11 January 2018 00:00

Kredit Angsuran Berjangka,Tips Melunasinya Agar Bunga Rendah

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/153.Kredit Angsuran Berjangka tips Melunasinya Bunga Rendah.jpg

Tidak dapat dipungkiri, dewasa ini banyak sekali muncul lembaga keuangan yang menawarkan produk pinjaman. Sehingga, berutang menjadi salah satu kebiasaan yang kerap kali dilakukan oleh setiap orang ketika dilanda oleh masalah keuangan. Bagi sebagian orang, berhutang dianggap sebagai solusi cepat untuk mengatasi masalah keuangannya. Mulai berhutang ke kerabat hingga mencari pinjaman ke lembaga keuangan. Melakukan pinjaman tidak akan mendatangkan masalah apabila hutang tersebut dilunasi tepat waktu. Namun, yang seringkali terjadi yaitu hutang malah menjadi bumerang untuk si peminjam karena kurang memperhatikan risikonya. Melakukan pinjaman tanpa memperhatikan risikonya merupakan hal yang salah besar, karena hutang yang dimiliki bisa menumpuk ketika tidak diatur dengan baik. Maka, setiap orang yang hendak berutang baik utang jangka pendek dan khususnya utang berjangka  harus mempelajari tips cepat melunasi kredit angsuran berjangka agar hutang nantinya tidak akan mempersulit si peminjam.

Tips Cepat Melunasi Kredit Angsuran Berjangka agar Bunga Rendah

Kredit angsuran berjangka merupakan salah satu jenis hutang yang paling disukai banyak orang. Tetapi, banyak juga masyarakat yang mengambil kredit angsuran berjangka mengalami kredit macet yang akhirnya sangat menyulitkan si peminjam. Berikut ini tips melunasi kredit yang harus diperhatikan agar kredit yang diambil bisa memudahkan si peminjam.

  1. Membuat daftar tagihan

Membuat daftar tagihan adalah strategi pertama yang harus dilakukan ketika berhutang. Sangat perlu untuk mengumpulkan semua dokumen yang terkait dengan hutang, seperti laporan kartu kredit, kredit mobil, kredit sepeda motor, dan laporang hutang lainnya. Buatlah daftar tagihan hutang beserta dengan bunganya. Perhatikan laporan ini secara berkala agar pelunasan hutang bisa terorganisir dengan baik.

  1. Memprioritaskan hutang yang memiliki bunga tinggi

Hutang dengan bunga tinggi memiliki risiko yang lebih besar ketika tidak dapat dilunasi. Oleh karena itu sangat penting untuk membuat daftar bunga hutang, sehingga kita bisa menargetkan jumlah cicilan tiap bulan.

  1. Melakukan evaluasi pendapatan dan pengeluaran

Selain memperhatikan besarnya bunga bank, kita juga perlu memperhatikan jumlah pendapatan dan pengeluaran bulanan. Akan lebih baik apabila membuat laporan pendapatan bulanan dan laporan biaya pada periode yang sama. Evaluasi besarnya pengeluaran mulai yang kecil hingga yang besar, misalnya biaya belanja dan rekreasi. Dengan ini akan dapat diketahui berapa sisa pendapatan yang dapat dialokasikan untuk membayar hutang. Selain itu, kita juga dapat mengetahui mana saja jenis pengeluaran yang mengahabiskan uang lebih banyak.

  1. Membuat strategi anggaran dan pembayaran

Setelah mengetahui besarnya pendapatan dan pengeluaran, selanjutnya kita dapat membuat anggaran untuk membayar hutang setiap bulan. Ini merupakan cara yang sangat baik untuk mengatur pelunasan hutang. Sehingga hutang dapat terbayar setiap bulan dengan jumlah yang terukur.

  1. Jangan suka menunda pembayaran

Jangan suka menunda pembayaran ketika tersedia dana untuk melunasi hutang. Kebiasaan menuda pembayaran bisa mengakibatkan risiko yang fatal apabila uang sudah terpakai tanpa adanya pelunasan hutang. Apabila terdapat uang sisa, maka langsung gunakan untuk melunasi hutang. Hal yang perlu diingat adalah menunda pembayaran hutang bisa menimbulkan denda, dimana hal ini akan semakin menambah jumlah hutang.

  1. Mencari pekerjaan tambahan

Apabila penghasilan bulanan dirasa kurang cukup untuk membiayai semua pengeluaran dan melunasi hutang, maka mencari pekerjaan tambahan bisa menjadi salah satu solusinya.

 

 cari-kredit-DISITU-pilihanmu