avatardisplay_general
DISITU
18 Oct 2018

Hal Yang Perlu Diketahui Untuk Over Kredit Mobil Baru

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181018/Hal%20Yang%20Perlu%20Diketahui%20Untuk%20Over%20Kredit%20Mobil%20Baru.jpg

Memiliki mobil memang menjadi idaman banyak orang. Apalagi mempunyai mobil dianggap sebagai keuntungan tersendiri. Saat ini tersedia pembelian mobil dengan beragam mekanisme. Mulai dari pembelian tunai, kredit, hingga over kredit. Mekanisme pembelian tunai dan kredit mungkin sudah banyak ditemui. Lalu bagaimana jika mekanisme over kredit? Apalagi jika yang akan dilakukan over kredit adalah mobil baru. Sebenarnya apakah over kredit mobil baru merupakan hal yang aman?

Untuk menjawab berbagai pertanyaan tadi Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut. Memang over kredit cukup beresiko. Namun, resiko dapat diminimalisir jika Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Pahami Mekanisme Over Kredit

Kredit Mobil Baru

Hal yang pertama harus Anda perhatikan adalah terkait mekanisme over kredit. Anda harus mengerti terlebih dahulu tentang mekanisme over kredit. Di sini sebaiknya pahami bagaimana proses over kredit yang tidak melawan hukum. Jangan sampai salah-salah Anda justru terjerat hukum karena tidak mengerti proses over kredit yang benar. Sebaiknya konsultasi dengan penyedia kredit yang akan Anda take over. Anda juga dapat berkonsultasi dengan ahli hukum untuk lebih mengerti tentang hukum bagi over kredit.

2. Gunakan Over Kredit Resmi

Kredit Mobil Baru

Penggunaan over kredit resmi yang dimaksud di sini adalah balik nama kredit pada pihak leasing yang menyediakan kredit. Cara ini adalah cara paling aman bagi Anda yang akan melakukan over kredit. Sebaiknya jangan melakukan over kredit di bawah tangan. Hal ini memiliki resiko yang besar. Apalagi over kredit mobil baru yang tentu dengan harga tidak murah bisa merugikan Anda jika terjadi masalah di kemudian hari.

Adanya over kredit melalui leasing resmi tempat penjual melakukan kredit dapat memiliki dasar hukum yang kuat. Ini tentu untuk menghindari berbagai masalah hukum yang ternyata bersangkutan dengan mobil yang Anda beli. Tentu tidak ada yang ingin terjerat hukum, bukan?

3. Cek Kredit Pemilik Sebelumnya

Kredit Mobil Baru

Track record kredit pemilik mobil sebelumnya harus Anda telusuri. Pastikan jika tidak ada riwayat kredit macet yang dilakukan oleh pihak penjual. Tanyakan juga kepada pihak leasing terkait masalah yang timbul dari kredit penjual. Pastikan jika mobil yang akan Anda beli adalah mobil yang ‘aman’ dalam pembayaran kredit. Selain itu Anda juga harus memastikan jika mobil yang Anda beli bukan hasil tindak kejahatan.

Jangan sampai tuduhan penggelapan ditujukkan kepada Anda karena membeli mobil kredit macet. Apalagi jika pemilik mobil sebelumnya ternyata bermasalah dengan pihak leasing. Ini juga berhubungan dengan poin kedua. Dimana antisipasi terhadap hal-hal seperti ini yang membuat over kredit sebaiknya dilakukan oleh pihak leasing yang melakukan kredit mobil tersebut.

4. Lengkapi Berkas-Berkas Administrasi

Kredit Mobil Baru

Biasanya pengajuan over kredit berlangsung beberapa bulan. Dalam jangka waktu tersebut ada hal-hal syarat administrasi yang harus Anda penuhi. Untuk mempercepat proses dan juga menghindarkan diri dari tuntutan akibat kelalaian administrasi sebaiknya berkas administrasi segera Anda lengkapi. Akan lebih baik jika Anda mampu melengkapi berkas administrasi jauh sebelum tenggat waktu pengajuan. Sebaiknya tanyakan pada pihak leasing terkait berkas-berkas yang Anda butuhkan.

5. Perhatikan Masalah Cicilan Serta Harga Mobil

Kredit Mobil Baru

Terakhir hal yang perlu Anda perhatikan adalah masalah cicilan serta harga mobil. Pastikan jika harga mobil tersebut sesuai harga mobil kredit yang ada di pasaran. Selain itu masalah cicilan juga harus Anda perhatikan. Anda harus memastikan jika Anda mampu membayar cicilan tiap bulan. Ini tentu penting, karena jika kredit macet maka kemungkinan besar mobil akan ditarik. Ini akan menimbulkan banyak kerugian bagi pihak Anda. Pastikan Anda mengambil kredit mobil yang sesuai kemampuan.

Itu tadi adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan saat akan melakukan over kredit mobil baru. Hal-hal tersebut penting untuk menghindarkan Anda dari masalah yang menjerat akibat over kredit. Jika ingin melakukan kredit sebaiknya pilih cara aman dan tidak berisiko dengan kredit melalui penyedia kredit terpercaya. Salah satu penyedia kredit mobil terpercaya dengan syarat mudah adalah disitu.com. Di DISITU.COM Anda dapat memperoleh kredit mobil baru maupun bekas dengan persyaratan mudah serta cicilan murah.