avatardisplay_general
DISITU
15 Sep 2018

Kelebihan Dari Gadai Sertifikat Rumah Pegadaian

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180915/Kelebihan%20Dari%20Gadai%20Sertifikat%20Rumah%20Pegadaian.jpg

Tidak dapat dipungkiri kesulitan dana merupakan salah satu faktor utama yang menyebabkan kesejahteraan masyarakat menurun. Banyak cara yang bisa dilakukan guna memperoleh dana dengan cepat dan mudah. Salah satunya adalah dengan mengajukan pinjaman menggunakan jaminan berupa aset pribadi. Anda dapat menggadai barang berharga seperti emas, BPKB kendaraan, sertifikat rumah dan sebagainya. Untuk dapat menggadaikan barang berharga tersebut tidaklah sulit, terlebih saat ini banyak bank maupun lembaga keuangan non bank yang melayani peminjaman dengan agunan. Salah satunya yaitu pegadaian. Pegadaian merupakan lembaga keuangan non bank yang memberikan kredit kepada masyarakat dengan hukum gadai. Pegadaian memiliki kebijakan yang sedikit berbeda dengan lembaga keuangan non bank lainnya. Berikut beberapa kelebihan dari gadai sertifikat rumah Pegadaian

1. Tidak Ada Beban Administrasi

Pada umumnya, sebuah lembaga keuangan swasta mewajibkan calon nasabah untuk membuka rekening tabungan, giro dan sebagainya. Dengan adanya persyaratan tersebut tentunya akan menambah beban biaya administrasi ketika hendak melakukan pengajuan kredit atau gadai. Berbeda dengan mengajukan pinjaman melalui pegadaian yang tidak ada pungutan biaya apapun.

2. Dana Bisa Langsung Cair

Berbeda halnya dengan sistem pinjaman yang diberlakukan oleh lembaga keuangan non bank swasta, melakukan permohonan pinjaman melalui pegadaian bisa langsung diproses. Jadi jika Anda ingin melakukan gadai sertifikat rumah Pegadaian hanya perlu datang dengan membawa persyaratan yang diperlukan dan tidak direpotkan dengan proses yang rumit.

Selain itu juga tidak ada pungutan biaya apapun selama proses pengajuan pinjaman di kantor pegadaian. Anda justru akan mendapatkan dana pinjaman sesuai dengan kesepakatan dan perjanjian yang dilakukan kedua belah pihak.

3. Suku Bunga Ringan Dan Menurun

Jika pada umumnya dalam setiap kredit yang diberikan menerapkan suku bunga tetap setiap tahunnya, dimana nilai bunga sama sejak awal pembayaran hingga selesai. Hal ini berbeda dengan yang berlaku di Pegadaian. Dimana Pegadaian menerapkan sistem bunga menurun dimana perhitungan bunga disesuaikan dengan sisa pinjaman. Semakin sedikit sisa tanggungan, maka semakin sedikit pula beban bunga yang dikenakan.

4. Besar Angsuran Yang Dibayar Disesuaikan Dengan Tingkat Kemampuan

Apabila Anda mengambil kredit atau melakukan pinjaman di bank maupun lembaga keuangan non bank swasta, maka cicilan yang harus dibayarkan tiap bulan telah ditetapkan. Penetapan pembayaran ditentukan berdasarkan tenor yang diambil oleh kreditur. Namun hal ini berbeda dengan pinjaman yang dilakukan di Pegadaian, dimana jumlah angsurannya tidak tetap. Anda dapat membayar angsuran bulanan sesuai dengan tingkat kemampuan. Oleh karena itu hal ini sangat menguntungkan debitur, terlebih bagi mereka yang tidak memiliki penghasilan tetap. Dengan adanya kebijakan ini para debitur dapat tetap memenuhi kebutuhan bulanannya.

5. Dapat Melakukan Perpanjangan Masa Pengembalian

Pegadaian juga memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran angsuran. Salah satunya adalah dengan memberikan masa tenggang atau perpanjangan masa pengembalian pinjaman. Apabila Anda mengalami keterlambatan dalam pembayaran angsuran bulanan, maka untuk waktu pelunasan juga mundur.  Namun meskipun demikian tentu juga akan dikenakan pinalty atau denda bagi yang bersangkutan. Untuk itu upayakan untuk selalu rutin dalam melakukan pembayaran agar tidak membebani Anda dalam melakukan pembayaran di bulan-bulan berikutnya.

Itulah beberapa kelebihan apabila melakukan gadai sertifikat rumah pegadaian. Dengan adanya lembaga keuangan yang memberikan pinjaman seperti pegadaian ini sangat membantu masyarakat. Terlebih bagi mereka yang mengalami kesulitan finansial akibat bangkrut atau penghasilan bulanan minim. Sebagai lembaga keuangan yang bersahabat, pegadaian dapat menjadi pilihan tepat untuk mengatasi masalah kebutuhan hidup