avatardisplay_general
DISITU
02 May 2018

Ini Wajib Kamu Tau!Sebelum Membeli Asuransi Unit Link

https://disituapi.azureedge.net/artikel/754 Ini Wajib Kamu Tau Sebelum Membeli Asuransi.jpg

Asuransi unit link dikenal memiliki dua keuntungan, baik untuk proteksi maupun investasi. Fitur tersebut yang kemudian menjadi daya tarik bagi yang sedang mencari asuransi. Menariknya lagi, fitur tersebut bahkan tidak bisa didapatkan dari jenis asuransi lainnya. Karena itu, beberapa perusahaan asuransi sering memanfaatkan kelebihan dari adanya fitur tersebut dalam menawarkan asuransi. Bagi Anda yang masih baru dalam dunia asuransi, mungkin ada pertanyaan mendasar, seperti apakah yang dimaksud dengan asuransi unit link? Apa bedanya dengan jenis asuransi lainnya? Uraian berikut ini akan menyampaikan penjelasannya kepada Anda.

Unit Link: Satu Asuransi untuk Dua Manfaat Sekaligus

Seperti yang telah sedikit diterangkan di atas, asuransi unit link merupakan gabungan dua manfaat produk asuransi, yaitu proteksi dan investasi. Dana yang disetorkan untuk asuransi ini lalu diubah dalam bentuk premi. Jadi, premi yang dibayarkan tersebut akan dialokasikan ke dua setoran, yaitu premi untuk proteksi asuransi dan dana investasi ke beberapa instrumen investasi, seperti reksa dana. Keuntungannya, di satu sisi, asuransi unit link memberikan fasilitas proteksi dan di sisi lain asuransi ini juga memberikan layanan investasi. Dalam praktiknya, uang premi yang dibayarkan akan dialokasikan ke dalam dua pos tersebut.

Pemegang polis akan diberikan keleluasaan untuk memilih pos mana yang akan digunakan sebagai tempat investasinya sesuai dengan profil risiko dan rencana keuangan yang dibuat. Misalnya, pemegang polis bisa menempatkan investasinya di reksa dana campuran, reksa dana saham, pasar uang, ataupun reksa dana pendapatan tetap. Pahami dengan baik keuntungan dan risiko yang ada dalam produk ini dengan baik.

Kadang kala sales yang mendatangi kita atau informasi yang kita dapatkan melalui brosur kurang lengkap. Oleh karena itu, tulisan ini kita akan membahas berbagai kemungkinan yang bisa timbul dari asuransi unit link, termasuk untung ruginya.

Keuntungan dan Kerugian Asuransi Unit Link

Agar lebih mudah memahami keuntungan dan kerugian asuransi unit link, ada dua hal yang harus dibandingkan. Terhadap asuransi murni, kita bisa membuat perbandingan untuk melihat sisi proteksinya. Sementara terhadap investasi murni, kita bisa membuat perbandingan untuk melihat sisi imbal balik (return) hasil investasi yang ditawarkan asuransi unit link tersebut.

1. Dari Sisi Proteksi

Sekilas, kalau dilihat dari segi proteksi yang dimiliki kedua jenis asuransi tersebut, baik unit link maupun asuransi murni, tampaknya sama saja. Ada berbagai macam fasilitas proteksi yang ditawarkan dengan ketentuannya masing-masing. Namun, jika diamati lebih jeli, proteksi dan manfaat yang diberikan asuransi murni lebih besar. Selain itu, premi untuk asuransi jiwa murni juga lebih murah dibandingkan unit link.

2. Dari Sisi Investasi

Jika dilihat dari segi hasil investasi yang ditawarkan, asuransi jenis unit link jelas tidak sebagus dengan investasi murni. Akan tetapi, karena menjalankan investasi murni memerlukan kepiawaian tersendiri, melalui unit link, kita tidak usah repot-repot mempelajari banyak detail untuk berinvestasi. Satu poin lagi yang sering menjadi pertimbangan banyak orang dalam memilih unit link adalah kemudahan asuransi sekaligus investasi dalam satu produk. Hal inilah yang banyak dijadikan senjata perusahaan asuransi untuk menawarkan produk unit link ini.

3. Masa Berlaku Polis

Keuntungan lain dari asuransi unit link adalah tidak adanya masa hangus untuk premi yang dibayarkan meskipun tidak ada klaim. Uang yang dibayarkan akan tetap utuh dan tersimpan dengan baik di perusahaan tersebut. Hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan asuransi murni. Di mana premi akan hangus kalau tidak melakukan klaim.

Selain itu, jika Anda mengambil produk unit link, asuransi jiwa yang berlaku bisa sampai seumur hidup dan ini tergolong lebih lama serta menguntungkan dibandingkan asuransi jiwa murni. Asuransi unit link juga sudah bisa melindungi nasabah untuk segala jenis asuransi tambahan, seperti biaya rawat inap di rumah sakit, kecelakaan, cacat tetap, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dengan unit link, Anda tidak perlu repot-repot lagi mencari asuransi tambahan untuk mendapatkan proteksi maksimal.

Itulah sekilas tentang keuntungan dan kerugian asuransi unit link yang layak menjadi pertimbangan sebelum membeli polis asuransi unit link. Mengingat pentingnya memiliki pengetahuan tentang fitur-fitur dan pemahaman secara umum mengenai asuransi unit link, uraian di bawah ini akan menuntun Anda untuk melakukan perbandingan antara asuransi unit link dan produk investasi murni beserta asuransi murni.

Pahami Produk Dengan Baik Ketika Unit Link Sudah Menjadi Pilihan

Dalam prosesnya, unit link cenderung lebih mengedepankan sisi investasi saat pemasaran walaupun inti bisnis utamanya sebenarnya adalah asuransi. Hal tersebut bertujuan untuk menarik calon nasabah sebanyak mungkin. Padahal, di atas tadi sudah disampaikan adanya kemungkinan bahwa unit link tidak sebagus dengan investasi murni. Namun, karena dana dimasukkan ke dalam instrumen investasi pasar modal, masih ada kemungkinan nilai timbal balik investasi yang dihasilkan lebih bagus kalau dibandingkan dengan tabungan atau deposito.

Di sini unit link cenderung menjadi jembatan bagi orang yang tidak pandai berinvestasi, tetapi menginginkan proteksi dalam satu produk. Perlu diingat bahwa risiko akibat ruginya investasi menjadi tanggung jawab nasabah sendiri. Perusahaan hanya menghantarkan uang Anda agar bisa digunakan lebih maksimal. Dan sejauh ini tidak ada namanya jaminan investasi berhasil 100%. Investasi di unit link sangat bergantung pada fluktuasi pasar modal. Ketika pasar modal turun, nilai unit link secara otomatis juga akan turun.

Walaupun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena fleksibilitas yang dimiliki unit link. Dengan fleksibilitas tersebut, nasabah masih mempunyai peluang untuk menambah, menarik dana, ataupun mengalihkan dana dengan mudah. Selain itu, adanya fasilitas cuti premi juga menjadi manfaat tersendiri yang bisa Anda gunakan dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Jangan Beli Unit Link Jika Fokus Anda Adalah Investasi Murni

Poin ini adalah penegas dari tujuan Anda ikut unit link. Ingat bahwa investasi yang Anda bayarkan dengan premi asuransi tersebut adalah untuk dua kepentingan sekaligus. Artinya, investasi yang Anda lakukan di unit link tidak semaksimal investasi murni. Sebab investasi di unit link dikelola perusahaan asuransi yang fitur utamanya adalah keperluan proteksi bukan asuransi.

Jika Anda menginginkan investasi yang lebih menguntungkan, terlebih lagi jika alokasi dana terbatas, Anda layak memperhatikan produk-produk investasi murni, seperti saham atau reksa dana. Anda bisa secara langsung bersinggungan dengan fluktuasi pasar modal sekaligus bisa mengontrol situasi tersebut berdasarkan pengamatan dan studi lapangan yang Anda dapatkan. Sementara di unit link Anda tidak akan mendapatkan keuntungan itu. Semuanya hanya tinggal beres tanpa Anda tahu di mana uang diinvestasikan.

Tips Memilih Unit Link Sesuai Dengan Rencana Keuangan

Silakan beli polis di unit link kalau Anda memiliki dana lebih dan ingin mendapatkan proteksi sekaligus bisa mengalokasikan sebagian dana tersebut untuk investasi. Anda harus yakin dengan produk yang akan dipilih mengingat Anda tidak memiliki andil apa pun dalam mengontrol uang yang diinvestasikan.

Jika dibandingkan dengan tabungan dan deposito, unit link lebih menguntungkan untuk berinvestasi. Dan jika dibandingkan dengan investasi murni, unit link sangat tidak disarankan sebagai produk investasi pilihan. Namun, nasabah bisa mendapatkan keuntungan di mana premi asuransi tidak bisa hangus sehingga dapat menarik uang tersebut untuk keperluan lain yang sifatnya sangat mendesak.

Perhatikan juga besarnya premi yang dibayarkan mengingat premi asuransi unit link lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi murni. Anda juga bisa menggunakan premi asuransi sebagai tabungan jangka panjang. Beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan, di antaranya:

  1. Proteksi di unit link sangat lengkap.

  2. Nilai investasi ditentukan fluktuasi pasar modal.

  3. Adanya fleksibilitas untuk menarik, mengalihkan, atau menambah dana investasi di unit link.

  4. Unit link sangat cocok bagi orang yang tidak memiliki keahlian berinvestasi.

Pahami Dengan Baik Lalu Putuskan Sesuai Dengan Rencana Keuangan

Uraian keuntungan dan kerugian membeli polis asuransi unit link di atas bisa menjadi gambaran sebelum memutuskan untuk membeli produk ini. Terlepas dari itu, semua keputusan berada di tangan Anda. Pastikan sebelum mengikuti asuransi unit link, Anda sudah tahu betul tentang kebutuhan dan kemampuan keuangan serta prioritas yang akan dicapai. Yang pasti dengan proteksi asuransi, hidup Anda bisa lebih tenang.

Wirausaha-Sukses