avatardisplay_general
DISITU
04 Oct 2018

Jangan Asal Pilih Asuransi, Ini Caranya!

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181004/Jangan%20Asal%20Pilih%20Asuransi,%20Ini%20Caranya!.jpg

Setiap orang tentu berharap akan selalu sehat sepanjang waktu. Namun tentu saja hal tersebut tidak mungkin terjadi. Pada kondisi tertentu seseorang bisa saja jatuh sakit atau mengalami kecelakaan kerja. Karena risiko tersebut maka diperlukan adanya perlindungan agar Anda dan keluarga siap menghadapi dampak finansial atas kejadian tersebut.

Selain menyiapkan tabungan yang memang diperuntukkan untuk berjaga-jaga di kondisi khusus, perlindungan lain yang bisa Anda dapatkan adalah dengan mengikuti asuransi.

Ada berbagai jenis asuransi yang bisa Anda pilih seperti asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, sampai asuransi kendaraan. Selain itu untuk mendapatkan asuransi saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan asuransi dengan berbagai macam promo menarik.

Namun jangan asal memilih asuransi. Agar manfaat asuransi benar-benar Anda rasakan dengan baik, melansir dari Cermati, simak cara memilih asuransi yang tepat seperti berikut:

  1. Lihat Kebutuhan

Asuransi

Banyaknya promo asuransi seringkali membuat orang dengan gegabah mendaftar di segala jenis asuransi tanpa melihat kebutuhan. Sebelum mendaftar asuransi, ada baiknya Anda lihat dulu perlindungan dari sisi apa yang diperlukan. Misalnya Anda merasa memiliki pekerjaan dengan risiko tinggi, maka produk asuransi yang memberikan jaminan kecelakaan kerja akan menjadi pilihan tepat. Selain itu coba bandingkan produk asuransi antara satu perusahaan dengan lainnya agar Anda memiliki lebih banyak referensi dan bisa menentukan mana yang paling baik serta menguntungkan.

  1. Tentukan Anggaran

Asuransi

Hal yang tidak kalah penting saat hendak memilih asuransi adalah menentukan anggaran yang akan Anda keluarkan untuk premi (iuran) setiap bulannya. Trik ini penting agar Anda tidak kesulitan membayar premi setiap bulannya. Selain itu pastikan bahwa jumlah premi yang Anda pilih tidak akan mengganggu arus keuangan atau kebutuhan Anda yang lain.

Trik lainnya, Anda bisa coba mencari perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi dengan premi bulanan rendah namun tidak akan mempengaruhi nilai polis yang akan diterima.

  1. Lihat Reputasi Perusahaan Asuransi

Asuransi

Faktor lain yang tidak kalah penting dalam memilih asuransi adalah melihat reputasi dari perusahaan asuransi terkait. Reputasi perusahaan akan sedikit banyak membantu Anda dalam melihat pelayanan yang diberikan. Sebuah perusahaan asuransi yang baik biasanya akan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan memiliki Risk Based Capital (RBC) sebesar 120 persen yang sudah sesuai standar.

Cara lain untuk melihat reputasi serta pelayanan perusahaan asuransi yang Anda pilih adalah dengan membaca beberapa review nasabah yang ada di internet. Sebaiknya jangan hanya membaca satu review saja agar Anda bisa mendapat pandangan yang luas dan beragam tentang perusahaan asuransi yang dipilih.

  1. Tentukan Pihak Tertanggung

Asuransi

Saat mendaftarkan asuransi banyak sekali orang yang masih salah dalam mendaftarkan nama tertanggung atau nama seseorang yang akan ditanggung risiko jiwanya oleh perusahaan asuransi. Agar Anda tidak ikut salah, sebaiknya saat akan membuat asuransi, nama terdaftar adalah ia yang menjadi tulang punggung keluarga atau memiliki penghasilan terbanyak. Bukan tanpa alasan, jika suatu hari nama yang tertanggung meninggal dunia, maka pihak asuransi akan membayarkan tanggungannya pada ahli waris. Jadi jangan asal menuliskan nama pihak tertanggung karena tidak tahu ya.