avatardisplay_general
DISITU
20 Oct 2018

Ingin Gadai Sertifikat Rumah Tangerang, Pahami Ini

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180920/Ingin%20Gadai%20Sertifikat%20Rumah%20Tangerang,%20Pahami%20Ini.jpg

Saat seorang pemula masuk ke dunia pegadaian, ia harus siap memahami semua prosedur gadai yang tersedia. Prosedur tersebut jumlahnya bukan hanya 1-2 poin. Melainkan ada seperangkat peraturan di dalamnya. Belum lagi dengan banyaknya istilah di pegadaian yang jarang digunakan di kehidupan sehari-hari. Apakah Anda seorang pemula dalam hal gadai, utamanya gadai sertifikat rumah Tangerang? Gadai sertifikat rumah merupakan transaksi yang besar. Anda tidak boleh melewatkan satu pun prosedur gadai karena besarnya risiko. Salah satu prosedur yang harus dipahami adalah prosedur kerja. Anda perlu memahami bagaimana normalnya sebuah pegadaian bekerja. Dan berikut ini kami mengumpulkan informasinya untuk Anda.

Hal-Hal Yang Yang Perlu Dipahami Sebelum Gadai Sertifikat Rumah Tangerang

Untuk menyepakati satu transaksi saja, pegadaian harus melewati banyak langkah. Ini dilakukan untuk menjaga agar transaksi tidak lemah secara hukum. Sekaligus secara bersamaan, pegadaian berusaha menjaga keamanan dan kepercayaan Anda. Hal yang perlu dipahami adalah sebagai berikut :

Gadai Tangerang

 1. Program Yang Ditawarkan

Saat Anda masuk ke kantor pegadaian, Anda akan langsung ditemui seorang front liner. Orang ini akan memberi Anda arahan mengenai program-program yang ditawarkan pegadaian. Saat berinteraksi dengan front-liner, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya. Front-liner pegadaian selalu siap menjawab pertanyaan Anda.

Gadai Tangerang

 2. Istilah Gadai Yang Kurang Dipahami Dan Alur Pendaftaran

Ada banyak istilah yang hanya digunakan dalam pegadaian. Seorang pemula pasti kebingungan saat mendengar berbagai istilah ini disebut dalam transaksi. Seorang pelayan pegadaian yang baik akan berusaha menerangkan berbagai istilah tersebut ke dalam bahasa yang dipahami nasabah. Dengan demikian, nasabah dapat memahami alur transaksi dengan mudah sehingga intensitas kesalahpahaman pun akan rendah.

Gadai Tangerang

Setelah memahami berbagai istilah pegadaian, pelayan pegadaian akan menjelaskan tentang alur pendaftaran program yang dipilih. Alur tersebut meliputi syarat-syarat dokumen yang harus dikumpulkan, mekanisme pelaksanaan program, dan proses pelunasan. Di tahap ini, nasabah harus benar-benar paham. Supaya tidak ada komplain saat nantinya alur ini diterapkan.

3. Penghitungan Harga Jaminan

Petugas pegadaian wajib memiliki kemampuan analisis harga penjaminan yang tepat. Analisa yang diambil seoptimal mungkin dilandaskan pada nilai real benda yang digadaikan. Di sinilah, prinsip adil pegadaian berperan. Pantang sebuah pegadaian menaksir jumlah harga jaminan di bawah harga yang layak. Karena itu berarti merugikan nasabah.

Gadai Tangerang

4. Proses Home Survey Dan Seleksi

Sebelum pengajuan gadai Anda disepakati, pegadaian akan melakukan survey. Jika transaksi Anda adalah gadai sertifikat rumah Tangerang, maka petugas pegadaian akan datang ke Tangerang untuk mengecek rumah Anda. Dalam pengecekan ini, poin-poin yang dicek meliputi validitas data yang diberikan, kemampuan likuidasi, dan kapasitas Anda membayar. Berdasarkan hasil kroscek inilah pegadaian akan menentukan. Apakah pengajuan gadai Anda layak atau tidak diterima.

Setelah melakukan semua alur seleksi – seleksi administrasi hingga survey – pegadaian akan mempertimbangkan pengajuan gadai Anda. Dalam proses seleksi ini, dipertimbangkan pula nilai jual rumah Anda dibanding kemampuan likuiditas pegadaian. Di tahap ini Anda tidak dapat melakukan apapun kecuali menunggu hasil seleksi. Begitu hasil seleksi ke luar, Anda akan dihubungi via telpon oleh pihak pegadaian.

Gadai Tangerang

 5. Menyiapkan Penandatanganan Kesepakatan

Jika pengajuan gadai Anda diterima, pegadaian akan menyiapkan kontrak berisikan perjanjian selama proses gadai berlangsung. Di tahap ini, Anda akan diminta memenuhi syarat-syarat legal yang ditetapkan pegadaian. Setelah terjadi penandatanganan, Anda tidak boleh melanggar syarat-syarat yang telah Anda sepakati. Jika terjadi pelanggaran, maka perjanjian dianggap batal. Dan Anda akan diminta mengembalikan uang penjaminan yang telah diterima