avatardisplay_general
DISITU
22 Dec 2018

JNE Atau J&T. Tarif Atau Kualitas. Pilih Yang Mana?

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201812/181222/Banner/JNE Atau J&T Tarif Atau Kualitas Pilih Yang Mana.jpg

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, teknologi juga semakin maju, dimana dengan adanya internet, tak heran jika banyak toko online yang mulai bermunculan. Dan salah satu bagian yang sangat penting di dalam sebuah bisnis online adalah jasa pengiriman. Jasa pengiriman sendiri memang mempunyai peranan yang sangat penting untuk bisa mendukung sebuah bisnis online karena fungsinya sendiri adalah untuk mengirimkan barang sampai dengan pelosok dunia dan nusantara.

jne-atau-jt

Dan hal tersebut yang menyebabkan adanya banyak jasa pengiriman barang yang bermunculan. Contohnya saja seperti JNE dan J&T, pada dasarnya setiap jasa pengiriman memiliki fungsi yang sama, dimana mengirimkan barang. Namun memang dibedakan dengan tarif dan kualitasnya. Oleh karena itu kali ini kita akan membahas mengenai kualitas dan juga J&T tarif. Dan berikut ini adalah perbandingannya:

Jasa Pengiriman J&T Express

jne-atau-jt

Yang pertama adalah J&T Express yang merupakan sebuah jasa pengiriman dimana memiliki usia yang masih sangat baru. J&T ini sendiri baru mulai beroperasi pada September 2015 lalu. Dan J&T ini sendiri juga merupakan jasa pengiriman yang mana lebih menitikberatkan pada pengembangan teknologi.  Pendiri dari J&T ini sendiri adalah Jet Lee yang merupakan mantan CEO OPPO Indonesia. Meskipun terbilang masih baru, tetapi jasa pengiriman ini telah mampu menjangkau semua area di Indonesia. Terdapat banyak sekali keunggulan dan kekurangan dari J&T Express ini, dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Pada waktu operasionalnya, J&T buka dari hari Senin sampai dengan hari Miggu. Meskipun sedang hari – hari libur, jasa pengiriman ini tetap beroperasi. Sedangkan untuk waktu operasionalnya sendiri berlaku pada setiap drop point J&T. Dan hal tersebut tentu saja memberikan sebuah kemudahan untuk orang yang ingin melakukan pengiriman barang secara mendadak di hari libur.

  2. Kemudian untuk kecepatannya, berdasarkan pengalaman dari masyarakat yang sudah menggunakan jasa pengiriman ini, J&T memang lebih cepat di dalam mengirimkan barang. Dengan demikian barang akan sampai sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

  3. Lalu J&T ini mempunyai layanan pick up yang mana Anda bisa melakukan pick up tanpa minimal pengiriman barang dan juga tidak dipungut biaya apapun. Dengan fasilitas tersebut, tentu saja Anda tak perlu repot untuk mengantarkan barang Anda ke kantor J&T.

  4. Untuk layanan dari J&T ini sendiri memang hanya terdapat satu pilihan yaitu reguler, tetapi J&T juga memberikan fasilitas gratis ongkos kirim untuk beberapa marketplace.

  5. Sedangkan untuk tarif J&T, bisa dibilang sedikit lebih mahal dibandingkan JNE, namun untuk perbedaan tarifnya tidak terlalu jauh.

Jasa Pengiriman JNE

jne-atau-jt

Lalu untuk JNE sendiri adalah sebuah jasa pengiriman yang sudah lebih lama berdiri, dan karena usianya yang terbilang sudah cukup lama, maka tak heran jika JNE ini memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia. JNE ini sendiri didirikan oleh Soeprapto Suparno di bulan November 1990. Dan berikut ini adalah beberapa keunggulan dan kekurangan dari JNE yang perlu Anda tahu:

  1. Untuk layanan yang diberikan tersedia dalam beberapa macam seperti Ongkos Kirim Ekonomis (OKE), kemudian reguler (REG), Yakin Esok Sampai (YES), Jemput Asi Seketika (JESIKA) dan Pengiriman Lintas Kawasan (PELIKAN).

  2. Kemudian untuk layanan pick up, JNE ini juga sudah menyediakan layanan tersebut, dengan demikian Anda tak perlu repot untuk mengantarkan barang. Dan untuk menggunakan layanan tersebut, maka Anda harus mengisi formulir lebih dulu.

  3. Untuk waktu operasionalnya sendiri adalah Senin sampai dengan Jumat, sedangkan untuk hari Sabtu hanya setengah hari dan Minggu serta hari besar akan libur. Dengan demikian jika ada pengiriman mendadak di hari libur tidak bisa dilayani.

  4. Lalu untuk kecepatan, memang JNE ini sudah cukup baik, namun jika dibandingkan dengan J&T memang masih kalah untuk kecepatan sampai dari barang tersebut.

  5. Sedangkan untuk ongkos kirim, tarif JNE ini memang terbilang lebih murah dibandingkan dengan tarif J&T. Selain itu juga dalam JNE terdapat beberapa pilihan tarif yang disesuaikan dengan jenis pengirimannya.