avatardisplay_general
DISITU
05 Oct 2018

Ini Dia, 10 Pilihan Asuransi di Indonesia

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181005/Ini%20Dia,%2010%20Pilihan%20Asuransi%20di%20Indonesia.jpg

Banyak sekali kejadian tidak terduga yang bisa terjadi dalam kehidupan manusia. Tidak selalu baik, beberapa hal kurang menyenangkan juga bisa terjadi seperti sakit atau kecelakaan.

Kejadian kurang menyenangkan tersebut tentu sedikit banyak akan membawa dampak atau kerugian pada Anda dan keluarga khususnya di bidang finansial. Karena itulah diperlukan adanya perlindungan agar Anda terhindar dari kerugian secara finansial tersebut. Cara tepat yang bisa Anda lakukan adalah dengan membeli asuransi.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), asuransi adalah perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan untuk memberikan penggantian kepada tertanggung atau pemegang polis atas dampak dari peristiwa yang tidak pasti.

Dengan pengertian tersebut sudah pasti membeli asuransi akan memberi Anda banyak keuntungan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Namun tidak semua asuransi sama. Ada beberapa jenis asuransi yang ada di Indonesia sesuai dengan tujuannya. Apa saja? Berikut ulasan selengkapnya:

 

  1. Asuransi Jiwa

Asuransi

Jenis asuransi yang pertama adalah asuransi jiwa. Sesuai dengan namanya asuransi jenis ini akan memberikan keuntungan secara finansial pada nama tertanggung atas kematiannya. Klaim atas kematian pun bisa diberikan setelah nama tertanggung meninggal atau sebelum meninggal dunia tergantung pada perusahaan asuransi.

Tidak hanya membeli untuk diri sendiri, Anda bahkan bisa membeli asuransi jenis ini atas kehidupan orang lain. Sebagai contoh seorang istri bisa membeli asuransi jiwa yang akan memberikan klaim apabila sang suami meninggal dunia.

 

  1. Asuransi Kesehatan

Asuransi

Bentuk asuransi yang satu ini memang menjadi asuransi favorit mayoritas masyarakat di Indonesia. Dengan asuransi jenis ini seseorang akan mendapat jaminan atas biaya pengobatan di rumah sakit atau jika meninggal akibat kecelakaan. Asuransi jenis ini bisa dibeli untuk melindungi Anda sendiri atau kepentingan orang lain. Selain itu tidak hanya berlaku di dalam negeri, beberapa jenis asuransi kesehatan bahkan bisa Anda gunakan jika terpaksa dirawat atau perlu pengobatan saat sedang di luar negeri. Beberapa jenis perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi ini adalah AIA, Alianz, Cigna, Prudential, dan Manulife.

 

  1. Asuransi Pendidikan

Asuransi

Bagi orang tua, produk asuransi yang satu ini merupakan  favorit saat hendak membeli asuransi. Produk asuransi pendidikan sering diambil oleh para orang tua mengingat biaya pendidikan semakin mahal dan sebagai investasi di masa mendatang agar keberlangsungan pendidikan sang anak dapat terjamin. Hal tersebut tidak salah sebab Anda bisa mendapatkan klaim sesuai dengan tingkat pendidikan anak yang diinginkan seperti jenjang TK-Universitas.

 

  1. Asuransi Kendaraan

Asuransi

Pernah mengalami mobil Anda sengaja atau tidak tertabrak kendaraan lain atau tergores? Hal itu tentu sangat menjengkelkan dan memerlukan banyak biaya untuk memperbaikinya. Namun berbeda jika Anda telah memiliki asuransi kendaraan sebelumnya. Dengan asuransi kendaraan seperti asuransi mobil atau asuransi motor, Anda bisa mendapatkan klaim atas kerusakan bahkan kehilangan kendaraan.

 

  1. Asuransi Bisnis

Asuransi

Tidak hanya untuk barang, bisnis juga bisa menjadi sesuatu yang Anda lindungi dengan asuransi. Bagi para pengusaha jenis asuransi ini sangat penting karena dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan maupun kehilangan akibat bencana alam, tabrakan, maupun kerusuhan pada suatu perusahaan.

 

  1. Asuransi Perjalanan

Asuransi

Anda sering melakukan perjalanan jauh? Jenis asuransi yang satu ini berarti wajib Anda miliki. Saat pergi jauh terutama dengan moda transportasi seperti pesawat, membeli asuransi perjalanan akan sangat berguna untuk memberikan perlindungan jika terjadi kecelakaan, barang rusak atau hilang, evakuasi medis, dan lainnya.

 

  1. Asuransi Kelautan

Asuransi

Jenis asuransi yang satu ini mungkin belum familiar, namun asuransi kelautan sangat penting untuk memberikan proteksi terhadap penumpang, kerusakan kapal, maupun kerusakan kargo (bawaan) penumpang.
 

  1. Asuransi Kredit

Asuransi

Selain perlindungan pada perseorangan, asuransi juga memiliki produk yang ditujukan untuk bank. Asuransi ini akan memberikan perlindungan pada bank atau lembaga keuangan lainnya jika kredit yang mereka berikan pada nasabah tidak kembali

 

  1. Asuransi Rumah dan Properti

Asuransi

Properti seperti rumah tentu menjadi aset yang begitu berharga bagi banyak orang. Karena itu tidak mengherankan saat ini banyak sekali yang turut membeli asuransi khusus properti untuk melindungi aset mereka. Dengan memberikan rumah Anda asuransi, maka pihak perusahaan asuransi dapat memberikan perlindungan apabila terjadi kerusakan seperti kebakaran.

 

  1. Asuransi Umum

Asuransi

Asuransi jenis ini merupakan asuransi yang akan memberikan perlindungan dengan manfaat dan tanggung jawab yang dibebankan pada pihak ketiga. Namun untuk masa asuransi ini terbilang singkat hanya sekitar satu tahun. Beberapa jenis asuransi umum adalah sosial insurance, asuransi yang diwajibkan sebagai jaminan/ tabungan di masa tua dan biasanya premi dibayarkan melalui gaji yang dipotong. Sementara jenis lainnya adalah volunteer insurence atau asuransi yang dilakukan secara sukarela oleh pemiliknya