avatardisplay_general
DISITU
30 Sep 2018

Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kredit Mobil Baru

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180930/Hal%20Yang%20Harus%20Dipersiapkan%20Sebelum%20Kredit%20Mobil%20Baru.jpg

Memiliki kendaraan pribadi menjadi impian semua orang. Bagi Anda yang ingin mempunyai kendaraan pribadi namun dana tidak mencukupi. Jangan khawatir, karena sudah banyak jasa untuk menyediakan kredit mobil baru simulasi untuk pembelian kendaraan pribadi. Seperti pihak leasing atau bank yang menawarkan simulasi kredit mobil dan motor apabila Anda masih bingung dan belum memahami secara detail mengenai cara menghitung simulasi kredit mobil ataupun motor. Pertama kali yang dijelaskan oleh pihak leasing atau bank kepada Anda adalah persyaratan, perjanjian, sampai perhitungan kredit mobil baru simulasi 

Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Kredit Mobil Baru

Untuk melakukan kredit motor ada hal yang harus dipersiapkan. Diantara hal-hal yang harus disiapkan adalah  sebagai berikut : 

Kredit Mobil

1. Menentukan Tipe Mobil

Berbagai macam tipe mobil akan disajikan oleh para diler mobil untuk Anda. Mulai dari merek, warna, dan ukuran mobil yang harus Anda pilih. Masing-masing mobil juga menawarkan keuntungan tersendiri. Namun pilihlah tipe mobil yang harganya sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda. Karena dalam setiap tipe mobil kredit akan mempengaruhi stabilitas keuangan Anda. 

Kredit Mobil

2. Tarif Bunga Leasing Atau Bank

Leasing atau bank merupakan lembaga pembiayaan yang biasanya menetapkan tarif bunga kredit mobil yang akan Anda bayar. Lembaga ini dalam menentukan bunga, biasanya ditentukan dari jangka waktu kredit mobil yang Anda ajukan. Semakin lama jangka waktunya, maka tarif bunganya semakin tinggi. Misalnya kredit mobil selama 1-3 tahun, maka tarif bunganya berkisar antara 6-8% dari harga mobil Anda.

Kredit Mobil

3. Biaya Administrasi Dan Asuransi

Untuk biaya administrasi apabila Anda mengajukan kredit mobil di leasing atau bank selama 1 tahun. Maka biaya yang Anda keluarkan berkisar antara Rp 350.000. Kemudian untuk 2 tahun berkisar Rp 450.000, untuk 3 tahun berkisar Rp 550.000, dan seterusnya. Jangka waktu 1-3 tahun memiliki tarif asuransi berkisar antara 7,5-9,5% dari harga mobil Anda.

Kredit Mobil

4. Tenor Atau Jangka Waktu Kredit Mobil

Dalam memilih tenor pilihlah tenor atau jangka waktu yang panjang , seperti 7 sampai 8 tahun. Tenor yang panjang berfungsi untuk membantu Anda dalam mencicil. Karena hal itu akan menawarkan Down Payment dan cicilan yang ringan kepada Anda.

Kredit Mobil

5. Besaran Uang DP Dan Cicilan

Menentukan besaran uang DP dan cicilan bisa menggunakan rencana atau simulasi kredit mobil yang akan dijalankan. Simulasi ini memudahkan Anda dalam memanajemen keuangan.

Perhitungan Simulasi Kredit Motor Baru

Dalam melakukan kredit sebuah motor baru, Anda sebaiknya melakukan simulasinya terlebih dahulu. Cara perhitungan kredit mobil baru simulasi adalah sebagai berikut : 

Misalnya, apabila harga mobil Rp 200 juta, dan uang DP secara umum yang ditawarkan kepada Anda adalah 20%.  Maka DP yang harus Anda bayarkan sebesar Rp 40 juta. Rumus perhitungannya yaitu: DP = 20% x harga mobil. Maka, 20% x 200 juta = 40 juta. Setelah itu hitunglah Pokok Kredit atau sisa kredit yang harus Anda bayarkan. Rumusnya adalah PK = harga mobil – DP. Maka, Rp 200 juta – Rp 40 juta = Rp 160 juta. Kemudian untuk menghitung TB yang harus Anda bayarkan menggunakan rumus, TB = PK (Pokok Kredit) x TB%. Untuk TB% ini yang sudah ditentukan berdasarkan tenor yang Anda tentukan. Apabila tenor yang Anda ambil adalah 3 tahun, persen bunganya adalah 8%. Maka, Rp 160 juta x 8% = 12,8 juta x 3 tahun = Rp 38,4 juta.

Selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menghitung besaran cicilan yang harus dibayar. Rumusnya adalah menambahkan Pokok Kredit dan Tarif Bunga kemudian dibagi dengan jangka waktu kredit. Maka, (Rp 160 juta + Rp 38,4 juta) : 3 tahun (36 bulan) = Rp 5.551.200. Untuk menghitungnya Anda bisa menggunakan rumus, 9,5% (Tarif Asuransi untuk 3 tahun) x harga mobil = 9,5% x Rp 200 juta = Rp 19 juta. Sedangkan untuk biaya administrasi yang diperlukan apabila mengajukan kredit mobil selama 3 tahun berkisar antara Rp 550.000. Jadi anggaran yang harus Anda siapkan untuk pembayaran pertama kredit mobil adalah DP + cicilan bulan pertama + tarif asuransi + biaya administrasi = Rp 40 juta + Rp 5.511.200 + Rp 19 juta + Rp 550.000 = Rp 65.061.200.