avatardisplay_general
DISITU
15 Sep 2018

Inilah Langkah-Langkah Untuk Gadai Motor Wonogiri

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180915/Inilah%20Langkah Langkah%20Untuk%20Gadai%20Motor%20Wonogiri.jpg

Saat ini melakukan pengajuan pinjaman dengan gadai motor sudah menjadi hal yang umum di masyarakat Wonogiri. Untuk mengajukan pinjaman dengan gadai motor Wonogiri tidaklah sulit, bahkan tergolong cepat dan mudah. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 15 menit tergantung pada antrian yang ada. Dengan menggadaikan suatu barang yang bernilai, memang merupakan salah satu cara untuk mendapatkan dana secara instan. Jadi, tak heran jika banyak orang memilih cara ini. Untuk gadai motor di Wonogiri, terdapat langkah-langkah yang harus diperhatikan bagi Anda yang ingin melakukannya. Berikut ini adalah langkah-langkah gadai motor Wonogiri :

1. Datang Ke Kantor Pegadaian Atau Lembaga Keuangan Lainnya

Langkah yang pertama Anda harus lakukan adalah mendatangi kantor pegadaian atau lembaga keuangan lainnya yang terdekat dengan tempat tinggal Anda. Selanjutnya Anda akan disapa oleh petugas keamanan dan juga ditanya keperluan Anda datang ke pegadaian tersebut. Petugas keamanan akan memberikan nomor antrean kepada para nasabah lama. Nasabah lama tersebut biasanya memiliki keperluan seperti mencicil, memperpanjang jangka waktu pinjaman maupun menebus. Sedangkan bagi nasabah yang ingin mengajukan pinjaman baru, maka akan langsung diarahkan masuk dan mengisi formulir gadai barang.

Nasabah diharuskan mengisi formulir barang gadai sesuai dengan data yang diminta pada formulir tersebut. Data-data tersebut meliputi nama, nomor identitas KTP, alamat lengkap, jenis barang gadai, tujuan menggadaikan barang dan nilai pinjaman yang diinginkan.

2. Menyerahkan Formulir Beserta Barang Gadai

Langkah yang selanjutnya adalah menyerahkan formulir yang telah disediakan, setelah itu menyerahkan formulir tersebut pada petugas loket penaksiran barang gadai. Anda juga diharuskan memberikan salinan KTP Anda dan barang yang akan Anda gadaikan. Setelah itu, petugas akan menaksir nilai barang gadai yang nantinya akan berpengaruh pada jumlah dana yang akan cair di tangan Anda.

Setelah proses penaksiran barang gadai selesai, Anda akan dipanggil lalu diinformasikan nilai pinjaman maksimal yang akan Anda terima. Apabila Anda setuju, maka akan dilanjutkan dengan proses pembuatan Surat Bukti Kredit (SBK).

3. Pembuatan SBK

Dalam proses pembuatan SBK, Anda akan diarahkan untuk menunggu di ruang tunggu. Di dalam SBK, akan tercantum informasi meliputi jenis barang gadai, identitas nasabah, nilai pinjaman, nilai taksiran dan tanggal pelelangan barang. Sedangkan pada sisi baliknya, SBK mencantumkan informasi mengenai ketentuan atau perjanjian kredit yang wajib disetujui oleh nasabah.

4. Menerima Pinjaman Secara Tunai

Jika pembuatan SBK telah selesai, langkah selanjutnya adalah menerima pinjaman dana secara tunai. Anda akan dipanggil di loket kasir untuk menerima dana tersebut. Selain itu, Anda akan dijelaskan mengenai tanggal jatuh tempo pelunasan pinjaman dana tersebut. Selanjutnya, petugas loket juga akan memberikan informasi kepada Anda mengenai jumlah dana yang harus Anda  bayarkan.

Untuk pembayaran biaya administrasi, Anda bisa membayar dengan tunai maupun dengan uang pinjaman tersebut. Jika Anda membayar secara tuai, maka uang pinjaman yang akan Anda terima tetap utuh. Sebaliknya, jika Anda menggunakan uang pinjaman, maka dana pinjaman yang Anda terima menjadi tidak utuh. Terakhir, petugas loket akan memberikan SBK kepada Anda selaku nasabah.

5. Simpanlah SBK Dengan Baik

SBK mempunyai fungsi yang begitu penting. Karena itu, Anda dianjurkan untuk menyimpan SBK tersebut dengan baik-baik agar tidak hilang. SBK yang Anda simpan, digunakan untuk pelunasan, mencicil, memperpanjang jangka waktu pinjaman. Jika tidak menggunakan SBK, maka transaksi-transaksi tersebut tidak bisa dilakukan. Jika di kemudian hari kehilangan SBK tersebut, maka nasabah harus membuat surat kehilangan ke kantor polisi terdekat. Surat kehilangan tersebut nantinya akan digunakan untuk pembuatan SBK yang baru.

Diatas adalah ulasan mengenai langkah-langkah gadai motor Wonogiri. Semoga dengan adanya ulasan tersebut Anda bisa lebih berhati-hati untuk melakukan transaksi gadai. Tetaplah berhati-hati agar nantinya tidak terjadi kesalahan yang dapat merugikan diri Anda.