avatardisplay_general
DISITU
05 Sep 2018

Kini Ada Gadai Syariah Tidak Lagi Dihukumi Riba

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1809/180905/Kini Ada Gadai Syariah Tidak Lagi Dihukumi Riba.jpg

Selama ini gadai motor yang melibatkan bunga banyak dikategorikan sebagai transaksi riba. Padahal kadangkala kebutuhan yang mendesak ini membuat kita bimbang untuk melakukan gadai atau tidak. Tapi, sekarang Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak tempat yang menyediakan gadai motor syariah. Gadai motor syariah ini tentu berbeda dengan gadai motor riba. Ada beberapa hal yang membedakan antara gadai motor syariah dan gadai motor tapi riba.

Secara umum memang prosedur gadai motor biasa hampir sama dengan gadai motor syariah. Tapi, ada beberapa hal tentang gadai motor syariah yang harus Anda ketahui. Ini juga dapat menjadi pertimbangan ketika akan melakukan gadai motor.

Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Gadai Syariah

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang gadai syariah. Hal-hal inilah yang sebenarnya membedakan gadai motor syariah dengan gadai motor biasa dan yang pasti membuatnya tidak dihukumi riba. Berikut kelima hal tersebut :

1. Diperbolehkan Adanya Pembayaran Untuk Biaya Perawatan Sesuai Kebutuhan

Pertama yang perlu Anda ketahui tentang gadai syariah adalah diperbolehkannya pihak kreditur meminta biaya perawatan barang gadai sesuai kebutuhan. Jadi biaya yang dibayarkan pada kreditur dianggap sebagai biaya jasa serta kebutuhan perawatan untuk barang yang digadai. Hanya saja yang harus digaris bawahi adalah biaya yang dibayarkan sesuai kebutuhan. Inilah yang menjadi pembeda dari sistem gadai motor riba yang menerapkan bunga.

2. Tidak Ada Pemanfaatan Barang Gadai

Di dalam sistem gadai syariah pihak kreditur tidak boleh melakukan pemanfaatan pada barang yang digadaikan kepadanya. Karena hasil pemanfaatan ini akan menjadi riba, bahkan kalau pun dengan seizin pemilik barang. Namun, hal ini perlu dilihat lagi dalam sistem akad antara pihak kreditur dan debitur. Ini berlaku untuk yang bukan makhluk hidup, karena jika makhluk hidup memang harus terus diberi makan untuk menjaga keberlangsungan hidupnya.

3. Ada Syarat Untuk Barang Gadai

Bagi debitur ada syarat yang harus dipenuhi ketika akan mengajukan gadai. Syarat yang pertama adalah barang tersebut merupakan barang yang halal. Artinya halal tersebut adalah diperoleh dengan cara yang halal. Sehingga ketika nanti dilelang karena pemilik tidak dapat menebus tentu tidak merugikan pihak kreditur. Kedua adalah barang tersebut harus memiliki nilai ekonomis. Ini untuk menjaga kreditur agar memperoleh barang yang benar-benar menjadi jaminan. Sehingga ketika terpaksa dilelang nanti dapat menutupi hutang dari pihak debitur.

4. Barang Gadai Dianggap Amanah Yang Harus Dijaga

Dalam gadai syariah, barang yang diperlakukan sebagai amanah yang harus dijaga. Ini karena status barang sebenarnya adalah milik debitur yang ditahan sampai debitur dapat melunasi hutang. Itulah kemudian yang melahirkan adanya biaya perawatan. Karena di sini diibaratkan pihak kreditur menjaga barang milik orang lain yang menjadi jaminan akan hutangnya. Status kepemilikan barang tentu masih milik debitur, kecuali jika barang tersebut harus dilelang karena debitur tidak dapat membayar hutang.

5. Gugatan Dan Perselisihan Antar Pihak Gadai Dapat Dilanjutkan Ke Pengadilan

Lalu bagaimana jika debitur tidak sanggup melunasi hutangnya namun juga tidak ingin barangnya dijual? Ini akan menimbulkan sengketa bagi pihak kreditur dan debitur. Untuk itu jika terjadi permasalahan seperti ini maka dapat dilanjutkan ke pengadilan. Tujuannya tentu untuk memperoleh hasil terbaik dari sengketa kedua belah pihak. Sehingga tidak berlanjut menjadi masalah yang lebih besar.

Itu tadi adalah kelima hal yang harus Anda ketahui tentang gadai syariah. Secara umum memang gadai motor syariah hampir sama dengan gadai motor konvensional atau mungkin disebut sebagai gadai motor riba. Kelima hal di atas juga dapat menjadi indikator Anda untuk menilai tempat gadai. Bisa jadi gadai yang Anda tuju selama ini menerapkan sistem syariah karena tanpa sadar memenuhi hal-hal yang tersebut di atas.

Untuk kredit di zaman sekarang ini sudah di permudah dengan sistem online dan juga sangat mudah dalam pengajuannya. Jika Anda belum punya referensi tempat gadai online Anda bisa mengajukan gadai atau kredit melalui situs disitu.com terbukti terpercaya dan yang pasti memiliki banyak mitra yang sudah teruji dan aman.