avatardisplay_general
DISITU
18 Nov 2018

Kriteria Dalam Mencari Asuransi Nomor 1 di Indonesia

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201811/181118/Banner/Kriteria Dalam Mencari Asuransi Nomor 1 di Indonesia.jpg

Persaingan ketat mendorong perusahaan-perusahaan asuransi di Indonesia terus menyediakan produk-produk asuransi terbaru. Hal ini tentunya karena mereka ingin menjadi perusahaan asuransi terdepan di Indonesia. Namun, faktor pendorong ini tidak selalu mengarah ke arah yang positif. Beberapa perbuatan yang kurang baik juga bisa saja dilakukan oleh perusahaan atau agen perusahaan yang tidak jujur.

Beberapa kerugian bisa saja dialami oleh anggota asuransi karena miskomunikasi antara kedua belah pihak. Salah satu contoh kasus dimana anggota asuransi kesehatan merasa dirugikan dan dibohongi oleh perusahaan asuransi ketika anggota tidak dapat melakukan klaim dana perawatan rumah sakit dengan alasan bahwa rumah sakit tempat anggota berobat bukanlah mitra dari perusahaan asuransi yang bertanggung jawab.

Untuk menghindari hal tersebut, sudah sebaiknya jika Anda memilih perusahaan asuransi terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia. Untuk mengetahui hal ini, Anda dapat mencari tahu dan membandingkan beberapa kriteria dibawah ini agar mendapatkan perusahaan asuransi dan produk asuransi kesehatan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Ketentuan Rawat Inap

Anda perlu memperhatikan dan mempelajari dengan lengkap mengenai ketentuan yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Anda dapat meminta penjelasan detil mengenai ketentuan ini dari agen asuransi tersebut hingga Anda memahami isi perjanjian dan polis dengan baik. Setiap perusahaan asuransi tentunya mempunyai ketentuan yang berbeda-beda, misalnya terkait ketentuan rawat inap yang diharuskan di rumah sakit mitra perusahaan asuransi, jangka waktu minimal rawat inap, ketentuan dokter spesialis yang harus dipakai dalam beberapa kasus penyakit tertentu, dan sebagainya.

Kriteria Mencari Asuransi

  1. Tidak Mengutamakan Cash Plan

Cash Plan merupakan salah satu produk tambahan asuransi kesehatan yang hanya memberikan biaya rawat inap perhari sesuai dengan jumlah yang sudah ditetapkan. Contohnya, perusahaan akan memberikan biaya sebesar Rp 1.000.000 perhari tanpa mempertimbangkan biaya lain yang harus Anda keluarkan. Hal ini dinilai tidak menguntungkan karena biaya yang diberikan bisa saja lebih kecil dari total biaya yang Anda keluarkan untuk perawatan rumah sakit perharinya.

Kriteria Mencari Asuransi

Baca juga: Persyaratan Untuk Kredit Motor Yamaha Nmax

 

  1. Ketentuan Double Claim

Ketentuan ini berlaku bagi Anda yang memiliki asuransi dari kantor tempat Anda bekerja yang memungkinkan anda untuk melakukan klaim biaya penggantian biaya sebanyak dua kali, yaitu melalui perusahaan asuransi pilihan Anda dan juga kantor yang menyediakan asuransi bagi Anda. Biasanya perusahaan asuransi memberikan kemudahan bagi anggota untuk melakukan klaim asuransi hanya dengan fotokopi bukti pembayaran rumah sakit sebagai syarat utama. Ketentuan ini diberikan agar bukti pembayaran asli dapat digunakan untuk mengajukan klaim melalui kantor dimana Anda bekerja.

Kriteria Mencari Asuransi

  1. Cara Pembayaran Premi

Salah satu hal yang cukup penting diperhatikan adalah cara pembayaran premi. Beberapa perusahaan asuransi mungkin hanya menyediakan cara pembayaran melalui kartu kredit. Anda disarankan untuk tidak memilih cara pembayaran secara otomatis atau auto debit dari kartu kredit agar Anda tidak mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan. Jika Anda terpaksa memilih cara ini, ada baiknya jika Anda mengetahui tanggal pembayaran premi otomatis dan cara memberhentikan pembayaran premi asuransi ini.

Kriteria Mencari Asuransi