avatardisplay_general
DISITU
11 Sep 2018

Hal Yang Perlu Diketahui Ketika Gadai Motor Tanpa BPKB

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1809/180911/Hal Yang Perlu Diketahui Ketika Gadai Motor Tanpa BPKB.jpg

Butuh uang cepat? Jika Anda memiliki sebuah motor, Anda dapat menggadaikan motor Anda untuk mendapatkan sejumlah dana. Apalagi banyak pihak pembiayaan yang menerima gadai motor meskipun Anda tidak memiliki surat kendaraan. Tidak dapat dipungkiri lagi, gaya hidup yang semakin tinggi dan juga besarnya kebutuhan menjadikan banyaknya orang melakukan pinjaman. Namun, terlebih dahulu Anda harus mengetahui seluk beluk sebelum melakukan gadai motor tanpa BPKB ini. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mengajukan pinjaman dengan gadai motor tanpa BPKB, antara lain:

1. Jangan Mempercayai Hal-Hal Buruk Yang Anda Dengar

Sebuah tempat pembiayaan bukanlah sebuah tempat teduh yang menyeramkan seperti halnya anggapan orang. Sebaliknya, tempat pembiayaan telah diatur dalam undang-undang dan memiliki aturan serta di pantau oleh naungan APPI atau OJK. Jadi, Anda harus benar-benar mengetahui sendiri bagaimana sebuah pembiayaan tersebut bekerja. Meskipun begitu, penilaian dari orang yang berpengalaman juga patut menjadi pertimbangan bagi Anda. Namun pastikan data yang Anda terima itu benar adanya.

2. Cara Memperoleh Pinjaman

Ada banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara memperoleh pinjaman saat ingin menggadaikan motor tanpa BPKB ini. ketika Anda sudah memilih tempat yang ingin dijadikan pinjaman Anda, Anda hanya harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Dengan mengetahui segala hal mengenai pihak pembiayaan tersebut, selanjutnya Anda halnya melakukan pengajuan pinjaman dengan menyerahkan segala syarat yang ditetapkan.

3. Tingkat Bunga Yang Ditentukan

Sebelum Anda menyetujui pinjaman yang akan Anda terima, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui tingkat bunga yang telah ditentukan. Pada dasarnya, tingkat bunga oleh pihak pembiayaan relatif berbeda. Istilah suku bunga ini sangat membingungkan, jadi lebih baik Anda mengetahui total biaya keuangan yang harus Anda bayarkan dengan adanya suku bunga ini. Pastikan adanya suku bunga ini jelas dan transparan untuk menghindari kerugian yang akan timbul di kemudian hari.

4. Mengetahui Bagaimana Pihak Pembiayaan Bekerja

Saat ingin mempertimbangkan untuk menggadaikan sesuatu, perlu Anda ketahui bagaimana pihak pembiayaan tersebut bekerja. Apakah pencairan dana memerlukan jangka waktu beberapa hari, atau bahkan hanya dalam tempo satu hari saja. Pihak pembiayaan tentunya harus melakukan survey mengenai jaminan yang Anda gunakan tersebut. Untuk itu, ketika Anda menerima pinjaman langsung cair, perlunya Anda lebih waspada.

5. Bersiaplah Untuk Birokrasi

Pihak pembiayaan secara hukum berkewajiban untuk mengkonfirmasi bahwa Anda merupakan pemilik yang sah atas motor yang BPKBnya dijadikan jaminan. Mereka akan menanyakan beberapa pertanyaan mengenai motor Anda untuk memastikan bahwa Anda merupakan pemilik yang sah. Bahkan Anda juga harus menunjukkan tanda pengenal asli yang resmi.

6. Membayar Kembali Pinjaman Anda

Ketika Anda sudah memilih langkah untuk melakukan pinjaman tersebut, tentunya Anda sudah memikirkan bagaimana membayar angsuran. Dengan melakukan pembayaran kembali ini, Anda akan terhindar dari daftar hitam oleh Bank Indonesia yang akan menyulitkan Anda ketika ingin pengajuan kembali. Bahkan ketika Anda menyepelekan mengenai pembayaran kembali ini, tentunya motor Anda menjadi taruhannya. Hal tersebut dikarenakan, Anda memiliki perjanjian ketika melakukan pinjaman dana ini. Sehingga pihak pembiayaan memiliki hak untuk mengambil kendaraan Anda ketika Anda tidak melakukan pembayaran pinjaman.

Dengan mengetahui beberapa hal ketika Anda ingin gadai motor tanpa BPKB ini, tentunya Anda akan lebih mudah dan paham ketika melakukan pinjaman. Sehingga Anda akan terhindar dari kerugian baik secara financial maupun pikiran Anda. Anda dapat melakukan pengajuan pinjaman secara online. Seperti yang kita ketahui, dengan pinjaman online, Anda akan dipermudah dalam melakukan pengajuan pinjaman. Selain hemat waktu, Anda juga dapat secara langsung mempelajari bunga serta ketentuan yang ada. Anda dapat melakukannya melalui situs disitu.com atau lainnya yang sudah terpercaya dan berpengalaman.