avatardisplay_general
DISITU
28 Dec 2018

Jawaban Dari Pertanyaan Tentang Asuransi Syariah

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201812/181228/Banner/Jawaban Dari Pertanyaan Tentang Asuransi Syariah.jpg

Kesadaran akan penggunaan asuransi sekarang ini memang sudah semakin tinggi, terlebih lagi di Indonesia, dimana merupakan sebuah negara dengan resiko yang cukup tinggi, baik itu resiko kecelakaan, keributan, bencana alam dan yang lainnya. Oleh karena itu para masyarakat memilih untuk menggunakan asuransi untuk melindungi diri sendiri beserta keluarga dari beberapa resiko tersebut. Dalam artian jika memang suatu saat resiko tersebut dialami, maka kerugian dapat diminimalisir dengan adanya asuransi. Pada dasarnya asuransi sendiri terdapat dua pilihan jenis yaitu asuransi konvensional dan juga asuransi syariah. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang asuransi syariah dimana sampai dengan saat ini ada banyak sekali pertanyaan tentang asuransi syariah.

Pengertian Asuransi Syariah

asuransi

Untuk pertanyaan yang pertama tentu saja pengertian dari asuransi syariah itu sendiri, apa itu asuransi syariah? Asuransi syariah sendiri merupakan sebuah asuransi yang didasarkan sebuah prinsip syariah dengan usaha tolong menolong serta saling melindungi antara peserta dengan cara pembentukan kumpulan dana atau yang disebut dengan dana tabarru’ dimana dikelola oleh perusahaan asuransi syariah yang sesuai dengan prinsip syariah untuk bisa membantu menghadapi suatu resiko tertentu.

Prinsip Asuransi Syariah

asuransi

Kemudian apa prinsip dari asuransi syariah? Prinsipnya sendiri pada dasarnya mengacu kepada konsep tolong menolong. Dimana sebuah perusahaan asuransi syariah akan menyediakan sebuah tempat untuk para peserta asuransi untuk saling melindungi satu sama lain secara bersama – sama dalam menanggung resiko keuangan jika musibah tersebut menimpa. Dan Bermula dari konsep itulah perusahaan asuransi ini berupaya untuk menghadirkan sebuah solusi pengelolaan keuangan serta usaha untuk meminimalisir resiko yang mana sesuai dengan beberapa prinsip syariah dimana bebas dari unsur gharar atau ketidakjelasan, kemudian maisir atau perjudian, riba atau sistem bunga dan juga zhulm atau ketidakadilan.

Kepemilikan Uang Yang Dikumpulkan

asuransi

Lalu millik siapa uang yang dikumpulkan ke dalam sebuah perusahaan asuransi tersebut? Di dalam asuransi syariah, dana tersebut setidaknya dibagi menjadi tiga bagian yaitu dana tabarru’, dimana untuk menolong nasabah yang terkena musibah, kemudian dana investasi yang mana akan dikembangkan di dalam instrumen syariah dan menjadi hak dari nasabah yang besarannya ditentukan oleh kinerja investasi, selain itu juga ujrah atau upah, dimana sebagai imbal jasa dari pengelolaan keuangan dari dana para nasabah dan menjadi hak dari perusahaan asuransi.

Jenis Akad Yang Digunakan

asuransi

Selanjutnya adalah apa saja akad yang digunakan dan diterapkan di dalam sebuah asuransi syariah? Untuk akad yang dilakukan di antara perusahaan asuransi syariah dan juga nasabah adalah akad tijarah, kemudian akad tabarru’ dan juga akad wakalah bil ujrah.

Sistem Ketiga Akad Pada Asuransi Syariah

asuransi

Bagaimana sistem dari ketiga akad dalam asuransi syariah tersebut? Untuk akad tijarah sendiri bisa dibilang komersil, dimana semua bentuk akad yng mana dilakukan untuk tujuan komersil. Dan akad tersebut diterapkan di sebuah asuransi unit link syariah untuk pengelolaan dana investasi yang nantinya akan dikembangkan ke dalam instrumen investasi syariah. Kmeudian untuk akad tabarru’ sendiri merupakan sebuah bentuk akad yang mana dilakukan dengan tujuan kebaikan serta tolong menolong, tidak untuk komersil. Dalam artian hibah atau pemberian. Sedangkan untuk akan wakalah bil ujrah sendiri merupakan sebuah akad pemberian kuasa yang mana diberikan oleh para nasabah asuransi kepada perusahaan asuransi yang memberikan imbalan atau pemberian ujrah yaitu upah dimana dengan pertimbangan profesionalismen.

Jadi itulah beberapa pertanyaan tentang asuransi syariah yang biasa ditanyakan oleh sebagian besar masyarakat yang ingin mengajukan asuransi syariah. Dengan demikian Anda tak perlu khawatir lagi jika ingin mengajukan asuransi tersebut karena semuanya sudah terjamin.