08 February 2018 00:00

Investasi Tanah, Ini Kelebihan dan Kekurangan Selengkapnya

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/318 Investasi Tanah, Ini Kelebihan dan Kekurangan yang Perlu Kamu Tau Sekarang!.jpg

Sekarang ini investasi menjadi salah satu alternatif mengamankan aset harta bahkan telah menjadi pekerjaan utama bagi sebagian orang. Investasi juga sudah menjadi gaya hidup bagi pengusaha sukses. Banyak sekali jenis investasi yang dapat dilakukan seorang investor profesional maupun seorang awam yang ingin masuk dalam dunia investasi. Salah satu investasi yang sering dilakukan adalah investasi tanah.

Investasi

Investasi sendiri memiliki berbagai tujuan, namun tujuan utamanya adalah mengamankan harta dan mencari keuntungan di masa mendatang. Investasi juga sering disebut penanaman modal.

Sebelum melakukan investasi, investor tentunya harus mengerti sengal kemungkinan yang akan terjadi. Harus mempertimbangkan antara keuntungan dan kerugian atau kelebihan dan kekurangan investasi.

Jenis investasi di Indonesia sendiri sangatlah beragam. Mulai dari deposito, valuta asing, obligasi, perhiasan, barang antik, dan yang akan dibahas kali ini yaitu tanah.

Investasi Tanah

Bagi anda yang sangat berminat berinvestasi di bidang Property terutama tanah, anda harus memastikan beberapa hal sebelum membeli tanah. Yang utama dan harus dipastikan adalah legalitas tanah, apakah terbebas dari Free, clean  dan clear.

Free memiliki arti bebas sengketa, yaitu nama pemilik harus sesuai dengan yang tertera dalam sertifikat tanah (orang yang sama).

Clean memiliki arti bahwa tanah yang akan diinvestasikan tidak sedang digunakan atau ditempati orang lain yang tidak berhak.

Clear memiliki arti bahwa tanah yang dibidik/diincar tersebut cocok dan tepat seperti apa yang terdapat di dalam sertifikat, mulai luas, letak, dan batas-batas.

Kelebihan

Seperti dengan investasi di bidang lainnya, investasi di bidang tanah/kavling juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut kelebihan investasi kavling :

1. Selalu Dibutuhkan Dan Semakin Sedikit

Pembangunan setiap tahunnya memakan lahan yang sangat besar dan luas. Sedangkan lahan yang tersedia sangatlah terbatas dan tidak bisa ditambah. Ketersediaan tanah di bumi akan tetap sama sedangkan bangunan akan terus bertambah. Itulah yang mengakibatkan tanah sangat mahal setiap tahunnya.

2. Capital Gain

Semua orang tahu bahwa harga tanah selalu naik. Semua ini dikarenakan jumlah tanah tidak bertambah sedangkan jumlah bangunan selalu bertambah. Itu artinya bangunan baru harus menempati tanah baru. Bahkan kenaikan harga tanah dapat mencapai 20 hingga 25 % setiap tahunnya. Dalam arti lain tanah akan memiliki hara 2x lipat dalam kurun waktu 5 tahun. Sangat mudah tentunya bagi pemula untuk melakukan investasi.

Jenis investasi properti ini memiliki nilai balik modal sangat tinggi. Sangat dianjurkan untuk tidak buru-buru menjual tanah dalam waktu singkat karena keuntungan yang didapat tidak seberapa. Namun tunggulah hingga harga benar-benar naik. Kenaikan harga alias keuntungan akan sangat terasa ketika sudah 5 tahun.

3. Biaya Perawatan Rendah

Walaupun tanah memiliki harga yang terus naik dan memiliki nilai yang besar, namun dalam pemeliharaannya memerlukan biaya yang sedikit. Berbeda dengan tanah yang sudah dibangun sebuah gedung, ruko, rumah, ataupun bangunan lainnya.

4. Memiliki Nilai Lebih/Tambah

Nilai tambah akan didapat ketika lahan dikembangkan. Terlebih apabila tanah berada ditempat yang strategis, maka nilai tanah akan berkali-kali lipat lebih mahal.

5. Dapat Digunakan Tanpa Mengurangi Nilai Jual

Dalam menunggu waktu yang tepat untuk menjual tanah(menunggu 5 tahun sebelum tanah dijual kembali). Tanah dapat dimanfaatkan untuk berbisnis, misal dijadikan lahan parkir. Anda dapat menjadikan tanah sebagai media bisnis tanpa mengurangi harga tanah.

6. Risiko Rusak Sedikit

Tanah memiliki risiko kerusakan yang sangat minim bahkan dapat dikatakan tidak memiliki risiko rusak sama sekali. Berbeda dengan investasi emas maupun uang, tentunya kedua investasi tersebut memiliki risiko rusak.

7. Tidak Akan Hilang

Berbeda dengan investasi lainnya yang memungkinkan barang hilang tercuri atau karena bencana. Investasi ini tidak akan hilang selama anda masih memiliki surat/bukti kepemilikan tanah.

Kekurangan

Ternyata selain memiliki berbagai macam kelebihan investasi kavling atau tanah, investasi kavling/tanah juga memiliki kekurangan antara lain :

1. Likuiditas Sulit

Walaupun tanah memiliki nilai lebih dari investasi lain, namun tanah memiliki kekurangan dalam pencairannya. Hara tanah yang sangat tinggi menjadikan faktor utama penjualan tanah sulit. Memakan waktu lama dalam pencairannya.

2. Modal Besar

Dibandingkan investasi lainnya, tanah memiliki harga tergolong tinggi dalam pembeliannya.

Demikian kelebihan dan kekurangan investasi tanah. Semoga artikel ini membantu.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu