08 February 2018 00:00

Investasi Syariah, Ini Bahasan Lengkap Mengenainya!Yuk Simak

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/317 Investasi Syariah Ini Bahasan Lengkap Mengenainya!.jpg

Banyak sekali perdebatan di berbagai kalangan terutama umat islam mengenai investasi. Karena terdapat hukum dan aturan berinvestasi menurut agama islam yang tidak selaras dengan konsep investasi kapitalis. Investasi syariah memang selalu berkaitan dengan agama Islam. Agama Islam memang terkenal mengatur segala kehidupan umatnya dari bangun tidur hingga tidur lagi. Sama halnya dengan permasalahan ekonomi, bahkan dalam investasi juga masih memiliki peraturan sendiri yang tentunya berbeda pandangan dengan ekonomi kapitalis.

Untuk investasi menurut kapitalis lebih identik dengan pemikiran segala hasil tergantung usaha dan kerja keras manusia tanpa campur tangan tuhan. Sementara untuk investasi Islam semua lebih identik dengan pemikiran bahwa hasil terjadi karena kehendak dan kekuasaan tuhan.

Pandangan Konsep Syariah

Pandangan kekayaan atau harta menurut Islam adalah segala aspek yang meliputi kepemilikan dan tambahan kepemilikan. Segala kepemilikan/harta merupakan jumlah kekayaan yang dimiliki dan kekayaan yang dinikmati, di mana keduanya harus dipertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT.

Konsep investasi berbasis Syariah sendiri merupakan konsep investasi yang sesuai dengan kaidah dan aturan Islam. Sehingga perlu memperhatikan segala aspek yang menjadi bahan penentu kegiatan investasi dan aspek normatif pemicu investasi (yaitu konsep kekayaan dan penggunaan kekayaan).

Penjelasan

Pengertian investasi Syariah dalam dunia ekonomi pada umumnya terletak pada konsep investasi yang masih dalam koridor islam.  Dalam investasi berbasis Syariah tidak boleh terkandung riba di dalamnya. Selain itu tidak boleh berinvestasi yang digunakan untuk memfasilitasi berbagai kegiatan yang diharamkan dalam islam seperti judi. Usaha memproduksi dan mendistribusi barang yang dapat merusak moral, membahayakan, bahkan hingga masalah perbankan dan asuransi juga terdapat aturannya.

Investasi berbasis Syariah menitik beratkan pengertian investasi tanpa riba. Riba sendiri merupakan penambahan atau penetapan bunga yang berlebihan berdasar persentase atau ukuran tertentu, dan di dalam islam hukumnya haram. Oleh karenanya investasi berbasis Syariah tentunya menjauhkan dari riba yang berakibat dosa karena hukumnya haram menurut Islam.

Contoh Produk Investasi Berbasis Syariah

Bagi anda yang ingin berinvestasi, jangan khawatir tidak ada investasi yang dapat dilakukan. Berikut investasi yang diperbolehkan menurut Islam :

1. Reksa dana Syariah

2. Obligasi Syariah

3. Deposit bank Syariah

4. Pembelian/ pembiayaan Syariah

5. Beragun aset Syariah

6. Emas murni

7. Surat berharga yang dikeluarkan lembaga yang di mana pemegang saham utamanya adalah Negara Indonesia. Surat berharga Syariah yang dikeluarkan Bank Indonesia.

Jenis Usaha Yang Tidak Berprinsip Syariah

Menurut pengertian sebelumnya, investasi harus dilakukan pada produk yang sesuai dengan Syariah, tidak mengandung riba, dan dilakukan oleh perusahaan yang kegiatan usahanya tidak bertentangan dengan Syariah islam.

Anda masih bingung? Apabila belum paham kami berikan contoh investasi yang dilarang berikut :

1. Usaha perjudian

2. Usaha hibur malam

3. Usaha keuangan konvensional (termasuk asuransi)

4. Usaha pengadaan, distribusi, konsumsi makanan dan berbagai produk haram

5. Usaha dalam bidang jasa yang kegiatannya memberi efek merusak moral dan buruk

Prinsip Investasi Berbasis Syariah

Investasi secara Syariah juga memiliki prinsip yang harus dipenuhi, berikut prinsipnya :

1. Adanya Dokumentasi (perjanjian/akad tertulis)

2. Dalam siap transaksi selalu terdapat etika (akhlak)

3. Bebas membuat kontrak berdasar kesepakatan dan kewajiban memenuhi akad

4. Adanya pelarangan terhadap riba, gharar/ketidakjelasan, masyhur (judi)

Demikian berbagai penjelasan mulai dari pengertian hingga aktivitas investasi yang berbasis Syariah. Perlu diingat bahwa investasi berbasis Syariah sangat ditekankan kepada umat islam karena investasi ini mutlak mengatur umat Islam.

Semoga artikel ini membantu anda dalam menentukan investasi berbasis Syariah. Bila anda sudah memahami mengenai investasi berbasis Syariah, kini saatnya anda melakukan investasi.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu