avatardisplay_general
DISITU
28 Dec 2018

Jenis Asuransi Mobil Untuk Perlindungan Kendaraan Anda

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201812/181228/Banner/Jenis Asuransi Mobil Untuk Perlindungan Kendaraan Anda.jpg

Sebelum Anda memilih salah satu produk asuransi untuk mobil Anda, Anda harus memahami secara rinci mengenai jenis asuransi mobil. Masing-masing jenis asuransi sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan untuk kondisi tertentu. Tidak semua customer cocok dengan asuransi TLO atau Total Lost Only. Begitu juga dengan asuransi All Risk. Untuk itu Anda harus cukup memahami masing-masing asuransi yang tersedia dan apa yang membuat masing-masing asuransi berbeda antara satu dengan yang lainnya.

asuransi-mobil

Penting untuk diketahui oleh setiap nasabah bahwa setiap asuransi memiliki besaran premi yang juga berbeda antara satu dengan yang lainnya. Belum lagi masih ada lagi jenis asuransi perluasan yang ternyata juga bisa Anda dapatkan ketika Anda memilih jenis asuransi TLO untuk mobil Anda.

Beberapa Jenis Asuransi Yang Tersedia Saat Ini

asuransi-mobil

Berbeda dengan jenis asuransi perlindungan jiwa atau asuransi kesehatan yang terdiri dari produk yang cukup bervariasi, untuk jenis asuransi mobil hanya terdiri dari dua jenis asuransi saja. Kedua jenis asuransi tersebut adalah asuransi Total Lost Only atau yang kerap disebut dengan TLO dan juga All Risk. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda dan cocok dengan kondisi tertentu pemilik kendaraan. Meskipun keduanya memiliki manfaat yang sama yaitu untuk melindungi mobil Anda dari segala bentuk kerugian, masing-masing jenis asuransi tersebut mencakup penggantian kerugian yang berbeda. Inilah sebabnya Anda sebagai pemilik mobil harus mengetahui jenis asuransi bisa Anda berikan untuk mobil Anda dan mengapa Anda harus memberikannya untuk mobil Anda.

Untuk jenis asuransi yang pertama dan yang biasanya didapatkan oleh beberapa mobil baru di tahun-tahun pertama adalah jenis asuransi All Risk atau Comprehensi. Seperti namanya, jenis asuransi mobil akan mencakup seluruh jenis kerugian yang Anda derita karena diakibatkan oleh peristiwa apapun. Perusahaan asuransi akan mengganti kerugian Anda tersebut mulai dari kerusakan ringan sampai dengan kerusakan yang cukup berat pada mobil Anda. Bahkan jika mobil Anda lecet, perusahaan Asuransi akan menggantinya. Inilah mengapa asuransi ini dikenal dengan nama All Risk yang artinya setiap kerugian akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi.

Untuk jenis asuransi yang lainnya adalah Total Lost Only. Seperti namanya, jenis asuransi ini hanya akan mengganti kerusakan mobil Anda hanya jika mobil Anda benar-benar rusak sampai di atas 75%. Ya, hanya itu saja penjelasan yang bisa Anda dapatkan mengenai jenis asuransi ini karena memang asuransi ini hanya akan menanggung kerugian jika mobil Anda benar-benar rusak berat dan bahkan jika memungkinkan Anda harus benar-benar membuat mobil Anda hancur untuk bisa mendapatkan ganti rugi dari perusahaan asuransi.

Jenis Asuransi Lainnya

asuransi-mobil

Untuk beberapa jenis asuransi di atas hanyalah asuransi murni yang akan membayarkan kerugian berdasarkan deskripsi yang sudah diberikan di atas, selain itu ada beberapa kondisi yang biasanya tidak dilindungi oleh kedua jenis asuransi di atas seperti banjir, tsunami dan gempa, kerusuhan dan juga terorisme. Beberapa kondisi tersebut hanya tercakup jika Anda juga mengambil produk asuransi perluasan setelah sebelumnya Anda sudah memilih asuransi All Risk ataupun Total Lost Only. Mungkin terlihat cukup rumit namun inilah yang akan Anda dapatkan jika Anda memilih salah satu jenis asuransi mobil tersebut.

Beberapa jenis asuransi di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya saja premi asuransi All Risk akan jauh lebih mahal dari asuransi TLO karena kemungkinan kecelakaan yang ditanggung oleh perusahaan asuransi melingkupi berbagai kondisi yang bisa menyebabkan kerugian atau kerusakan pada mobil Anda meskipun hanya sedikit saja.