DISITU
08 Jun 2018

Inilah Prosedur Gadai Mobil Banjarmasin Melalui Pegadaian

 Layanan Pengganti BI Checking SLIK OJK Gini Cara Mudah Menggunakannya.jpg

Pegadaian merupakan salah satu lembaga yang memang dibuat untuk membantu mereka yang ingin mencari dana pinjaman melalui cara gadai. Umumnya barang yang saat ini banyak digadaikan adalah mobil dan cara semacam ini banyak kita jumpai di beberapa daerah termasuk Banjarmasin. Ketika Anda ingin melakukan proses gadai, ada beberapa prosedur yang harus dilalui sebelum menerima dana pinjaman yang diinginkan. Dan di bawah ini akan dijelaskan tentang prosedur gadai mobil Banjarmasin melalui pegadaian.

Prosedur Gadai Mobil Banjarmasin Melalui Pegadaian

Inilah beberapa prosedur yang harus Anda ikuti ketika ingin menggadaikan mobil di pegadaian. Diantaranya:

1. Datang Ke Kantor Pegadaian

Prosedur pertama yang harus Anda ikuti ketika ingin menggadaikan mobil di pegadaian adalah dengan mengunjungi salah satu kantor pegadaian. Untuk datang ke kantor pegadaian tidaklah sulit karena umumnya di setiap kota maupun wilayah sudah memiliki kantor cabang masing-masing. Setelah sampai ke kantor, Anda lantas menuju ke meja customer service. Customer service nantinya akan menanyakan apa tujuan Anda datang ke kantor pegadaian. Nah, saat itulah Anda menjelaskan bahwa alasan Anda datang ke kantor tersebut adalah untuk menggadaikan mobil dengan tujuan permohonan pinjaman dana. Setelah Anda menjelaskan maksud dan tujuan, selanjutnya customer service akan memberikan formulir yang harus diisi sesuai data lengkap Anda. Setelah mengisi formulir, kita masuk ke prosedur selanjutnya. Simak di bawah ini.

2. Menyerahkan Berkas Yang Dibutuhkan

Prosedur kedua setelah datang dan mengisi formulir ialah mempersiapkan berkas yang diperlukan dan menyerahkannya ke pihak customer service. Berkas ini antara lain terdiri dari fc. KTP, buku nikah (jika sudah menikah), slip gaji, rekening listrik atau PBB, fc. surat keterangan usaha, fc. tabungan, dan lain sebagainya. Namun untuk lebih jelasnya, Anda bisa menanyakan terlebih dahulu kepada pihak pegadaian ketika melakukan survei. Dengan begitu semua berkas yang Anda butuhkan untuk melakukan gadai mobil akan lengkap. Sebelum menyerahkan berkas yang diperlukan, Anda bisa mengecek kembali untuk memastikan semua berkas tidak ada yang kurang.

3. Menunggu Proses Verifikasi

Setelah menyerahkan berkas yang dibutuhkan kepada customer service, prosedur berikutnya adalah menunggu proses verifikasi data. Proses ini mungkin saja membutuhkan beberapa waktu jadi Anda bisa menunggu di kursi yang sudah disediakan. Setelah semua data yang Anda serahkan selesai di verifikasi, pihak customer service akan memanggil Anda untuk memberikan hasil verifikasi yang sudah dilakukan. Jika proses verifikasi data Anda dinyatakan lengkap, maka pengajuan pinjaman Anda kemungkinan bisa dikabulkan. Namun, sebelum itu masih ada prosedur lain yang harus Anda lakukan. Simak di bawah ini.

4. Survei Barang Jaminan

Setelah proses verifikasi selesai, pihak pegadaian akan melakukan survei barang yang Anda jadikan jaminan. Dalam hal ini barang yang akan dijadikan jaminan adalah mobil. Proses survei bisa dilaksanakan langsung di kantor pegadaian maupun di rumah jika mobil tersebut tidak Anda bawa. Namun, tentunya hal itu di sesuaikan dengan kebijakan dan aturan yang ditetapkan. Selain mengecek kondisi fisik kendaraan Anda, pihak pegadaian juga akan memberikan beberapa pertanyaan lain seputar pekerjaan, dan apa yang akan Anda lakukan dengan dana pinjaman tersebut. Hal ini sedikit berbeda jika Anda menjadikan mobil dalam kondisi kredit sebagai jaminan. Meski boleh dijadikan jaminan, mobil kredit harus melalui proses survei yang cukup ketat dan salah satu syarat bisa digadaikan adalah jika kredit yang Anda lakukan tidak macet.  

5. Pencairan Dana

Setelah survei selesai dilakukan, prosedur gadai mobil Banjarmasin melalui pegadaian yang terakhir adalah pencairan dana. Dana yang dikeluarkan pegadaian, umumnya disesuaikan dengan jumlah nominal barang yang Anda jaminkan. Dan proses ini mungkin membutuhkan beberapa waktu. Jika sudah selesai maka Anda bisa mengambil uang di bagian keuangan dan langkah selanjutnya adalah memikirkan bagaimana cara membayar angsuran agar tidak terkena kredit macet.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu