avatardisplay_general
DISITU
03 Jun 2018

Jangan Ragu Gadai Mobil di Pegadaian Buat Mulai Usaha

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1806/180603/Jangan Ragu Gadai Mobil di Pegadaian Buat Pengembangan Usaha.jpg

Pengusaha kreatif skala Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pastinya selalu bersemangat untuk melakukan pengembangan usaha dari hari ke hari. Misalnya, bagi pengusaha kuliner mungkin ingin membuka cabang di kota-kota tertentu, pengusaha handmade ingin menambah peralatan produksi maupun penambahan karyawan dan beragam kebutuhan lainnya. Ada kalanya rencana pengembangan usaha tersebut terhambat, sebab terkendala modal.

Melihat situasi tersebut, Pegadaian sebagai perusahaan resmi milik pemerintah tak tinggal diam. Perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan dana segar untuk masyarakat dengan praktik gadai ini menggulirkan program bertajuk KREASI, di mana para pengusaha bisa mengajukan gadai BPKB Motor dan Mobil untuk keperluan pengembangan usaha.

1. Apa itu KREASI

Sebagaimana telah disinggung di atas, kreasi merupakan salah satu program dari Pegadaian sebagai bentuk dukungan bagi para pengusaha kecil dan menengah. Ia merupakan layanan kredit dengan angsuran bulanan yang diberikan kepada usaha kecil dan menengah (UKM) untuk pengembangan usaha.

Sistem yang dipakai dalam program ini adalah sistem fidusia, yakni pendelegasian wewenang pengolahan uang dari pemilik uang (pegadaian) kepada pihak yang didelegasikan. Kareananya, Anda masih bisa memakai mobil yang BPKB-nya digadaikan.

Meski Pegadaian adalah perusahaan milik pemerintah, tapi bantuan program KREASI tidak terbatas hanya untuk para pegawai negeri atau perusahaan kecil yang berada di bawah naungan pemerintah. Pelayanan pegadaian bersifat merata untuk masyarakat umum, kalangan swasta, sebab mereka merupakan warga negara Indonesia juga.

2. Syarat Mengajukan Gadai Mobil di Pegadaian dalam Program KREASI

Tidak ada syarat yang muluk-muluk ketika Anda berniat untuk megajukan gadai mobil di Pegadaian dalam program KREASI. Berikut ini persyaratan yang harus Anda siapkan agar permohonan gadai dikabulkan:

a. Anda setidaknya wajib memiliki usaha yang layak dan sudah berjalan minimal satu tahun. Sebagai bukti pendirian dan keberjalanan usaha, Anda harus memiliki dokumen yang menjadi bukti legalitas usaha Anda.

b. Tunjukkan bukti identitas Anda berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM), Kartu Keluarga (KK) dan surat nikah bagi Anda yang sudah berkeluarga. Semua dokumen ini harus ada aslinya serta fotokopiannya.

c. Sebab akan menggadaikan BPKB Mobil, tentu saja Anda juga harus memiliki BPKB asli mobil, fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta faktur pembelian kendaraan. Ketiga dokumen ini harus ada dan bersifat mutlak yang nantinya akan dititipkan ke Pegadaian ketika permohonan gadai dikabulkan.

d. Terhadap dokumen-dokumen yang diajukan, nantinya Pegadaian akan melakukan proses verifikasi guna memastikan kebenaran data dan identitas pemohon. Kegiatan verifikasi akan dilanjutkan dengan survei kelayakan.

e. Anda bisa mengajukan besaran dana pinjaman di kisaran minimal Rp 1 juta dan maksimal Rp 200 juta. Besaran dana pinjaman bergantung pada taksasi nilai jaminan mobil maupun motor.

f. Terdapat empat jenis tenor yang bisa Anda pilih, yakni tenor 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan dan 36 bulan.

g. Program KREASI tersedia di seluruh cabang Pegadaian di Indonesia.

h. Silakan kembangkan usaha kreatif Anda, manfaatkanlah dana pinjaman dari hasil gadai mobil itu dengan sebaik-baiknya untuk pengembangan usaha. Dengan pengelolaan uang yang baik, maka Anda diharapkan bisa membayar uang pinjaman kepada pegadaian secara berkala sampai acara penebusan BPKB tiba.

Demikianlah artikel tentang gadai mobil di Pegadaian. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.