avatardisplay_general
DISITU
22 Sep 2018

Kredit Mobil Baru Harus Lapor Pajak, Berikut Ulasannya

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180922/Disitu_Artikel_180921_3.jpg

Saat ini mobil bukan lagi kebutuhan tersier bagi sebagian kalangan. Karena dalam beberapa alasan seseorang membutuhkan kendaraan sebagai transportasi untuk mempermudah pekerjaannya. Kredit mobil merupakan salah satu alternatif pembiayaan berangsur untuk mendapatkan mobil baru maupun bekas. Dimana proses kredit ini harus sudah disepakati oleh kedua belah pihak sehingga jumlah dan waktu pembayaran sesuai. Setelah kesepakatan didapatkan maka Anda boleh membawa pulang dan menggunakan mobil tersebut. Tapi, tahukah Anda bahwa kredit mobil baru harus lapor pajak? Meskipun mobil baru Anda masih dalam proses angsuran tapi mobil termasuk harta yang Anda miliki. Selain itu, dengan membayar pajak Anda juga akan lebih nyaman dan aman dalam menggunakannya. Untuk lebih jelasnya maka Anda harus menyimak 5 alasan kredit mobil baru harus lapor pajak berikut ini :

5 Alasan Kenapa Kredit Baru Harus Lapor Pajak

Alasan-alasan berikut ini akan membantu memberikan penjelasan kepada Anda supaya tidak ada rasa berat hati dalam pembayaran pajak. Selain itu Anda perlu tahu beberapa aturan pemerintah tentang laporan pajak yang mungkin belum Anda ketahui :

Kredit Mobil

1. Mencocokkan Antara Penghasilan Dan Pengeluaran

Dalam pelaporan pajak maka Anda wajib melaporkan secara jujur penghasilan dan pengeluaran Anda. Kenapa demikian? Karena akan menjadi pertanyaan ketika Anda memiliki barang-barang mewah namun penghasilan tak sesuai. Maka ketidaksesuaian akan menjadi pertanyaan besar yang akan menimbulkan kecurigaan sehingga Anda bisa saja diperiksa. Oleh karena itu, akan lebih baik ketika Anda melaporkan secara jujur baik pemasukkan hingga pengeluaran dan termasuk kredit mobil baru.

Kredit Mobil

2. Self Assesment System

Self Assesment System merupakan sistem perpajakan di Indonesia dimana pemerintah memberi kepercayaan penuh kepada wajib pajak. Kepercayaan dalam hal ini mulai dari mendaftar, menghitung, menyetor hingga melaporkan kewajiban pajaknya. Adanya sistem ini memberikan kepercayaan penuh kepada Anda yang memiliki harta Anda sendiri. Sehingga selain kejujuran dalam pelaporan Anda juga harus jeli untuk mencocokkan antara penghasilan dan pengeluaran seperti pada point 1 di atas.

Kredit Mobil

3. Harta Dan Hutang Wajib Dicocokkan

Jumlah harta yang dimiliki akan menentukan berapa jumlah pajak yang harus dibayar. Sehingga pun demikian ketika Anda masih memiliki kredit mobil baru juga harus Anda laporkan. Hal ini juga untuk menyelaraskan bahwa memang mobil baru Anda masih proses kredit. Sehingga pemerintah tahu bahwa memang pengeluaran Anda masih sesuai dengan pemasukkan. Selain itu harta atau hutang juga bisa digunakan sebagai alat ukur tingkat kewajaran dari harta yang Anda miliki.

Kredit Mobil

4. Kontribusi Pada Negara

Sebagai warga Negara yang baik tentunya Anda perlu mematuhi aturan-aturan pemerintah termasuk aturan pajak. Aturan dibuat tentunya adalah juga termasuk demi keamanan Anda sendiri. Mungkin bisa saja Anda tidak membayar pajak asalkan tidak ketahuan. Namun, apakah itu tidak sama dengan Anda adalah seorang penumpang gelap? Karena Anda diam-diam memiliki harta tersembunyi yang tidak Anda laporkan pada pemilik rumah. Saya kira, Anda tentu paham dengan apa yang saya maksudkan.

Kredit Mobil

5. Penyesuaian Dengan SPT

SPT merupakan singkatan dari surat pemberitahuan. Surat yang berisi tentang rincian laporan pajak dan berapa jumlah pajak yang harus Anda bayarkan. Dalam penulisan SPT ini tentu saja Anda juga harus menuliskannya secara benar karena akan menjadi jawaban dari point-point di atas. Hasil SPT yang tidak wajar akan memancing petugas pajak untuk memeriksa Anda dan meminta jumlah tambahan pajak jika memang perlu. Jadi sekarang Anda tahu kan kenapa kredit mobil baru harus lapor pajak. Tentu saja untuk membuat Anda lebih aman dan nyaman dalam menggunakan mobil baru tanpa menjadi penumpang gelap.