avatardisplay_general
DISITU
04 Jan 2018

Seputar Jual Beli Kredit Angsuran Berjangka, Untung

126.Mendalami Seputar Jual Beli Kredit Angsuran Berjangka.jpg

Dalam era modern banyak sekali istilah-istilah yang sering digunakan dalam kegiatan perekonomian. Saat ini sudah marak bisnis jual beli kredit angsuran berjangka yang biasanya para pemberi kredit memberikan 2 harga, jika kontan harganya akan lebih murah daripada harga kredit. Saat ini telah banyak barang-barang yang dijual secara kredit berjangka, baik barang primer maupun barang-barang mahal. Selain kredit barang-barang secara langsung  kita juga dapat melakukan kredit melalui situs di internet Disitu.com. Untuk lebih jelasnya, kita akan mengali lagi tentang pengertian jual beli kredit angsuran berjangka, berikut penjelasan selengkapnya.

Apa Sih Pengertian Jual Beli Kredit Angsuran Berjangka?

Kredit dapat diartikan sebagai pembayaran dengan sistem mencicil dalam kegiatan jual beli. Sedangkan jual beli kredit angsuran berjangka adalah sistem pembayaran yang dilakukan dalam kegiatan  jual beli dalam jangka waktu tertentu dan pembayarannya diangsur setiap bualan (angsuran pokok + bunga). Selain pengertian tersebut beberapa pendapat mengartikan kredit berjangka sebagai berikut.

  1. Abu Abdurrahman Al-Bassam

Menurut pandangan beliau kredit adalah bagian, jatah atau bagi-membagi.

  1. Noah Websten

Kredit berasal dari bahasa latin yaitu “creditus” yang mempunyai arti kepercayaan. Dalam dunia pengkreditan pastinya orang yang memberi kredit orang lain bahwa ia mempercayakan uangnya untuk dipinjamkan dengan cara diangsur. Biasanya dalam mengkredit akan ada surat pernyataan atau kesepakatan antara kedua belah pihak.

  1. Dalam Dunia Bisnis

Dalam dunia bisnis kredit mempunyai arti “ kesanggupan “,  yang maknanya adalah kesanggupan dalam meminjam uang dan kesanggupan dalam mengembalikan uang sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati dalam jangka waktu tertentu.

  1. Menurut Istilah

Menurut istilah kredit adalah menjual belikan dengan sistem pembayaran yang tertunda, dengan cara mencicil dalam jumlah tertentu dan dalam jangka waktu yang telah disepakati.

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa jual beli angsuran berjangka adalah sistem jual beli yang dilakukan dengan cara mencicil tiap bulan atau Minggu dalam jangka waktu dan harga yang telah ditetapkan. Biasanya jika melakukan kredit harga yang ditawarkan lebih mahal dari harga kontan, hal tersebut memang sudah menjadi biasa dalam dunia pengkreditan.

Walaupun kredit diperbolehkan dalam islam, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pengkreditan. Karena jika dilanggar dapat menjadikan kredit yang dilakukan menjadi haram hukumnya. Berikut tata cara melakukan pengkreditan yang diperbolehkan oleh agama islam.

  1. Barang-Barang Yang Dikreditkan Bukan Barang Sejenis Alat Tukar

Para ulama menggolongkan barang ribawi menjadi dua kelompok. Yang pertama adalah barang yang dijadikan sebagai standar harga seperti emas, perak ataupun logam mulia lainnya. Sedangkan kelompok yang kedua merupakan makanan pokok yang tahan dalam jangka waktu lama seperti beras, gandum, kurma dan lain sebagainya.

  1. Pemberian Barang Kredit

Kredit barang memang diperbolehkan, namun cara pengkreditan dapat menjadi haram karena penundaan pemberian barang kepada pelanggan. Jadi ketika melakukan transaksi dan sudah mendapatkan kesepakatan barang yang di kredit harus segera dikirim kepada si pemesan secepatnya.

  1. Dua Harga Dalam Pengkreditan

Biasanya para penjual akan memberikan harga yang jauh lebih murah jika melakukan pembayan langsung, dibandingkan dengan cara kredit.  Para ulama dalam praktek tersebut mempunyai pendapat yang berbeda-beda. Sebagian besar para ulama memperbolehkan praktek tersebut asalkan telah ada kesepakatan antara dua belah pihak, dan tidak ada yang merasa dirugikan. Walaupun ada dua harga namun pembeli berhak memilih mana yang akan dia pilih untuk melakukan pengkreditan atau kontan.

Itulah Pengertian jual beli kredit angsuran berjangka yang mungkin dapat menambah wawasan anda ekonomi anda. Dalam mengambil kredit harus mempertimbangkan kemampuan kita untuk membayar cicilan tiap bulannya, sehingga di kemudian hari kita dapat melunasinya dengan tepat waktu.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu