avatardisplay_general
DISITU
27 Oct 2018

Investasi Emas Atau Perak Yang Lebih Menguntungkan

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181027/11.jpg

Melakukan investasi merupakan salah satu cara yang dilakukan banyak orang untuk menyimpan sebagian hartanya agar mendapatkan keuntungan. Salah satu investasi yang banyak digemari oleh masyarakat saat ini adalah investasi emas dan perak. Namun, jika dilihat dari keuntungannya apakah emas atau perak yang lebih menguntungkan?  Anda harus mengetahui beberapa perbedaan emas dan perak jika anda ingin mengetahui mana yang lebih menguntungkan.

Apa Saja Perbedaan Untuk Menentukan Emas Atau Perak Yang Lebih Menguntungkan?

Emas dan perak sama-sama diproduksi dari  PT. Aneka Tambang (Antam) dan sudah memiliki sertifikat. Namun demikian, emas dan perak memiliki daya tarik sendiri untuk para investor. Sehingga terkadang membuat kita bingung antara emas atau perak yang lebih menguntungkan? Agar anda tidak merasa bingung. Berikut ini 5 Perbedaan emas dan perak yang harus anda ketahui agar bisa menentukan investasi apa yang akan dilakukan.

1. Perbedaan Resiko Paling Besar Dalam Investasi

Harga Emas

Jika berbicara mengenai resiko yang paling besar dalam investasi, keduanya memiliki resiko yang sama-sama besarnya. Emas memiliki fluktuasi harga yang rendah karena kenaikan harga emas sangatlah rendah. Namun, perak memiliki fluktuasi harga yang relatif tinggi sehingga kenaikan harga perak bisa mencapai tiga kali lipat. Jadi jika anda ingin menentukan resiko paling besar dalam investasi tentulah bisa dilihat dari fluktuasi yang terjadi. Hal ini tentu akan mempengaruhi keuntungan yang akan di dapatkan. Sehingga anda harus pandai dalam menentukan kapan waktu yang tepat untuk melakukan investasi dan kapan mencairkannya.

2. Perbedaan Return Terbaik

Harga Emas

Jika dilihat dari return terbaik, emas atau perak mana yang lebih menguntungkan? Investasi emas dan perak sama-sama memiliki prospek yang bagus jika dilakukan untuk jangka waktu yang panjang. Pasalnya dalam waktu panjang harga emas dan perak akan semakin meningkat, sehingga keuntungan investasi anda akan semakin meningkat pula. Namun, harga perak batangan biasanya akan meningkat tinggi pada periode tertentu. Berbeda dengan emas yang memiliki harga kenaikan yang sedikit.

3. Perbedaan Volatilitas Yang Tinggi

Harga Emas

Untuk menentukan investasi emas atau perak yang harus anda pilih bisa dilihat dari volatilitasnya. Faktor yang menentukan volatilitas harga emas adalah pasar kebijakan moneter global seperti tingkat suku bunga dan tingkat inflasi. Sedangkan yang mempengaruhi volatilitas harga perak adalah permintaan industri. Namun, kekurangan dari perak adalah jika anda ingin melakukan investasi ketika harga perak naik. Maka anda perlu mempersiapkan modal yang seimbang dengan harga pasar agar tidak dirugikan.

 

Baca jugaTawaran Asuransi Pendidikan Prudential Bagi Anak Muda

 

4. Perbedaan Dilihat Dari Banyaknya Permintaan

Harga Emas

Jika dilihat dari permintaan pasar justru perak memiliki permintaan terbesar di pasar. Pasalnya perak sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan industri. Sedangkan emas hanya dibutuhkan untuk perhiasan semata. Sehingga harga perak menjadi sangat fluktuatif dibandingkan dengan harga emas. Namun demikian harga emas bisa dikontrol dengan baik karena dipengaruhi oleh kebijakan moneter global. Dengan demikian anda bisa melakukan investasi emas kapan saja karena tidak akan dirugikan jika sewaktu-waktu harga naik atau turun.

5. Perbedaan Emas Atau Perak Yang Lebih Menjanjikan

Harga Emas

Melakukan investasi emas dan perak bisa menjadi salah satu investasi yang menjanjikan untuk anda. Pasalnya dalam jangka waktu panjang anda bisa mendapatkan keuntungan dari kedua investasi ini. Harganya yang cenderung naik bisa membuat investasi anda mendapatkan untuk besar. Namun, ada perlu memperhatikan mana yang lebih menjanjikan jika dilihat dari fluktuasi harga dan banyaknya permintaan.

Perbedaan emas dan perak yang telah disampaikan di atas semoga bisa menjadi salah satu pencerahan untuk anda. Sehingga anda bisa menentukan emas atau perak yang lebih menguntungkan untuk dijadikan investasi. Walaupun demikian keduanya memiliki keuntungan yang menjanjikan jika anda melakukan investasi dalam jangka waktu yang panjang.