avatardisplay_general
DISITU
24 Oct 2018

Inilah 5 Cara Gadai Emas Yang Paling Untung

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181024/12.jpg

Solusi yang banyak dilakukan untuk mendapatkan uang dengan cara yang mudah dan cepat adalah dengan melakukan penggadaian. Barang yang bisa anda gadaikan adalah barang-barang yang berharga dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Salah satu barang yang biasa digadaikan adalah emas. Emas biasanya digadaikan agar anda bisa mendapatkan uang dengan cepat. Demikian juga emas yang anda gadaikan akan tetap menjadi miliki anda setelah melakukan tembusan. Jika anda akan melakukan gadai emas, sebaiknya lakukan 5 cara gadai emas yang paling untung berikut ini.

1. Gadaikan Emas Sesuai Jumlah Uang Yang Dibutuhkan

Harga Emas

Cara gadai emas yang paling untung yang pertama adalah dengan melakukan gadai emas sesuai jumlah uang yang dibutuhkan. Hal ini tentu tidak akan membuat anda dirugikan bukan? Pasalnya anda akan mendapatkan dana sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan demikian tidak akan ada dana dari hasil penggadaian yang akan anda keluarkan lagi. Selain itu perhatikan harga emas apakah sesuai dengan harga taksiran di penggadaian atau tidak. Jika tidak terlalu jauh beda dengan harga pasaran artinya anda tidak akan dirugikan.

2. Gunakan Tempat Penggadaian Yang Aman

Harga Emas

Cara gadai emas yang paling untung kedua adalah dengan menggunakan tempat penggadaian yang aman. Jika tempat penggadaian yang anda tuju tidak jelas, maka keamanannya akan sangat diragukan. Mungkin saja anda tidak akan diuntungkan melainkan dirugikan. Maka, pandai-pandailah dalam mencari tempat penggadaian emas yang akan anda gunakan. Sebaiknya anda mencari referensi mengenai tempat penggadaian emas kepada yang telah berpengalaman.

 

Baca juga: Tawaran Asuransi Pendidikan Prudential Bagi Anak Muda

 

3. Bedakan Nilai Taksir Dan Nilai Gadai

Harga Emas

Perlu anda ketahui bahwa nilai taksir dan nilai gadai memiliki pengertian yang berbeda. Anda harus mengetahui perbedaan keduanya agar anda tidak salah paham saat melakukan gadai emas. Karena anda akan mendapatkan dana dari harga gadai sesuai dengan jumlah persen yang ditetapkan pihak penggadaian. Sedangkan harga taksiran adalah perkiraan harga barang yang anda gadaikan. Jika harga gadai sebesar 90% dan harga taksiran sebesar Rp 1 juta. Maka anda akan mendapatkan dana dari hasil penggadaian sebesar Rp 850 Ribu.

4. Lakukan Cicilan/Menabung Untuk Membayar Uang Hasil Penggadaian

Harga Emas

Ada baiknya jika anda melakukan cicilan untuk membayar uang hasil penggadaian. Karena dengan melakukan cicilan, anda akan lebih ringan melakukan pembayaran. Namun, jika tidak bisa melakukan cicilan, anda bisa menabung setiap bulannya. Ingatlah anda harus membayar uang penggadaian untuk menebus emas yang anda gadaikan. Jika anda ingin untung, maka lakukan segera pembayaran sebelum jatuh tempo.

5. Catat Waktu Jatuh Tempo

Harga Emas

Cara gadai emas yang paling untung terakhir adalah mencatat waktu jatuh tempo pelunasan uang pinjaman dari penggadaian. Jika anda tidak ingin lupa kapan waktu jatuh tempo pelunasan uang penggadaian. Maka catatlah waktu jatuh tempo agar anda selalu ingat kapan tanggalnya. Biasakan untuk sering mengecek apakah waktu jatuh tempo masih lama atau sudah semakin dekat. Bila anda tidak ingin rugi, maka lakukanlah pelunasan uang pinjaman segera. Hal ini agar emas yang anda gadaikan tidak jatuh ke tangan pemilik penggadaian.

Itulah 5 cara gadai emas yang paling untung yang bisa anda coba. Pilihlah tempat penggadaian yang aman dan terpercaya  agar emas anda terjamin keamanannya. Jangan lupa untuk segera melunasi dana pinjaman dari penggadaian emas yang anda lakukan. Perhatikan jatuh temponya jika anda tidak ingin emas anda menjadi milik orang lain.