30 May 2018 00:00

Ini Cara Penghitungan Bunga Kredit Mobil Baru Dan Simulasinya

DISITU

 Layanan Pengganti BI Checking SLIK OJK Gini Cara Mudah Menggunakannya.jpg

Mempunyai mobil baru, tentu saja menjadi sebuah keinginan dari sebagian besar orang, mengingat mobil memberikan kenyamanan dan keamanan yang lebih jika dibandingkan dengan sepeda motor. Dan untuk memiliki mobil baru sekarang ini sudah sangat mudah mengingat bisa dilakukan secara kredit, dengan demikian untuk Anda yang tidak memiliki uang cash yang cukup, maka bisa terbantu. Sekarang ini juga sudah terdapat banyak leasing maupun bank yang mana menawarkan produk seperti kredit mobil sekaligus informasi mengenai bunga kredit mobil baru beserta simulasi kreditnya. Dengan demikian Anda dapat memperkirakan dan menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan Anda, dengan demikian Anda bisa mendapatkan mobil sesuai dengan kebutuhan dan tidak memberatkan Anda di kedepannya nanti. Sebelum Anda membeli mobil baru secara kredit, maka ada baiknya jika Anda memperhatikan beberapa hal seperti tarif bunga dari leasing ataupun bank, kemudian tarif asuransi, biaya administrasi, jangka waktu kredit mobil dan juga besaran uang dp serta cicilannya. Selain itu Anda juga perlu memperhatikan simulasi kredit mobilnya, dan berikut ini adalah cara penghitungannya:

Menghitung Uang Dp Bunga Kredit Mobil Baru

Yang pertama adalah dalam menentukan uang dp, jika Anda menginginkan mobil  dengan harga 200 jutaan, kemudian untuk uang dp yang ditentukan oleh pihak leasing sebesar 20%, maka untuk angka yang didapatkan untuk Anda bayarkan di muka adalah Rp 40 juta. Kemudian untuk tarif uang dp sendiri biasanya terdapat jumlah minimal yang mana sudah ditentukan pihak leasing ataupun bank, dan besaran 20% tersebu merupakan jumlah umum minimal yang mana biasa ditawarkan. Untuk detail penghitungannya sendiri adalah 20% dikalikan harga mobil, jadi 20% x 200 juta = 40 juta.

Menghitung Pokok Kredit

Kemudian yang kedua adalah menentukan pokok kredit, setelah Anda menentukan uang dp mobil tersebut, maka Anda perlu menghitung pokok kredit atau bisa dibilang sisa kredit yang mana harus dibayarkan. Untuk rumusnya sendiri adalah PK = harga mobil – dp. Jadi 200 juta - 40 juta = 160 juta.

Menghitung Tarif Bunga Kredit

Lalu yang ketiga adalah menghitung tarif bunga kredit mobil baru, hal ini memang sangat penting untuk diperhatikan. Caranya sendiri adalah dengan mengalikan pokok kredit dan juga persenan dari tarif bunga yang mana ditentukan berdasarkan jangka waktu yang sudah ditentukan. Dan rumusnya sendiri adalah tarif bunga = pokok kredit X tarif bunga dalam persen. Jadi jika Anda mengambil jangka waktu angsuran selama 3 tahun, maka untuk persenan dari tarif bunga biasanya adalah 8%. Jadi 160 juta x 8% = 12,8 juta. 12,8 juta tersebut kemudian Anda kalikan selama 3 tahun, maka menghasilkan 38,4 juta.

Menghitung Besaran Cicilan Perbulan

Selanjutnya menentukan besaran cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya, untuk penghitungannya sendiri adalah pokok kredit ditambahkan tarif bunga kemudian dibagi jangka waktu kredit. Dengan demikian 160 juta ditambah 38,4 juta dibagi 3 tahun sehingga menghasilkan 5.551.200. Jadi untuk perbulannya, Anda harus membayarkan sebanyak Rp 5.551.200,-

Menghitung Tarif Asuransi Dan Administrasi

https://image.cermati.com/q_70/v1433411275/kftp7sqycvqunaz6yoe0.jpg

Selain itu Anda juga perlu untuk menentukan tarif asuransi dan juga biaya administrasi, hal ini juga jangan sampai Anda lupakan. Untuk rumusnya sendiri adalah 9,5% dari tarif asuransi untuk 3 tahun dikalikan harga mobil yaitu 9,5% X 200 juta = 19 juta. Kemudian untuk biaya administrasi, jika Anda mengajukan jangka waktu 3 tahun, maka biasanya berkisar 550 juta. Dengan demikian untuk total yang harus Anda persiapkan untuk pembayaran pertama dari kredit mobil adalah uang dp + cicilan di bulan pertama + tarif asuransi + biaya administrasi sehingga jika dimasukan ke dalam angka adalah 40 juta + 5.511.200 + 19 juta + 550 ribu = Rp 65.061.200,-.

Jadi jika Anda ingin membeli mobil baru secara kredit, maka bisa menggunakan jasa pembiayaan mobil seperti Disitu.com.