avatardisplay_general
DISITU
24 Sep 2018

Ini Dia Cara Pengajuan Kredit Mobil Baru Innova

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180924/Ini%20Dia%20Cara%20Pengajuan%20Kredit%20Mobil%20Baru%20Innova.jpg

Indonesia mengalami peningkatan kebutuhan dan daya beli pada barang mewah yang berupa mobil Innova. Seiring perkembangan tersebut, tentu ini menjadi kesempatan berharga bagi para lembaga keuangan untuk mengambil banyak keuntungan. Mereka berlomba menawarkan jasa pembiayaan mobil baik tunai maupun kredit. Tentu saja ini merupakan tawaran menggiurkan bagi masyarakat kelas menengah yang memiliki impian memiliki mobil baru Innova. Namun, sebelum memutuskan melakukan kredit mobil baru Innova, pastinya Anda harus mengetahui tata cara pengajuan kredit mobil terlebih dahulu. Hal ini untuk membantu Anda dalam melakukan transaksi kredit mobil secara aman.

Cara Pengajuan Kredit Mobil

Untuk melakukan kredit mobil Innova, tentu saja Anda harus memahami tata cara pengajuannya dan semua informasi seputar kredit mobil tersebut. Mulai dari dealer tujuan, dokumen yang dibutuhkan, uang muka, suku bunga dan sebagainya. Tentu saja ini membutuhkan pertimbangan yang matang. Terutama berkaitan dengan kemampuan finansial Anda. Berikut Tata cara pengajuan kredit mobil baru Innova :

Kredit Mobil

1. Hubungi Dealer Mobil Terdekat

Langkah pertama dalam pengajuan kredit mobil adalah dengan menghubungi langsung dealer mobil terdekat di daerah Anda. Jangan ragu untuk bertanya detail seputar kredit mobil di dealer tersebut. Selain itu, Anda juga bisa membandingkan antara dealer satu dengan yang lainnya. Pastikan anda memilih dealer yang menerapkan uang muka bersaing dengan suku bunga ringan. Serta jangka waktu yang cukup. Semakin banyak informasi yang didapat, maka semakin mudah Anda menentukan pilihan.

Kredit Mobil

2. Jangan Segan Untuk Konsultasi

Keterbukaan antara pihak memang sangat dibutuhkan. Hal ini untuk memperlancar proses transaksi yang akan dijalankan. Jangan pernah segan untuk konsultasi dengan pihak dealer mobil. Terutama seputar uang muka, besar dan jangka waktu angsuran, suku bunga, dan masa kredit.

Pastikan Anda benar-benar memahami perhitungan beberapa hal tersebut. Adanya konsultasi kredit bertujuan untuk menghindari masalah kredit macet yang kerap terjadi. Padahal ini sangat merugikan pihak dealer. Karena akan merepotkan mereka untuk memenuhi target perusahaan.

Kredit Mobil

3. Uang Muka

Kebijakan uang muka pembiayaan kredit telah diatur dalam peraturan Bank Indonesia. Yakni uang muka kredit mobil yang harus dibayar kisaran 20% hingga 25% dari harga. Uang muka tersebut belum termasuk biaya administrasi, bunga kredit serta biaya lainnya. Serta dibayar sebelum kredit berjalan. Besarnya uang muka mempengaruhi peluang Anda dalam menentukan besar angsuran dan tenor masa kredit.

Kredit Mobil

4. Tentukan Masa Kredit

Pastikan kredit mobil Anda tidak melebihi 4 sampai 5 tahun. Atau lebih tepatnya batas ekonomis mobil Anda. Karena hal tersebut pastinya akan semakin menambah beban Anda dalam melakukan pembiayaan terhadap mobil baru Innova Anda. Karena akan banyak pengeluaran yang harus dikeluarkan untuk perawatan mobil Anda. Belum lagi tanggungan angsuran Anda yang juga belum lunas. Tentu ini sangat memberatkan. Oleh karena itu, tentukan masa kredit mobil baru Innova anda dengan perhitungan yang cermat.

Kredit Mobil

5. Persiapkan Dokumen Yang Dibutuhkan

Sebelum mempersiapkan dokumen, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon nasabah. Yakni nasabah harus WNI dan berdomisili di Indonesia, berusia sekitar 21-60 tahun, dan memiliki penghasilan tetap per bulan. Setelah memenuhi persyaratan tersebut, maka Anda harus mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk transaksi kredit mobil.

Biasanya dokumen tersebut meliputi Kartu identitas (KTP/SIM/Paspor), Kartu Keluarga, Rekening listrik atau Bukti Pajak Bangunan, Slip gaji dan sebagainya. Sedangkan bagi pengusaha harus menyertakan dokumen Akta pendirian perusahaan dan keterangan Izin Praktek bagi profesional. Serta tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir dan NPWP jika ada.