avatardisplay_general
DISITU
12 Dec 2017

Ketahui Kerugian Dari Melakukan Pinjaman Beragunan

80.kerugian ketika melakukan pinjaman beragunan

Pada saat ini tentunya ketika kita akan membuka usaha baru membutuhkan modal yang tidak sedikit. Dalam hal modal ini ada kalanya seseorang yang memulai bisnis tersebut memiliki modal sendiri atau di kasih orang tua. Namun bagi sebagian orang, mereka tidak mempunyai modal yang cukup dalam memulai bisnis ini sehingga mereka memerlukan sebuah solusi dalam membangun bisnis yang mereka inginkan. Salah satu cara dalam memperoleh modal tersebut adalah dengan cara melakukan pinjaman beragunan pada sebuah bank tertentu. Dengan begitu maka kita bisa memulai bisnis dengan modal yang cukup.

Meski telah memperoleh modal dengan jalan pinjaman, namun terkadang ada banyak kerugian yang kita dapat dari pinjaman tersebut. Untuk itu sebelum kita melakukan sebuah pinjaman ada kalanya kita mengetahui bagaimana kerugian yang kita dapat serta bagaimana solusi mengatasinya.

Kerugian Yang Di Alami Ketika Melakukan Pinjaman Beragunan Yang Harus Anda Ketahui

Ketika kita melakukan sebuah pinjaman tentunya kita harus menganalisa mengenai keuntungan serta kerugian nyang akan kita dapat setelah melakukan pinjaman tersebut. Hal ini untuk meminimalisir kejadian yang tidak kita inginkan. Berikut kerugian yang didapatkan ketika kita melakukan sebuah pinjaman yang menggunakan barang sebagai jaminannya:

1. Ketika Tidak Memiliki Sebuah Aset yang Bernilai Maka Kita Tidak Bisa Meminjam Uang

Alasan yang pertama yang membuat orang sangat enggan dalam mengambil hutang dengan jaminan ini adalah karena tidak adanya sebuah jaminan yang bisa di gadaikan. Apalagi jika Anda tidak memiliki barang apapun pasti akan sangat sulit melakukan hal ini. Terkadang orang juga enggan melakukan hal ini karena barang yang nantinya akan di gadaikan merupakan barang yang mereka butuhkan dalam sehari-harinya sehingga jika di gadaikan maka mereka tidak bisa menggunakannya dalam keseharian mereka.

2. Aset Yang Kita Jaminkan Akan Melayang Jika Kita Tidak Bisa Membayar Utang Yang Kita Miliki

Kerugian yang kedua ketika kita menggunakan sebuah barang untuk jaminan adalah hilangya  barang yang kita gadaikan akibat kita tidak bisa membayar hutang yang kita miliki tersebut. Tentunya dalam sebuah perjanjian awal sudah dijelaskan jika pihak penerima uang tidak bisa mengembalikan uang yang di pinjam dalam tempo yang sudah di tentukan antara keduanya, maka barang yang di gadaikan tersebut menjadi miliki pemilik uang. Hal ini tentunya sangat merugikan bagi para peminjam uang tersebut.

3. Proses Aplikasi Yang Lama Ketika Kita Melakukan Sebuah Pinjaman

Kerugian yang ketiga ketika kita melakukan sebuah pinjaman yang menggunakan agunan adalah proses aplikasi yang relatif lama. Hal ini dikarenakan ketika kita melakukan sebuah pinjaman dengan menggunakan jaminan, maka membutuhkan sebuah penilaian terhadap aset yang kita jaminkan tersebut. Tentunya dalam penilaian aset ini akan memakan waktu yang juga relatif lama. Belum lagi proses jumlah pinjaman yang nantinya akan diterima oleh peminjam dana tersebut. Hal ini menjadikan kerugian tersendiri bagi Anda yang akan melakukan pinjaman.

4. Terbayang-bayang Secara Terus Mengenai Barang Yang Digadaikan

Kerugian yang terakhir ketika kita melakukan pinjaman beragunan adalah ketidaknyamanan yang terjadi dalam diri kita. Hal ini karena perasaan takut kita terhadap kehilangan barang yang kita gadaikan dalam memperoleh pinjaman.  Contohnya ketika kita menggunakan sertifikat tanah kita untuk agunan, maka tentunya setiap hari Anda akan merasakan kegelisahan ketika tidak bisa membayar hutang yang Anda miliki. Apalagi kalau sudah jatuh tempo pembayaran, maka tentunya Anda akan merasakan sebuah ketegangan yang mendalam ketika waktu itu tidak bisa membayarnya.