avatardisplay_general
DISITU
08 Feb 2018

Investasi Online, ini Cara Cerdas Memainkannya!

https://disituapi.azureedge.net/artikel/316 Investasi Online Gini Cara Cerdas Memainkannya!.jpg

Investasi merupakan kegiatan dalam perekonomian yang berhubungan dengan permodalan entah itu berupa uang maupun barang.

Pengertian

Istilah lain dari investasi adalah penanaman modal yang diharapkan keuntungannya dapat diperoleh di masa mendatang. Sedangkan Online adalah dilakukan melalui jaringan internet atau dikenal berbasis Online. Jadi investasi Online merupakan kegiatan yang berkaitan dengan perekonomian penanaman modal memanfaatkan jaringan internet alias Online. Pelaku investasi sendiri dapat terdiri dari beberapa pihak, perseorangan, perusahaan, kelompok perusahaan, atau lembaga bahkan badan usaha.

Cara Cerdas Dan Aman Berinvestasi

Berminat dan niat menjalani investasi Online? Berikut langkah cerdas yang harus anda lakukan :

1. Selalu Berhati-hati Memberikan Data Pribadi Anda

Terkadang saat ingin mengikuti investasi berbasis Online, anda akan dimintai beberapa data pribadi untuk alasan perlengkapan data investor. Namun anda harus mengetahui betul tujuan permintaan data tersebut akan digunakan untuk apa saja. Jangan pernah memberikan data pribadi, apapun itu alasannya. Mutlak yang tidak boleh diberikan adalah data rahasia seperti PIN ATM atau kata sandi akun, misal email/akun lain dalam bisnis.

2. Melakukan Analisa

Sebelum menjalani investasi perlu sekali anda melakukan analisa terhadap penyedia investasi berbasis Online. Telusuri segala seluk beluk website penyedia investasi, mulai dari postingan hingga segala komentar/tanggapan dari investor yang terdapat dalam website resmi. Tanggapan dari investor yang baik menandakan bahwa penyedia investasi tersebut dapat dipercaya. Namun apabila tidak ada komentar atau rata-rata respons negatif maka sangat dipastikan bahwa penyedia investasi kurang dapat dipercaya. Akan lebih aman apabila anda mengenal salah satu peserta investasi alias investor secara langsung. Maka anda dapat meminta pendapatnya mengenai jasa investasi yang anda bidik.

3. Cari Alamat Kantor Fisik Investasi

Maksudnya adalah, carilah website/situs yang mencantumkan alamat kantor fisik/berwujud. Sehingga anda dapat menelusuri bahwa kantor tersebut memang ada atau hanya fiktif, paling tidak anda mengunjungi kantor tersebut. Apabila tidak mengunjungi anda dapat melihat alamat kantor tersebut dengan memanfaatkan internet, minimal menggunakan titik ordinat google maps.

4. Batasi Penggunaan Akun

Akan sangat disarankan anda memiliki akun bisnis dengan non-bisnis secara terpisah. Hal tersebut untuk menghindari orang lain mengakses akun dan telepon anda. Selain itu pemisahan akun bisnis akan memberikan bahwa anda adalah seorang investor yang profesional.

5. Jangan Menanggapi Email Asing

Apabila anda mendapati pesan yang mengakui perusahaan investasi, namun anda sama sekali belum pernah berhubungan dan kenal dengan pengirim, maka perlu diwaspadai. Hal terebut bisa saja merupakan sebuah modus penipuan, anda perlu benar-benar memastikan pengirim pesan memang dapat dipercaya.

6. Melakukan Transaksi Pembayaran Kepada Akun Perusahaan/Badan

Ketika ada yang memerintahkan anda membayar sejumlah uang untuk alasan persyaratan investasi atau sejenisnya namun menggunakan akun perorangan, jangan percaya. Pastikan bahwa anda melakukan transaksi atau mentransfer uang kepada rekening badan/perusahaan, bukan akun individu. Perusahaan yang profesional tentunya menggunakan rekening khusus dari lembaga tersebut, bukan menggunakan rekening individu. Untuk memastikan kebenarannya anda perlu menghubungi perusahaan yang bersangkutan kutuk mendapat konfirmasi benar/tidak.

7. Segera Keluar Dari Akun Anda Setelah Melakukan Transaksi

Segera keluar atau log out dari akun anda yang digunakan dalam transaksi atau kegiatan berinvestasi. Cara ini merupakan tips untuk meminimalisir penyalahgunaan data oleh orang lain. Karena tidak sedikit yang lupa log out dari akun yang mereka gunakan untuk bertransaksi.

8. Periksa Rekening/Tagihan Kartu Kredit

Selalu pastikan untuk memeriksa saldo rekening koran ataupun  kartu kredit setelah melakukan transaksi. Apakah jumlah nominal yang tercatat sesuai dengan transaksi yang dilakukan. Memantau jumlah transaksi dan saldo secara rutin akan memudahkan dalam mendeteksi kejanggalan atau hal-hal semacam penipuan, bahkan bisa mencegahnya.

Demikian cara cerdas berinvestasi melalui media internet. Selalu diingat bahwa anda harus memastikan keberadaan penyedia layanan investasi tersebut. Banyaknya penipuan yang dilakukan oleh penyedia investasi secara Online bukan berarti tidak ada jasa investasi yang dapat dipercaya. Untuk itu anda harus melakukan 8 tips di atas untuk berhati-hati dalam investasi.

Semoga artikel ini membantu anda. Terimakasih, selamat berinvestasi !

cari-kredit-DISITU-pilihanmu