen mobil Anda. STNK, BPKB, buku servis, dan surat-surat lainnya jangan ketinggalan. Dokumen yang lengkap menjadi nilai plus saat Anda menjual mobil bekas. Tanpa dokumen yang lengkap, mobil Anda bahkan tidak bisa dijual karena calon pembeli takut membeli mobil tanpa dilengkapi surat-surat pentingnya.

Keempat hal di atas perlu Anda ketahui sebelum menjual mobil bekas. Nah, sebagai tambahan inspirasi, selain harus tahu beberapa hal berkaitan dengan jual mobil bekas, Anda juga perlu memahami beberapa hal jika ingin beli mobil bekas. Setidaknya, jangan tergiur dengan harga murahnya. Perhatikan juga kondisi luar-dalam mobil. Bodi dan mesin sangat penting Anda perhatikan.

Selain itu, jangan terburu-buru beli mobil bekas. Anda harus rajin membandingkan kemudian baru memilih mobil bekas yang sesuai dengan keinginan Anda. Surat-surat mobilnya pun perlu Anda perhatikan, jangan membeli mobil bekas tanpa dilengkapi dokumen penting. Jangan lupakan saat mengecek kondisi mesin, minta kepada penjual mobil bekas agar Anda diberi kesempatan test drive terlebih dahulu. Jangan tergiur dengan tampilan bodi yang keren tapi mesin keropos. Poin penting lainnya, lihatlah ke dalam diri sendiri, apakah keinginan Anda memiliki mobil bekas tersebut sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Dengan demikian, ketika mobil sudah menghuni garasi, Anda bisa nyaman dan tenang mengendarainya, tanpa dipusingkan dengan kekurangan uang setelah Anda punya mobil.***