avatardisplay_general
DISITU
06 Oct 2018

6 Manfaat Asuransi yang Jarang Diketahui

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181006/Selain%20Investasi,%20Ini%206%20Keuntungan%20Lain%20Asuransi%20yang%20Jarang%20Diketahui.jpg

Mudahnya membuat asuransi saat ini nyatanya tidak sebanding dengan kesadaran untuk memilikinya. Dianggap hanya investasi biasa banyak masyarakat masih enggan untuk melindungi diri, keluarga, dan aset yang dimiliki dengan asuransi.

Padahal jika dilihat lebih dalam lagi, ada banyak sekali manfaat asuransi yang sering kali luput dan tidak disadari. Apa saja manfaat asuransi  bagi masyarakat yang harus diketahui? Berikut ulasannya:

  1. Menghindari Risiko Kebangkrutan

Asuransi

Alasan yang satu ini mungkin terasa tidak masuk akal. Bagaimana bisa asuransi mampu membuat seseorang terhindar dari kebangkrutan? Tentu bisa. Dengan memberikan asuransi pada aset seperti bangunan usaha, Anda berarti sudah melindungi bisnis dari risiko seperti kebakaran atau pengerusakan. Coba bayangkan jika bangunan usaha dengan semua barang di dalamnya habis dilalap si jago merah. Tentu perlu biaya sangat banyak untuk membangun kembali. Kondisi tersebut akan semakin sulit jika ternyata Anda tidak memiliki tabungan atau cadangan dana. Tanpa perlindungan, besar kemungkinan Anda akan bangkrut. Karena itu ada baiknya memikirkan mulai sekarang tentang keuntungan asuransi ini karena tidak selamanya

 

  1. Mengurangi Beban Pikiran

Asuransi

Bagi Anda yang memiliki kendaraan seperti mobil tentu akan sangat berhati-hati saat mengendarainya agar tidak mengalami kecelakaan. Namun sekalipun sudah berhati-hati tetap saja nasib buruk bisa datang sesekali. Jika tidak memiliki asuransi mobil, kerusakan pada kendaraan Anda tentu akan memberikan dampak finansial yang cukup besar. Tapi beda halnya jika Anda sudah memberikan perlindungan pada kendaraan. Anda akan lebih tenang dalam berkendara, tidak perlu panik, dan tidak khawatir saat meninggalkan kendaraan di rumah dalam waktu lama.

 

  1. Membantu Perbaikan Ekonomi Nasional

Asuransi

Selain bermanfaat untuk diri sendiri, asuransi juga berperan penting dalam membantu meningkatkan perekonomian Indonesia. Semakin banyak orang berasuransi maka investasi dan perputaran uang semakin besar sehingga dapat membantu perbaikan ekonomi. Jadi dengan memiliki asuransi Anda juga turut membantu negeri ini loh.

 

  1. Mengurangi Risiko Beban Pihak Ketiga

Asuransi

Tidak hanya mampu melindungi diri Anda, manfaat asuransi lainnya adalah turut melindungi pihak ketiga dari kerugian yang mungkin dialami. Sebagai contoh jika suatu waktu Anda mengalami kecelakaan yang melibatkan orang lain, maka tidak perlu panik harus menanggung biaya pengobatan pihak ketiga. Dengan memiliki asuransi baik biaya pengobatan Anda maupun pihak ketiga seluruhnya sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi.

 

  1. Mengatasi Penurunan Harga

Asuransi

Khusus untuk asuransi kendaraan seperti asuransi mobil, manfaat penting yang harus Anda sadari adalah asuransi dapat mengatasi penurunan harga kendaraan. Hal ini jelas sangat penting sebab semakin tua usia kendaraan maka harganya juga akan semakin turun. Tapi tidak perlu khawatir karena dengan memberikan perlindungan, pihak asuransi akan menjamin penggantian bagian mobil yang mengalami penurunan harga.

 

  1. Bonus di Masa Tua

Asuransi

Seiring bertambahnya usia tentu kesehatan akan menurun sehingga tidak mampu lagi bekerja atau pensiun. Jika Anda pensiun di usia yang sudah seharusnya dan diberikan tunjangan dari pekerjaan, mungkin pembiayaan kehidupan tidak terlalu sulit. Tapi apa jadinya jika pensiun sebelum waktunya dan tidak memiliki tunjangan apapun? Tentu keluarga akan ikut kesulitan. Karena itu dengan memiliki asuransi Anda secara tidak langsung telah memberikan sedikit ketenangan hidup tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga keluarga. Terlebih jika Anda adalah seorang kepala keluarga, memikirkan masa depan keluarga terlebih anak menjadi hal yang sangat penting.