avatardisplay_general
DISITU
23 Nov 2018

Hal-Hal Mengenai Simulasi Kredit Mobil Baru 6 Tahun

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201811/181123/Banner/Hal Hal Mengenai Simulasi Kredit Mobil Baru 6 Tahun.jpg

Penyedia kredit kini semakin memudahkan calon nasabahnya yang akan melakukan kredit. Mulai dari pengajuan online seperti yang dapat dilakukan seperti di disitu.com hingga tenor kredit yang panjang. Tenor kredit 6 tahun bukan merupakan impian lagi saat ini. Apalagi kebutuhan kredit mobil Anda dipermudah dengan adanya Simulasi Kredit Mobil Baru 6 Tahun yang akan membantu merencanakan cicilan bulanan.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Akan Melakukan Simulasi Kredit

Meski terlihat sepele namun sebenarnya simulasi kredit ini diperlukan. Tujuannya adalah agar Anda dapat memperoleh gambaran akan biaya cicilan tiap bulan yang diperlukan untuk mobil impian Anda. Tapi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dengan baik saat akan melakukan simulasi kredit mobil baru tersebut.

1. Cari Tempat Kredit Yang Menyediakan Simulasi Kredit

simulasi-kredit

Pertama tentu Anda harus mencari tempat kredit yang menyediakan simulasi kredit. Ini penting untuk dilakukan. Lebih baik pilih penyedia kredit yang menyediakan fitur simulasi kredit online sehingga akan memudahkan Anda. Simulasi kredit online akan memudahkan Anda dalam mengganti poin-poin dalam simulasi sesuai kebutuhan Anda. Selain itu simulasi kredit online akan lebih memudahkan Anda melakukan simulasi kapan pun dan dimana pun.

2. Pastikan Fitur Berjalan Dengan Baik

simulasi-kredit

Sebelum melakukan simulasi kredit sebaiknya Anda memastikan jika fitur berjalan dengan baik. Tidak hanya berhubungan dengan fitur dari penyedia kredit Anda saja. Tapi, pastikan jika ponsel Anda mendukung adanya fitur ini. Untuk simulasi online, cek juga koneksi internet Anda. Karena koneksi internet yang tidak baik akan berpengaruh pada hasil simulasi. Ini akan membuat hasil simulasi Anda tidak keluar. Bahkan dapat membuat aplikasi justru tidak berjalan saat Anda menginput data.

3. Jangan Lupa Isi Data Dengan Benar

simulasi-kredit

Saat akan melakukan simulasi biasanya Anda akan diminta mengisi data yang terkait poin-poin simulasi. Semisal pada simulasi kredit mobil baru 6 tahun. Pertama tentu Anda harus memasukkan harga mobil, uang muka kemudian tenor mobil yang Anda minta yaitu 6 tahun. Dari sana akan keluar hasil simulasi sesuai data yang Anda masukkan. Untuk itu Anda harus memastikan jika data yang Anda masukkan sudah benar. Kesalahan pada input data akan berpengaruh pada hasil simulasi.

Untuk mendapatkan data yang sesuai keinginan tentu Anda harus memasukkan data secara benar sesuai kriteria yang Anda butuhkan. Dalam simulasi sendiri biasanya yang harus dimasukkan adalah terkait tiga hal. Pertama adalah harga mobil, uang muka serta panjang waktu kredit. Namun, ada juga yang meminta memasukkan info terkait kartu kredit yang Anda miliki. Semua bergantung kebijakan penyedia kredit.

4. Cek Hasil Simulasi

simulasi-kredit

Hasil simulasi yang keluar sebaiknya Anda cek terlebih dahulu. Apakah sesuai dengan yang Anda inputkan. Karena ditakutkan adanya kesalahan input yang menyebabkan hasil simulasi berbeda. Selain itu hasil simulasi harus dicek untuk memastikan jika fitur simulasi berjalan dengan baik. Jangan sampai Anda ternyata memakai fitur simulasi yang bermasalah.

5. Cocokkan Dengan Kriteria Penyedia Kredit

simulasi-kredit

Setelah hasil simulasi keluar sebaiknya Anda mengecek sembari mencocokkan dengan kriteria penyedia kredit. Misalnya untuk kredit dalam waktu 6 tahun dengan minimal uang muka seperti yang disebutkan atau bunga seperti yang disebutkan. Pastikan jika Anda sudah memasukkan data sesuai kriteria yang disyaratkan dari penyedia kredit tersebut. Jika belum sebaiknya ulangi input data sesuai dengan kriteria yang disyaratkan penyedia kredit.

Percobaan Simulasi Kredit Untuk Mobil Baru

Jika sudah memastikan semua hal di atas Anda isi dengan benar, selanjutnya adalah saatnya melakukan simulasi kredit. Percobaan simulasi kredit kali ini adalah dengan menggunakan tenor 6 tahun. Dimisalkan harga mobil adalah Rp.250.000.000. Uang muka sebesar 30% dari total harga mobil. Bunga pinjaman diasumsikan 4,8% pertahun. Dengan biaya asuransi sebesar 6% dan provisi sebesar 0.5%. Maka angsuran yang harus dibayarkan tiap bulan adalah Rp.3.130.555,56.

Beberapa hal di atas adalah hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan simulasi kredit mobil baru 6 tahun. Hasil besar cicilan simulasi bergantung akan beberapa hal seperti uang muka, bunga, serta harga mobil. Biaya lain-lain juga menjadi salah satu hal yang mempengaruhi hasil simulasi kredit. Jadi jangan heran jika tiap penyedia kredit memiliki hasil simulasi yang berbeda untuk harga mobil dan tenor yang sama.