avatardisplay_general
DISITU
11 Oct 2018

Istilah yang Harus Ketahui Sebelum Memilih Asuransi

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181011/Istilah%20yang%20Harus%20Ketahui%20Sebelum%20Memilih%20Asuransi.jpg

Kebutuhan asuransi kesehatan ataupun jenis asuransi lainnya kini semakin meningkat karena memang masyarakat sudah sadar dengan pentingnya fungsi asuransi bagi kesehatan tubuh ataupun dalam keperluan investasi. Meskipun banyak kalangan mencari tahu seputar informasi asuransi akan tetapi belum banyak yang mengetahui berbagai istilah di dalamnya.

 

Banyak pakar menilai bahwa proses pemilihan asuransi membutuhkan banyak pertimbangan dari sisi kredibilitas pelayanan hingga menentukan fasilitas secara lengkap dari sebuah lembaga asuransi. Maka dari itu sebelum Anda menentukan jenis asuransi beserta melihat fasilitasnya cermati dahulu seperti apa daftar istilah yang wajib diketahui oleh calon nasabah asuransi agar ke depannya tidak mengalami masalah. Berikut ini ada daftar istilah yang ada di dalam asuransi wajib Anda ketahui.

 

Premi

Asuransi Indonesia

Istilah pertama adalah premi yang mana banyak ditemukan di setiap perusahaan asuransi. Meksipun masih familiar akan tetapi masih banyak yang belum mengerti seperti apa arti dan fungsinya. Premi adalah sejumlah uang atau dana yang harus dibayarkan pihak bertanggung dalam artian nasabah kepada pihak penanggung jawab yakni pihak perusahaan asuransi dengan mempertimbangkan segala kondisi terutama kesehatan pihak tertanggung.

 

Underwriting

Asuransi Indonesia

Berikutnya ada Underwriting yang mana menjadi salah satu penjaminan dengan fungsi evaluasi hingga menyeleksi bahkan bertanggung jawab terhadap proses menilai hingga menafsirkan resiko asuransi.

 

Polis Asuransi

Asuransi Indonesia

Masih ada istilah lain yakni polis asuransi yang mana sering disebut dengan perjanjian asuransi ataupun kontrak asuransi. Dari sinilah pihak tertanggung dan penanggung hingga pengajuan dokumen lain selalu memperhatikan satu kesatuan hingga disebut sebagai perjanjian asuransi.

 

Lapse

Asuransi Indonesia

Dalam bidang asuransi juga terdapat istilah penting yakni lapse yang mana menjadi salah satu kondisi dimana status dari polis asuransi dalam keadaan tidak aktif ataupun pada masa tenggang karena terlambat hingga tidak membayar premi. Rata-rata masa tenggang dari lapse ini mencapai 45 hari hingga akhirnya status nasabah kembali aktif jika sudah membayar.

 

Rider

Asuransi Indonesia

Setelah lapse ada istilah lain yakni rider asuransi ataupun sering disebut dengan asuransi tambahan. Dari rider satu ini akan terjadi bila nasabah membeli asuransi dasarnya, sedangkan tujuan dari rider asuransi ini adalah memberikan proteksi keluarga pada saat kondisi situasional.

 

Anuitas

Asuransi Indonesia

Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang istilah anuitas yang mana menjadi salah satu rangkaian penerimaan hingga pembayaran tetap dan masih dilakukan secara berkala dengan jangka waktu yang sudah ditentukan. Rata-rata anuitas dilakukan oleh perusahaan terhadap nasabah dalam bentuk pembayaran sesuai premi hingga masa kontrak status nasabah. Jadi anuitas bisa dikatakan sebagai salah satu imbalan premi yang sudah dibayarkan pihak perusahaan asuransi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah.

 

Aktuaris

Asuransi Indonesia

Berikutnya ada aktuaris yang mana menjadi salah satu ahli dalam bidang statistika hingga matematika yang mana tugasnya menentukan biaya premi hingga seperti apa resiko didalamnya. Jadi tugas dari seorang aktuaris sendiri adalah memberikan gambaran mengenai estimasi mengenai resiko yang akan dijamin ataupun dari sisi metode perhitungannya kepada calon nasabah asuransi.

 

Policy Loan

Asuransi Indonesia

Terakhir ada Policy Loan ataupun disebut dengan pinjaman polis yang sampai sekarang bisa diakses oleh setiap nasabah yang sudah memiliki nilai tunai dalam perhitungan preminya. Rata-rata gadai polis ini diakses oleh nasabah yang sudah lama menyandang status sebagai nasabah hingga akhirnya bisa memperoleh pinjaman polis.

 

Jadi itulah berbagai macam daftar istilah penting dalam asuransi yang sampai detik ini benar-benar memberikan gambaran seperti apa fungsi hingga hal-hal penting di dalam proses klaim ataupun pendaftaran sebagai nasabah perusahaan asuransi.