27 November 2017 00:00

Hukum Kredit dalam Islam

DISITU

49.hukum kredit dalam islam untuk cari dana pinjaman

Kebutuhan hidup yang semakin banyak membuat orang harus berpikir keras. Dengan mengusahakan bekerja dengan keras dan mengurangi pengeluaran yang ada. Namun bagaimana dengan kebutuhan yang mendesak? Tentunya mereka di tuntut mencari pinjaman uang atau pinjaman uang non bank untuk memenuhi kebutuhannya. Misalnya saja seperti moda transportasi mobil dan motor. Biasanya orang-orang akan mencari kredit untuk bisa mendapatkan barang ini, namun sebenarnya apakah di perbolehkan kredit dalam islam? berikut informasinya

Pengertian kredit

Kredit merupakan salah satu fasilitas keuangan yang memungkinkan seseorang atau satu badan usaha untuk meminjam uang atau membeli produk barang. Kemudian nasabah yang meminjam uang tersebut harus membayarkan uang kembali dalam jangka waktu yang sudah di sepakati. Dalam UU No.10 Tahun 1998 menyebutkan kredit adalah “penyedia uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi utangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga”.

Syarat Kredit

Karakter

Sebelum mengajukan kredit kepada lembaga keuangan, seorang calon penerima kredit harus melengkapi syarat-syarat yang sudah di tentukan. Misalnya biodata diri, identitas resmi dan lain sebagainya. Setelah syarat di selesaikan pihak pemberi hutang akan menyeleksi terlebih dahulu, mereka perlu meneliti apakah calon penerima dana masuk dalam daftar orang tercela atau tidak. Mereka juga perlu mengetahui berapa pendapatan bulanan calon penerima dana agar nantikan pembayaran kredit berjalan dengan lancar.

Kapasitas

Kapasitas merupakan kemampuan seorang penerima dana dalam pengembalian dana yang di pinjam. Pihak pemberi dana akan mengukur seberapa mampu calon penerima dana. Ukuran ini dapat di nilai dari bidang manajemen, keuangan dan pemasaran.

 Modal

Modal dapat di ketahui dari melihat bagaimana modal yang di tanam oleh calon penerima dana terhadap usahanya. Jika calon penerima dana memiliki banyak modal yang ditanamkan pada usahanya. Maka pihak pemberi dana akan memandang bahwa calon penerima dana serius dalam menjalankan usahanya tersebut.

Jaminan

Setiap seseorang mencari pinjaman uang atau pinjaman uang bank tentunya selalu ditanyakan tentang jaminan. Jaminan memang sangat penting untuk berjaga-jaga bila calon penerima dana tidak dapat mengembalikan dana yang dipinjamnya. Biasanya nilai dari jaminan harus lebih tinggi dari jumlah dana yang dipinjamkan.

Kondisi ekonomi

Pihak pemberi pinjaman dana juga akan mempertimbangkan perekonomian sekitar tempat tinggal calon penerima dana untuk mempertimbangkan kondisi ekonomi kedepannya. Kondisi yang diperhatikan adalah masalah daya beli masyarakat, luas pasar, perkembangan teknologi, persaingan, pasar modal dan lain sebagainya.

Hukum Kredit dalam Islam

Kredit dalam islam sebenarnya di perbolehkan asal terjadi kesepakatan atau akad dari calon penerima dana dengan pihak pemberi dana. Dalam akad tersebut pihak penerima pinjaman dana akan memberikan imbalan kepada pihak pemberi dana yang diperoleh dari revenue usaha dengan jumlah yang telah disepakati sebelumnya. Kredit dari bank syariah biasanya tidak melakukan sistem riba dari pinjaman yang memang di haramkan dalam islam. Pihak pemberi pinjaman akan menerapkan akad, di mana mereka akan membelikan barang yang pihak penerima dana inginkan kemudian mereka jual kembali. Sistem ini seperti dengan sistem jual beli sehingga keuntungan dari jual beli tersebut halal karena bukan riba.

Sebagai contoh pak budi ingin membeli mobil dengan harga 100 juta. Kemudian dari pihak lembaga pemberi bantuan dana akan membeli mobil yang diinginkan pak budi secara kontan 100 juta dan di jual kembali pada pak budi senilai 120 juta. Maka pak budi harus membayar 120 juta yang di cicil dalam jangka waktu tertentu.

ALIF Lembaga Kredit Syariah

Salah satu lembaga pemberi pinjaman uang atau pinjaman uang non bank yang halal adalah ALIF. ALIF adalah PT Al Ijarah Indonesia Finance atau ALIF cicilan Syariah. Dimana ALIF adalah sebuah perusahaan keuangan yang berbasis syariah.  Pendiriannya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan keuangan masyarakat di Indonesia. PT Al Ijarah Indonesia Finance mulai berdiri sejak bulan Desember tahun 2006 di Jakarta. Dan mulai beroperasi pada tanggal 27 Agustus 2007.

Bagi anda yang sedang mencari pinjaman uang syariah anda dapat mengunjungi DISITU.COM. karena DISITU telah bekerja salah dengan lembaga kredit syariah ALIF yang tentunya telah professional di bidangnya.

Ajukan proposal pinjaman dana online atau pinjaman dana langsung. Tentunya dengan melihat bunga yang tidak terlalu memberatkan, Jangan khawatir dan jangan pernah ragu. DISITU siap menyelesaikan permasalahan keuangan Anda.Manfaatkan segera kredit multiguna DISITU, dan segera ajukan pinjaman kredit Anda secara online melalui www.disitu.com. Dapatkan pinjaman dana tunai dengan proses yang cepat dan mudah. 

Cari Kredit? DISITU Pilihanmu