avatardisplay_general
DISITU
22 Dec 2018

Konversi Dolar ke Rupiah, Lihat Informasi Detailnya!

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201812/181222/Banner/Konversi Dolar ke Rupiah Lihat Informasi Detailnya!.jpg

Setiap negara memiliki mata uang masing-masing, yang nilainya bisa naik turun sesuai dengan kondisi ekonomi maupun faktor lainnya. Indonesia, misalnya, dengan mata uang rupiahnya, juga tidak bisa melepaskan diri dari ketergantungan banyak faktor yang berpengaruh terhadap kuat lemahnya rupiah. Tak heran jika pemerintah maupun bank sentral (Bank Indonesia) terus menjaga agar nilai tukar rupiah tidak melemah, misalnya terhadap dolar AS.

Kuat lemahnya rupiah terhadap mata uang asing berpengaruh pada konversi atau pertukaran suatu mata uang ke dalam mata uang lain, semisal dolar. Konversi dolar ke rupiah atau rupiah ke dolar harus Anda pahami jika aktivitas Anda bersentuhan dengan kedua mata uang ini. Para pengusaha ekspor-impor atau pekerja yang gajinya dalam bentuk dolar, misalnya, juga harus mengetahui nilai dolar dan nilai rupiah untuk mengetahui berapa besar uang yang ia dapatkan dalam bentuk dolar dan berapa besarnya jika dikonversi ke nilai rupiah.

Hal yang perlu Anda pahami konversi nilai tukar rupiah terhadap dolar terus melemah. Penyebab pelemahan rupiah bisa karena kondisi fundamental ekonomi domestik yang lemah atau karena kebijakan kenaikan suku bunga di Amerika Serikat. Untuk menjaga rupiah dari tekanan dolar AS, pemerintah melakukan berbagai cara, salah satunya adalah mewajibkan penggunaan rupiah dalam setiap transaksi di dalam negeri. Perusahaan asing harus mematuhi aturan ini. Bank Indonesia juga menyatakan bahwa dolar hanya boleh dipakai dalam pembayaran yang terkait dengan penyelenggaraan pemerintah atau perdagangan internasional.

Naik turunnya nilai atau kurs rupiah terhadap dolar, yang dipengaruhi beberapa faktor seperti baik buruknya kondisi ekonomi, kebijakan bank sentral AS, atau situasi keamanan, membuat masyarakat lebih sering memantau perkembangan rupiah di pasar uang. Pelaku ekonomi dan pasar keuangan melakukan konversi dolar ke rupiah untuk mengukur kekuatan nilai tukar Indonesia. Jika Anda berkepentingan terhadap naik turunnya kurs rupiah terhadap dolar, pertanyaan yang sering Anda lontarkan adalah, “1 dolar berapa rupiah sekarang?”

Seperti kebanyakan orang pada umumnya, Anda tentu tidak ingin mengalami kerugian akibat kurs rupiah yang naik turun. Anda tentu juga ingin mengetahui cara menghitung dolar ke rupiah untuk melihat besaran uang yang Anda miliki. Ada beberapa caranya, di antaranya dengan tiga langkah ini.

  1. Bantuan Google

uang

Cara cepat dan mudah mengetahui konversi dolar ke rupiah adalah dengan bantuan Google. Pada kolom pencariannya, Anda bisa mengetikkan misalnya “500 USD to IDR” lalu tekan enter. Pada saat itu juga Anda akan mendapatkan informasi besaran nilai dolar terhadap rupiah. Dengan kata lain, Anda mengetahui berapa jumlah uang dolar Anda jika dirupiahkan.

  1. Hitung dengan cara manual

uang

Cara ini juga masih banyak digunakan. Pertama-tama, Anda harus cari tahu terlebih dahulu kurs dolar AS ke rupiah, kemudian kalikan dengan uang dolar Anda dengan kalkulator. Misalnya, uang Anda 100 USD. Kurs dolar ke rupiah, misalnya, 1 USD = 14.000 rupiah, maka uang Anda adalah 100 USD x 14.000 rupiah = 1.400.000 rupiah.

  1. Dengan kurs jual dan kurs beli

uang

Cara menghitung uang Anda dengan kedua cara di atas merupakan cara penghitungan umum. Akan berbeda hasilnya jika Anda menjual atau membeli dolar di tempat penukaran uang asing. Besaran nilai dolar terhadap rupiah di masing-masing tempat penukaran uang asing bisa berbeda. Anda bisa mendapatkan informasinya dengan langsung mendatangi tempat penukaran uang asing lalu melakukan jual beli dolar atau rupiah sesuai dengan keinginan Anda.***